Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Klaim Asuransi Agar Diterima

CAHYOGYA.COM - Bagi sebagian orang asuransi mungkin masih menjadi produk yang belum terlalu familiar. Banyak hal yang harus dipahami dan dicermati agar tidak salah dalam memilih produk asuransi terbaik sesuai kebutuhan. 


Memahami asuransi memang susah-susah gampang, terutama jika Anda ingin mengajukan klaim asuransi ke peerusahaan. Nah, Agar Anda tidak merasa tertipu ataupun kesulitan ketika ingin mengajukan klaim, berikut ini merupakan tips klaim asuransi agar diterima.

Tips Klaim Asuransi Agar Diterima


1.Pastikan Data Sudah Benar


Kesalahan dan kelengkapan data pribadi menjadi salahs atu kendala paling besar ketika mengajukan klaim asuransi. Data pribadi merupakan kelengkapan krusial yang menjadisyarat utama agar klaim bisa diterima, sehinga Anda harus benar-benar memastikan bahwa data klaim sudah sesuai seperti ketika Anda mendaftar asuransi.

2.Polis Asuransi Aktif


Perlu diketahui, jika status polis Anda ditetapkan sebagai lapse atau batal maka klaim asuransi Anda tidak akan bisa diterima. Adapun penyebab dari status polis batal sendiri disebabkan karena adanya tunggakan atau Anda sudah tidak membayar tagihan polis asuransi periode sebelumnya.

3.Pastikan Kasus Tercover


Sebelum melakukan klaim, pastikan kasus Anda sepenuhnya tercover didalam manfaat dan fungsi asuransi yang Anda beli. Jika Anda menggunakan asuransi kesehatan, coba teliti lebih lanjut lagi apakah asuransi mengcover penanggungan biaya medis untuk rawat inap atau rawat jalan. Kemudian apakah bisa juga untuk klaim biaya hasil pemeriksaan lab?

Sebagai contoh, di tengah pandemi virus corona COVID-19 seperti saat ini ada beberapa asuransi yang tidak memberikan klaim atas biaya rapid test dan PCR yang dilakukan oleh pemegang premi.

4.Kejadian Tidak Disebabkan Pelanggaran Hukum


Meski jarang terjadi, tetapi hal ini bisa saja terjadi dalam kasus-kasus tertentu. Hal ini biasanya disebabkan karena pemegang polis tidak paham akan peraturan serta hukum yang dilanggar. Maka dari itu, Anda harus memastikan bahwa kejadian yang ingin Anda klaim asuransinya tidak berkaitan langsung dengan pelanggaran hukum. Peraturan ini tentu termasuk dengan efek penyalahgunaan obat-obatan terlarang, pengaruh minuman keras, atau tindak pidana lain baik secara sengaja maupun tidak.

Itulah beberapa tips yang bisa memperlancar Anda untuk klaim asuransi murni maupun asuransi investasi. Semoga bermanfaat ya.





Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja


Berlangganan via Email