Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tak Ingin Gadai BPKB Mobil Perorangan Anda Bermasalah di Belakang, Lakukan Hal Ini!



CAHYOGYA.COM - Selain produk KTA, maka jenis pinjaman lainnya yang tak kalah diminati oleh masyarakat adalah KMG atau kredit multiguna. Karena memang jenis pinjaman yang satu ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan plafon pinjaman yang cukup besar, bahkan sampai dengan milyaran rupiah, dengan syarat menjadikan barang berharga Anda sebagai agunan atau jaminan. Ada banyak sekali jenis barang yang bisa diagunkan, diantaranya adalah sertifikat rumah, tanah ataupun yang paling banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia yaitu kendaraan, seperti BPKB mobil. Gadai BPKB mobil perorangan ini tak hanya dikeluarkan oleh bank saja, melainkan juga lembaga keuangan non bank.




Hanya saja resiko pinjaman berbasis agunan adalah barang jaminan bisa saja disita jika seandainya telat membayar cicilan. Belum lagi resiko-resiko lain jika seandainya salah dalam memilih lembaga pembiayaan. Untuk itu jangan sembarangan di dalam mengajukan kredit multiguna atau gadai kendaraan Anda. Karena resikonya barang yang digadaikan akan disita oleh lembaga pembiayaan. Tentunya tak mau bermasalah di belakang bukan. Untuk itu maka berikut ini diantaranya kiat aman jika ingin mengajukan gadai BPKB kendaraan tersebut, yaitu:

1. Tentukan dulu tujuannya, pentingnya menentukan tujuan sebelum memutuskan untuk gadai barang berharga Anda adalah tujuan. Dengan memiliki tujuan secara jelas, maka nantinya Anda sendiri juga akan mengetahui berapa besarnya nominal atau jumlah yang dapat dipinjam. Lebih baik jangan asal menentukan plafon pinjaman, karena hal ini kedepannya akan berdampak pada jumlah yang harus dikembalikan, semakin besar nilai pinjaman yang diambil, otomatis uang yang harus dikembalikan juga semakin besar, apalagi ditambah dengan suku bunga.

2. Memilih lembaga gadai yang legal, hal lainnya yang tak kalah penting adalah memilih lembaga kredit atau pembiayaan, karena memang tidak semuanya dapat dipercaya. Akan lebih baik jika seandainya Anda memilih yang sudah terjamin aman, seperti diantaranya telah terdaftar dalam OJK, menerapkan bunga yang rendah dan menjamin keamanan barang yang digadaikan.

3. Barang gadai mendapatkan fasilitas asuransi, sering terjadi dimana pihak pembiayaan tidak memberikan jaminan asuransi kepada debitur mereka. Jadi jika seandainya terjadi resiko seperti barang rusak maupun sejenisnya maka mereka juga tak mau bertanggung jawab. Untuk itu carilah tempat gadai yang membekali fasilitas asuransi pada barang yang digadaikan tersebut, sehingga lebih aman.

4. Mengetahui dan memahami dengan benar produk pinjaman yang Anda pilih tersebut, tak kalah penting sebenarnya adalah dengan mengenali produk pinjaman tersebut. Mulai dari berapa plafon maksimal yang bisa didapatkan, suku bunga yang ditawarkan sampai dengan tenor pinjaman. Ini adalah pengetahuan dasar yang wajib dipenuhi sehingga nantinya tidak menyesal.

5. Pastikan bahwa Anda membayar cicilan tepat waktu, jika perlu maka buatlah pengingat atau kalender khusus, sehingga nantinya tidak sampai telat dalam membayar cicilan. Karena dampaknya cukup fatal, mulai dari denda sampai dengan kemungkinan barang yang Anda gadaikan tersebut disita oleh lembaga pembiayaan. Tentunya tak ingin hal tersebut sampai terjadi bukan.

Gadai BPKB mobil perorangan ini di satu sisi memang bisa jadi alternatif terbaik untuk dapatkan pinjaman uang. Hanya saja tidak boleh dilakukan secara sembarangan jika tidak ingin menyesalinya. apalagi di Indonesia sendiri sekarang ini ada begitu banyak diantara lembaga pembiayaan abal-abal atau tidak legal. Jangan sampai Anda salah pilih menggunakan produk tersebut.



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja


Berlangganan via Email