Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Hal Penting yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Investasi Bitcoin



CAHYOGYA.COM - Pasang surut kenaikan harga bitcoin bukan hal yang asing sejak beberapa waktu terakhir. Namun, pandemi Covid memberikan efek peningkatan nilai mata uang bitcoin yang mencapai level terbaru di atas US$ 52.000, lho! Tentu pencapaian level baru bitcoin melejit setelah Elon Musk melakukan pembelian senilai US$ 1,5 milyar. Tak heran kalau bitcoin marketplace di Indonesia mulai dilirik para investor yang menginginkan keuntungan lebih signifikan dewasa ini.

Hal penting sebelum investasi bitcoin

Dilansir dari situs Tempo.co, Anda yang berencana melakukan pembelian bitcoin dengan nominal tertentu, sebaiknya mengetahui 7 hal penting berikut :

1.Amankan dompet digital

e-wallet merupakan sarana penting dalam melakukan transaksi dengan bitcoin sehingga Anda harus melakukan pengamanan ekstra. Jadi, Anda tidak boleh lupa kata sandi untuk masuk ke dompet digital tersebut.

2.Harga yang fluktuatif

Pasang surut nilai mata uang bitcoin masih menjadi alasan orang enggan investasi alias cemas mengalami kerugian besar. Jika Anda berani mengambil investasi yang berisiko, bitcoin bisa menghasilkan keuntungan besar tetapi memiliki risiko bila harga anjlok sewaktu-waktu. Volatilitas tinggi menjadi bahan pertimbangan penting sebelum Anda terjun ke investasi mata uang digital favorit masyarakat ini.

3.Utamakan kehati-hatian dengan metode pembayaran tetap

Transaksi bitcoin sangat mudah dan bisa dilakukan kapan saja, tetapi Anda harus tetap mengutamakan kehati-hatian. Pasalnya, metode pembayaran bitcoin tidak bisa diubah begitu saja saat Anda melakukan transfer ke penerima dana. Jika Anda salah memilih partner, maka transaksi bitcoin tidak bisa dibatalkan.

4.Transparansi

Bitcoin bukan anonim sebab Anda bisa melihat seluruh transaksi yang tersimpan secara permanen dan bersifat publik di jaringan. Mau mengecek saldo dan transaksi di alamat bitcoin mana saja bisa lebih mudah, meskipun Anda tidak mengetahui siapa pemilik bitcoin tersebut. Identitas tidak terungkap, kecuali pembelian yang besar dan terungkap ke publik seperti Elon Musk.

5.Transaksi belum terkonfirmasi

Transaksi pembelian dan penjualan bitcoin terkonfirmasi dalam hitungan detik sampai 90 menit, paling tidak transaksi normal butuh waktu konfirmasi sekitar 10 menit.

6.Mata uang eksperimen

Bitcoin bukan mata uang resmi suatu negara atau mata uang baru yang bersifat eksperimental. Satoshi Nakamoto yang menemukan bitcoin pada tahun 2009 sendiri tidak terungkap identitas aslinya. Meski bisa menghadirkan keuntungan yang cukup fantastis, tetapi transaksi bitcoin tetap memiliki risiko. Tantangan melakukan transaksi bitcoin inilah yang bisa memicu adrenalin para investornya. Mau mencoba transaksi virtual dengan mata uang digital, sah-sah saja.

7.Harus membayar pajak dan mematuhi peraturan pemerintah

Di Indonesia sendiri, Anda harus mematuhi pembayaran pajak dan aturan pemerintah terkait transaksi bitcoin. Sebelum bergabung di bitcoin marketplace, sebaiknya Anda mengetahui tentang peraturan yang ada di negara ini. Pastikan kamu menggunakan aplikasi yang telah terdaftar di lembaga pemerintah yang resmi. Jual beli bitcoin yang terdaftar resmi di KOMINFO dan BAPPEBTI yang mengawasi perdagangan aset crypto di Indonesia, kenapa tidak?

Kini Anda sudah memahami sedikit seluk beluk tentang mata uang crypto bitcoin. Melakukan transaksi bitcoin yang aman dan legal di bitcoin marketplace bisa menjadi solusi investasi jangka panjang Anda, lho! Pelajari cara sukses transaksi bitcoin sekarang juga melalui aplikasi yang legal. Anda bisa menghubungi pihak layanan konsumen untuk informasi menjamin keamanan aset Anda dengan pengamanan ekstra e-wallet hanya di aplikasi kekinian yaitu Pintu. Dengan modal 22 ribu rupiah saja, Anda bisa memulai investasi crypto pertama.


Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja


Berlangganan via Email