Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas



CAHYOGYA.COM - Berbeda dengan harga properti yang setiap tahun semakin tinggi, nilai jual-beli kendaraan justru mengalami penurunan sebesar 15-20 persen per tahun dibandingkan harga beli. Alhasil, tidak heran jika banyak orang lebih memilih mencari mobil bekas dibandingkan membeli baru.

Terlepas dari sisi ekonomi, saat ini pilihan tipe mobil bekas di pasaran juga sangat bervariasi. Anda bisa mendapatkan mobil lama maupun mobil terbaru mulai dari puluhan juta rupiah hingga ratusan juta rupiah. Tinggal menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan agar semakin maksimal ketika digunakan sehari-hari.

Kendati demikian, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika berburu mobil bekas. Contohnya seperti kondisi mesin serta kelengkapan dokumen.

Apa saja poin-poinnya? Berikut kami tuliskan selengkapnya agar Anda tidak salah pilih ketika membeli mobil second.

1.Periksa Performa Mesin

Sama seperti membeli barang bekas pada umumnya, mobil second wajib diperiksa performa mesinnya. Anda harus bisa memastikan bahwa kondisi mesin dan part-part lain berfungsi secara normal.

Satu hal yang menjadi problem utama mobil second adalah penurunan performa akibat pernah terkena banjir. Namun, hal ini bisa diketahui dari kinerja mesin, suara, serta tampilan luarnya. Jika Anda tidak paham sebaiknya ajak mekanik atau orang yang lebih tahu soal mobil.

2.Kelengkapan Dokumen

Berbeda dengan membeli mobil baru, mobil bekas biasanya ada yang tidak memiliki kelengkapan surat. Jadi, Anda harus jeli dan teliti ketika ingin membeli mobil bekas murah, karena bisa jadi ada surat-surat seperti BPKB, STNK, faktur, dan lainnya yang bermasalah.

Dewasa ini, Anda juga bisa melihat dokumen secara online sebelum melakukan transaksi, cara cek blokir kendaraan mobil sendiri sangat mudah, bahkan sudah bisa dilakukan melalui SMS maupun aplikasi.

3.Test Drive

Test drive atau mencoba berkendara langsung adalah syarat mutlak yang tidak boleh dilewatkan ketika membeli mobil bekas. Mintalah izin untuk mencoba mengendarai mobil di lingkungan dealer atau sekitar lokasi penjual.

Anda bisa cek handling pada stir, responsivitas mesin, hingga akselerasi ketika mesin diajak berkendara. Informasi tersebut tentu tidak bisa Anda dapatkan dengan hanya berdasarkan cerita atau dokumen tertulis saja.

4.Riset Harga


Harga menjadi komponen paling sensitif ketika membeli mobil bekas. Pasalnya, tidak ada standar resmi yang bisa digunakan, semua patokan harga diberikan penjual berdasarkan asumsi serta kesepakatan yang ada di pasar.

Usahakan Anda sudah melakukan riset dengan teliti, bila perlu ajaklah orang lain yang lebih ahli untuk menaksir harga mobil sekaligus melakukan penawaran agar bisa mendapatkan harga lebih masuk akal.

Itulah beberapa tips beli mobil bekas lengkap dengan cara cek blokir kendaraan mobil yang perlu Anda ketahui. Tahukah Anda? Saat ini Anda juga bisa membeli mobil bekas secara online. Bahkan, untuk cek kelengkapan kendaraan juga sudah bisa dilakukan hanya dengan beberapa klik saja menggunakan aplikasi.


Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja

Berlangganan via Email