Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Faktor Penyebab Penyakit Kardiovaskular


CAHYOGYA.COM - Setiap orang tentu ingin memiliki tubuh sehat serta umur yang panjang. Namun, sayangnya tidak banyak yang berkomitmen untuk menjaga pola hidup seimbang.

Di antara berbagai macam penyakit mematikan, kardiovaskular adalah salah satu jenis penyakit yang beresiko besar menyebabkan kematian. Tercatat berdasarkan data World Health Organization (WHO), penyakit kardiovaskular merenggut 17,7 juta jiwa setiap tahunnya.

Sebagai informasi, dari total angka kematian ini, lebih dari setengahnya disebabkan oleh penyakit jantung koroner dan stroke. Sangat mengerikan, bukan?

Lantas, sebenarnya apa itu kardiovaskular? Bagaimana ciri yang menjadi faktor penyebab dan cara menanganinya?

Nah, pada kesempatan kali ini secara khusus kami akan membahas seputar penyakit kardiovaskular. Langsung saja, yuk kita kenali lebih dalam tentang kardiovaskular.

Apa Itu Kardiovaskular?


Secara umum, penyakit kardiovaskular adalah kondisi dimana jantung mengalami masalah sehingga tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Saat ini, banyak orang mengalami masalah ini, karena akibat dari pola hidup tidak sehat serta kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol serta rokok secara berlebihan.

Diagnosis awal dari penderita penyakit kardiovaskular diawali dengan proses wawancara oleh dokter. Setelah itu, diperlukan pemeriksaan medis menyeluruh dan juga pemeriksaan tambahan jika memang diperlukan.

Walaupun termasuk dalam jenis penyakit yang menimbulkan banyak korban, sampai saat ini belum ditemukan metode efektif untuk mencegah kardiovaskular. Beberapa saran dari dokter, menyebutkan bahwa menjaga pola hidup sehat, olahraga, serta mengkonsumsi makanan sehat menjadi ujung tombak dalam melawan penyakit ini.

Faktor Penyebab Penyakit Kardiovaskular


1. Usia

Tidak bisa dipungkiri lagi, semakin tua usia seseorang maka fungsi organ tubuh juga perlahan akan menurun. Tidak terkecuali jantung. Dalam beberapa kasus, penuaan akan membuat arteri jantung menyempit serta otot jantung melemah, sehingga jantung tidak bisa memompa darah dengan maksimal.

2.Riwayat Penyakit Keluarga

Sayangnya kardiovaskular termasuk kedalam penyakit yang bisa dibawa oleh gen. Alhasil, jika ada saudara atau kerabat yang memiliki riwayat penyakit ini maka bisa berpotensi menurun ke generasi berikutnya.

3.Jenis Kelamin

Berdasarkan data, kaum pria umumnya memiliki risiko penyakit kardiovaskular lebih tinggi dibandingkan dengan kaum wanita. Meski begitu, kaum wanita juga memiliki resiko tinggi, terutama setelah menopause.

4.Tekanan Darah Tinggi

Dibandingkan dengan orang normal, penderita penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi beresiko besar mengalami penyumbatan pembuluh jantung. Terlebih jika terdapat kolesterol dalam jumlah tinggi, hal ini semakin memperbesar munculnya plak serta aterosklerosis di arteri.

5.Stres

Stres merupakan gangguan mental yang bisa memicu berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah kardiovaskular atau penyakit jantung. Jadi, usahakan untuk tetap menjaga pikiran agar tetap jernih baik di rumah maupun ditempat kerja.

Itulah pembahasan singkat terkait apa itu kardiovaskular serta berbagai faktor yang menjadi penyebabnya. Yuk, sama-sama kita jaga pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

Semoga bermanfaat.



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja


Berlangganan via Email