Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Agar Terhindar dari Penyakit Jantung




CAHYOGYA.COM - Menjaga kesehatan adalah hal yang wajib dilakukan karena hanya dengan tubuh yang sehat maka kita bisa aktif melakukan berbagai kebaikan. Namun, sayangnya tidak semua orang tahu bagaimana cara menjaga kesehatan sehingga mereka dengan mudahnya melakukan beberapa hal yang merugikan kesehatan. Misalnya tidak menjaga gaya hidup dan pola makan yang sehat, mengabaikan olahraga, tidak menjaga berat badan, dan lain sebagainya. Padahal kebiasaan buruk tersebut sangat berisiko menyebabkan serangan penyakit, salah satunya penyakit jantung.

Bukan rahasia lagi jika penyakit jantung termasuk pembunuh nomor satu di beberapa Negara maju, termasuk Indonesia. Jika seseorang sudah mendapatkan vonis penyait jantung, maka dia wajib menjaga gaya hidup sehat dan pastinya harus rajin minum obat-obatan seumur hidupnya.

Tapi obat-obatan saja tidak cukup loh, karena apabila penyumbatan pembuluh darah sudah mencapai 70%, maka akan timbul sakit pada dada dan sangat dianjurkan untuk melakukan tindakan medis berupa operasi pemasangan ring (stent) atau operasi by pass yang tentunya memakan biaya cukup menguras kantong. Hmm.. sungguh tidak menyenangkan, bukan?

Siapakah yang berisiko terkena penyakit jantung?

Siapapun harus waspada akan bahaya penyakit jantung, karena siapapun bisa berisiko menderita penyakit jantung, terutama :

1. Berusia lebih dari 65 tahun

2. Laki-laki

3. Riwayat Keluarga

4. Ras (Ras kulit hitam, hispanik, India, dan Asia)

5. Obesitas/Kegemukan

6. Kebiasaan Mer0k0k

7. Konsumsi makanan Kolesterol Tinggi

8. Tekanan Darah Tinggi (hipertensi)

9. Kurang beraktivitas/olahraga

10. Diabetes (Kencing manis)

11. Suka marah dan stres

12. Minum Alkohol

Dari ke dua belas faktor risiko diatas, ada empat faktor yang tidak dapat Anda kendalikan, diantaranya : usia, laki-laki, riwayat keluarga dan ras. Sementara untuk delapan faktor risiko lainnya bisa kita kendalikan, yakni : obesitas, merokok, kolesterol tinggi, hipertensi, kurang olahraga, diabetes, stress, kebiasaan minum beralkohol. Cara mengendalikannya tentu dengan beralih pada gaya hidup dan pola makan yang sehat.

Mencegah dan Mengatasi Penyakit Jantung dengan Cara Mudah dan Murah

Penyakit jantung termasuk penyakit yang pengobatannya sangat mahal. Ketika baru tahap awal, penyakit ini bisa saja dicegah dengan obat-obatan, namun jika penyumbatan pembuluh darah sudah mencapai 70% atau sudah menyebar hingga ke otot jantung, maka sangat dianjurkan untuk melakukan tindakan medis berupa operasi pemasangan ring (stent) atau operasi by pass yang tentunya memakan biaya cukup menguras kantong.

Mengingat tidak semua orang bisa melakuan tindakan tersebut, maka di sini kita akan membagikan solusi yang mudah dan murah untuk mencegah dan mengatasi penyakit jantung, yakni dengan cara berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat.

Tips Berolahraga

1.Pilih Jenis Olahraga yang Tepat

Ada banyak jenis olahraga yang bisa dicoba, namun bagi penderita penyakit jantung disarankan untuk melakukan olahraga ringan. Contoh olahraga ringan adalah jogging, senam lantai, Yoga, dan beberapa aktivitas lainnya.

2.Jangan Terlalu Over

Ketika sedang berolahraga biasanya adrenalin meningkat secara drastis. Nah, hal ini perlu Anda perhitungkan agar nantinya tidak terjadi hal-hal berbahaya.

3.Jangan Olahraga Sendirian

Sebagaimana kita ketahui, penderita penyakit jantung sering kali mengalami gejala yang mengkhawatirkan jika telat diberi penanganan medis. Maka dari itu, jika Anda memutuskan untuk mulai berolahraga ajaklah rekan, kerabat, atau keluarga untuk ikut mendapingi.






Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja


Berlangganan via Email