Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mempersiapkan Hari Tua Tenang dengan Dua Asuransi Ini



CAHYOGYA.COM - Masa muda merupakan masa yang paling tepat untuk memikirkan karier dan masa depan. Masa depan bukan hanya masa yang dilewati saat usia masih produktif, melainkan juga perlu dipikirkan masa setelah pensiun sesudah tidak produktif lagi. Apakah terlalu dini memikirkan hal-hal tersebut? Kerja saja belum sudah berpikir pensiun nanti? Tentu saja jawabannya tidak.




Persiapan pensiun tidak bisa dihadapi dalam waktu 1-2 tahun saja. Ingat, Anda pensiun misalnya pada usia normal 55 tahun. Sementara Anda masih punya usia harapan hidup misalnya saja sampai usia 70 tahun. Lantas, siapakah yang akan membiayai hidup Anda dari usia 55-70 tahun tersebut, sedangkan Anda sudah tidak produktif lagi?

Di sinilah pentingnya persiapan pensiun. Makin dini mempersiapkan biaya untuk pensiun, makin ringan nantinya usaha Anda untuk memenuhi kebutuhan selama pensiun nanti. Siapa yang akan membiayai hidup setelah pensiun adalah hasil usaha Anda saat masih produktif. Mulai dari tabungan hingga investasi. Salah satunya juga dengan memiliki asuransi kecelakaan kerja untuk menjamin kenyamanan saat bekerja.

Mengetahui berapa banyak yang dibutuhkan saat pensiun adalah hal yang penting. Jadi, tidak hanya membuat penghematan tanpa tujuan saja. Dengan begitu, investasi lebih mudah dilakukan dan bisa memberikan hasil yang memuaskan. Jangan lupa untuk tetapkan tolok ukur dan rencana yang tepat. Kalau perlu, gunakan kalkulator pensiun untuk membantu menentukan pada usia berapa mungkin bisa pensiun. Dan berapa banyak yang mungkin perlu Anda investasikan dan simpan untuk melakukannya.

Periksa anggaran untuk rencana investasi jangka panjang. Anda mungkin perlu membatasi sejumlah pengeluaran dengan melakukan penghematan biaya, seperti batasi kebiasaan makan di luar atau pengeluaran lainnya. Di internet biasanya banyak lembar kerja anggaran online dan kalkulator arus kas yang dapat membantu Anda menentukan ke mana uang dibelanjakan dan cara membuat anggaran yang baik.

Anda juga dapat mempersiapkan masa tua dengan mengikuti asuransi jiwa, mungkin asuransi hari tua bahagia tidak secara langsung dirasakan oleh anda namun dapat dirasakan oleh keluarga anda.

Mengingat Anda tak bisa produktif selamanya maka persiapan dana pensiun ibarat kebutuhan pokok bulanan lainnya. Jadi, jangan dinomorduakan dan dilupakan karena Anda akan menyesal nanti saat sudah masuk usia pensiun tanpa persiapan dana yang cukup.





Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja

Berlangganan via Email