Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dahsyatnya Keutamaan Surah Al Ikhlas



CAHYOGYA.COM - Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa surat Al Ikhlas merupakan salah satu surat terpendek di dalam Al Quran yang memang tidak asing lagi di kalangan Mukmin. Kendati ayatnya cukup pendek, namun surat Al Ikhlas mempunyai beberapa keutamaan serta manfaat yang begitu luar biasa besar. Tapi sayangnya, hanya sedikit dari kita yang mengetahui dan memaksimalkan keistimewaan surat Al Ikhlas. 




Surat Al Ikhlas dan Artinya “Qul huwallahu ahad, allahu-samad, lam yalid wa lamyulad, wa lam yakul lahu kufuwan ahad”. Artinya: Katakanlah (Muhammad) “Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah tempat meminta segala sesuatu. (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia.

Keutamaan Surat Al Ikhlas

1. Setara Dengan Sepertiga Al Quran

Terdapat sebuah riwayat oleh Imam Bukhari dari Abu Sa’id Al Khudri, Rasulullah SAW bersabda: “Demi (Allah) yang jiwaku di tangan-Nya, sesungguhnya surah al-Ikhlas sebanding (dengan) sepertiga Al Quran”. Sedangkan dalam kitab Fathul Baari menyebutkan bahwa Al Quran terbagi kedalam tiga bagian, yaitu Tauhid, hukum syariat Islam, dan berita tentang makhluk hidup.

Abu Sa’id AL Khudri menuturkan bahwa Rasulullah SAW bertanya kepada para sahabat, “Apakah seseorang dari kalian tidak mampu membaca sepertiga Al Quran dalam satu malam (saja)?”. Pertanyaan tersebut pun membuat para sahabat keberatan, sehingga mereka berkata “Siapa di antara kami yang mampu melakukan hal itu, wahai Rasulullah?”.

Kemudian Rasulullah SAW bersabda, “Allahul Wahidush Shamad, (adalah) sepertiga Al Quran” (HR. Bukhari). Surat yang dimaksud adalah Al Ikhlas.

2. Dicintai Oleh Allah SWT

Setiap Muslim yang membaca surat Al Ikhlas dengan penuh penghayatan akan merasakan keberadaan Allah SWT. Ya, jika dihayati, maka kita pun akan sadar bahwa tidak ada tempat lain untuk memohon selain Allah SWT. Terdapat sebuah hadits yang menyebutkan tentang keutamaan surah Al Ikhlas, bahwa ada seorang sahabat yang sering membaca surat Al Ikhlas. Menurut alasan seorang sahabat tersebut, bahwa surat Al Ikhlas mengandung gambaran sifat Allah. Rasulullah yang mengetahui akan hal itu lalu bersabda bahwa Allah mencintainya.

Aisyah Ra, menuturkan jika Rasulullah pernah mengutus seseorang kepada sekelompok Mujahid, dan saat orang itu menjadi imam dalam shalatnya, “Ia membaca dan mengakhiri (bacaannya) dengan qul huwallahu ahad. Maka tatkala mereka kembali pulang, mereka bercerita kepada Rasulullah”.

Lalu Rasulullah bersabda: “Tanyalah ia, mengapa ia berbuat demikian?” Kemudian mereka bertanya kepadanya. Ia pun menjawab: “karena surat ini (mengandung) sifat ar Rahman, dan aku cinta untuk membawa surat ini”. Lalu Rasulullah bersabda: “Beritahu dia sesungguhnya Allah pun mencintainya”.

3. Mendatangkan Rezeki

Diabadaikan dalam sebuah riwayat oleh Imam Thabrani dari Jarir bin Abdillah, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa membaca ul huwallahu ahad (surah Al Ikhlas) ketika memasuki rumahnya, maka kefakiran akan hilang dari penghuni rumah tersebut dan dari tetangganya”.

Sedangkan pada riwayat lain dari Abu Musa Al-Madini dan Shal bin Sa’ad mengisahkan, dulu ada seseorang yang mengadu pada Rasulullah mengenai kefakiran dan kesulitan ekonominya. Kemudian Rasulullah berkata kepadanya, “Jika kamu masuk rumah, ucapkanlah salam jika ada seseorang di dalamnya. Jika tidak ada seseorang, maka ucapkanlah qul huwallahu ahad satu kali. Lantas orang itu mengerjakan perintah Rasulullah. Tak lama, Allah memberikan banyak rezeki kepadanya sampai melimpah kepada tetangganya”.



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja