Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kapan Saat Terbaik Memiliki Tabungan Pensiun?



CAHYOGYA.COM - Tidak peduli berapa usia Anda saat ini, menabung bagi masa depan khususnya untuk masa pensiun adalah suatu hal yang wajib untuk dilakukan. Saat ini, mungkin Anda baru saja memasuki dunia kerja dan mulai membiasakan diri untuk menabung, namun pastikan Anda tahu cara menabung yang tepat agar bisa memiliki masa pensiun yang indah.

Untuk membantu menjaga tabungan pensiun Anda tetap berjalan dengan tepat sesuai dengan rencana keuangan ideal, tinjau kesalahan tabungan pensiun umum di bawah ini agar tidak terjadi beberapa pada Anda:

1. Anda ‘memulainya’ saat usia 20-an

Kebanyakan orang akan mulai investasi untuk masa pensiun di saat mereka telah memiliki beberapa aset dan keuangan yang cukup banyak. Namun, hal ini ternyata adalah sebuah kesalahan besar yang harus dihindari. Menabung lebih awal akan membuat Anda mendapatkan beberapa tahun bunga majemuk yang telah dimulai lebih awal.

Bunga majemuk adalah apa yang terjadi bila bunga yang diperoleh dari jumlah yang Anda simpan mulai mendapatkan bunga sendiri. Semakin banyak waktu yang Anda miliki untuk menghemat uang, semakin banyak pula bunga majemuk yang bisa meningkatkan tabungan Anda. Tanpa manfaat bunga majemuk, Anda harus menabung lebih banyak dan lebih lama untuk menghemat waktu.

Kebanyakan orang di usia ini tidak akan berfokus pada penghematan untuk pensiun karena mereka bertekad untuk melunasi pinjaman mahasiswa dan memulai keluarga terlebih dahulu. Meskipun tentu prioritas itu juga penting, menabung untuk pensiun sedini mungkin tetap tidak kalah penting. Pada kenyataannya bahkan beberapa orang menolak pemotongan gaji nya untuk ditabungkan secara otomatis untuk dana pensiun.

Nah, dalam hal ini, pastikan Anda memperhatikan porsi tabungan pensiun dan memulainya sekarang juga jika Anda ingin menikmati pensiun yang indah.

2. Memasuki Usia 30-an, ‘Masa Sibuk’ Anda

Meskipun Anda mungkin merasa lebih tua, lebih bijaksana dan lebih dewasa saat berusia 30-an, Anda mungkin masih akan membuat beberapa kesalahan terkait perencanaan pensiun.

Kesalahan tabungan pensiun terbesar yang dilakukan oleh orang-orang berusia 30-an biasanya hanya sedikit uang yang berusaha dikontribusikan orang untuk masa pensiunnya.

Saat memasuki usia 30-an, cobalah untuk menjadi disiplin dalam menyisihkan 10-20% pendapatan Anda untuk masa pensiun. Pastikan Anda disiplin dalam menabung, bukan hanya menabung di saat memiliki uang berlebih.

3. Anda Mulai ‘Serius’ Saat Memasuki Usia 40 dan 50

Orang-orang berusia 40-an dan 50-an yang sesungguhnya sudah cukup terlambat untuk memulai investasi tabungan pensiun mereka sering membuat kesalahan yang berakibat fatal.

Orang-orang berusia 40-an dan 50-an yang menyadari bahwa dirinya telah terlambat jika memulainya sekarang akan mencoba mengambil jalan pintas dan menginvestasikan kepada instrumen investasi yang bersifat agresif untuk menebus waktu-waktu sebelumnya.

Tapi seiring bertambahnya usia, Anda hanya memiliki sedikit waktu untuk memperbaiki kekalahan yang mungkin terjadi.

Jadi, jika Anda menggunakan strategi agresif, Anda harus mengambil risiko kehilangan tabungan tanpa kesempatan untuk pemulihan. Sebagai gantinya, ini adalah periode di mana Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk perlahan mengalihkan aset Anda ke investasi yang lebih konservatif dan pasti.

Kesalahan simpanan pensiun lainnya yang harus dihindari termasuk memiliki terlalu banyak hutang dan menarik deposito atau investasi Anda lebih awal.

Menarik investasi sebelum tanggal jatuh tempo akan membuat Anda kehilangan beberapa Keuntungan seperti bunga majemuk yang seharusnya didapatkan. Dalam hal ini, berkurangnya keuntungan berarti mengurangi jumlah tabungan pensiun Anda di masa depan.

4. Lakukan ‘Sekarang atau Tidak’ Saat Memasuki Usia 60

Apakah salah satu kesalahan tabungan pensiun terbesar yang harus dihindari pada usia 60an? Di saat berusia 60, kebanyakan orang akan mengambil seluruh investasinya dan mencoba untuk menabung dengan cara tradisional seperti di bank.

Seperti yang kita ketahui, menabung di bank tidak akan memberikan Anda bunga yang cukup signifikan dalam waktu yang cepat, sehingga hal ini tidak akan terlalu berpengaruh untuk peningkatan tabungan Anda.

Saat berusia 60-an, cobalah untuk berinvestasi ke dalam bisnis anak Anda, atau cobalah untuk memilih investasi yang lebih menguntungkan dengan risiko yang kecil.

Nah, itulah tadi kesalahan menabung untuk dana pensiun yang seringkali dilakukan banyak orang mulai dari usia 20-an hingga usia pensiun 60-an.

Tentunya pilihlah tabungan pensiun yang paling menguntungkan menurut anda jangan lupa selalu konsultasikan dengan ahlinya. Selain tabungan pensiun upayakan juga untuk memiliki asuransi pendidikan terbaik bagi anak-anak anda.



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja

Berlangganan via Email