Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kebiasaan yang Bisa Menjaga Kesehatan Gigi



CAHYOGYA.COM - Kebiasaan yang Bisa Menjaga Kesehatan Gigi Sebagaimana kita ketahui, mulut dan gigi merupakan salah satu bagian penting yang perlu kita bersihkan setiap hari. Pasalnya, gigi yang tidak dibersihkan secara rutin akan menjadi tempat tumbuh dan bersarang bakteri penyebab penyakit gigi.

Anda tentu tidak mau bukan kalau harus pergi ke dokter gigi? Karena selain harus mengeluarkan biaya perawatan yang mahal, sakit gigi biasanya juga sangat mengganggu aktivitas kerja sehari-hari.

Nah, untuk menjaga agar terhindar dari sakit gigi, berikut sudah kami rangkum tips cara menjaga kesehatan gigi beserta berbagai kebiasaan yang bisa membantu menjaga kesehatan gigi. Tips ini sangat simpel dan sederhana sehingga bisa diterapkan oleh siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Penasaran seperti apa tipsnya? Yuk, langsung saja kita simak selengkapnya.

Kebiasaan yang Bisa Menjaga Kesehatan Gigi


1.Sikat Gigi Dua Kali Sehari


Para ahli dan dokter spesialis gigi menyarankan untuk menyikat gigi dua kali sehari, yakni di pagi hari setelah bangun tidur serta di malam hari sebelum tidur. Kedua waktu tersebut bisa meminimalisir adanya pembentukan bibit bakteri atau plak dari sisa makanan yang kita konsumsi sepanjang hari. Jangan lupa, selain menyikat gigi bersihkan juga bagian lidah ya menggunakan pasta gigi dengan kandungan alami.

2.Banyak Minum Air Putih

Banyak minum air putih ternyata juga bisa menjaga kesehatan gigi. Pasalnya, dengan rajin mengkonsumsi air putih akan membersihkan sisa-sisa makanan atau plak yang tertinggal di sela-sela gigi dan gusi.

Jadi, pastikan Anda mematuhi anjuran untuk setidaknya mengkonsumsi 8 gelas air putih setiap hari. Karena selain bagus untuk tubuh kebiasaan ini juga bisa meminimalisir potensi sakit gigi.

3.Mengkonsumsi Makanan Sehat

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi makanan sehat seperti sayu-sayuran, buah-buahan, kacang, serta susu segar bisa membantu menjaga kesehatan gigi. Dengan menjaga asupan gizi ke tubuh, maka berbagai penyakit akan hilang dihajar oleh antibodi, termasuk keluhan terkait masalah gigi dan gusi.

4.Jangan Sikat Gigi Terlalu Keras

Meski gigi merupakan bagian tubuh manusia paling keras, namun tidak disarankan untuk menyikat gigi terlalu keras. Jika hal ini dilakukan, maka lapisan enamel tipis yang melindungi gigi lama-lama akan terkikis dan tidak berfungsi lagi.

Ketika menyikat gigi, sebaiknya lakukan secara perlahan dan hati-hati. Lakukan beberapa gerakan memutar atau rotasi untuk menjangkau sela-sela gigi, tapi jangan terlalu kaku. Memilih sikat gigi dengan serat halus juga bisa menjadi salah satu solusi, meski tidak semua orang cocok menggunakan tips ini.

Itulah berbagai kebiasaan yang bisa membantu menjaga kesehatan gigi. Sangat mudah dan gampang bukan? Menjaga kesehatan memang bisa dilakukan mulai dari menanamkan kebiasaan kecil yang mudah dilakukan, dengan begitu lama-lama Anda akan terbiasa melakukannya.



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja

Berlangganan via Email