Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Efektif Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak



CAHYOGYA.COM - Merawat anak memang membutuhkan biaya yang tidak ringan. Dibutuhkan persiapan biaya yang matang saat Anda memutuskan ingin punya anak. Salah satunya adalah biaya pendidikan anak yang jumlahnya cukup besar. Biaya pendidikan ini harus dipersiapkan sedini mungkin agar tidak memberatkan atau mempersulit di masa depan.

Persiapan Biaya Sekolah

Pendidikan menjadi kebutuhan anak yang hukumnya wajib untuk dipenuhi oleh orang tua. Saat Anda memutuskan untuk punya anak, maka datang pula tanggung jawab untuk memberi pendidikan terbaik. Berikut adalah 5 tips efektif dalam mempersiapkan biaya pendidikan untuk buah hati tercinta:

Buat Perhitungan

Langkah pertama, silakan buat perhitungan terlebih dahulu. Dalam mempersiapkan dana apapun, sebaiknya dihitung terlebih dahulu secara rinci. Anda bisa mencari informasi dari berbagai sumber mengenai besarnya biaya sekolah. Informasi ini bisa dijadikan sebagai acuan membuat perhitungan dana yang dibutuhkan untuk membayar uang sekolah nanti.

Bagaimana jika anak masih kecil dan belum waktunya masuk sekolah? Tak masalah, tetap lakukan perhitungan dana terlebih dahulu sebagai persiapan. Buat rencana, dimana anak nanti akan disekolahkan. Cari tahu berapa biayanya dan hitung total biaya yang dibutuhkan. Ini hanya perhitungan perkiraan sebagai acuan persiapan diri.

Buat Tabungan Khusus

Bukalah rekening tabungan yang khusus digunakan untuk menyimpan dana pendidikan si kecil. Cara satu ini terbukti sangat efektif membantu Anda mengumpulkan biaya untuk menyekolahkan anak. Jangan mencampurkan tabungan pendidikan dengan tabungan pribadi atau bahkan uang yang dipakai kebutuhan sehari-hari.

Jika Anda menyisihkan tabungan sendiri maka akan lebih mudah untuk menabung. Begitu uang masuk ke tabungan pendidikan, Anda tak boleh mengambilnya agar tabungan ini konsisten bertambah. Anda bisa meminta bank mengaktifkan fitur autodebet yang terhubung dengan rekening Anda lainnya sehingga tabungan otomatis terisi setiap bulan.

Lakukan Investasi

Pilihlah untuk berinvestasi demi mempersiapkan biaya pendidikan anak di masa depan. Tersedia beragam pilihan investasi yang menguntungkan saat ini. Mulai dari yang sederhana saja, misalnya investasi dalam bentuk emas. Kemudian saat ini juga tengah populer jenis investasi reksadana. Pilih jenis investasi yang menurut Anda paling menguntungkan namun tetap aman dilakukan.

Tambah Pemasukan

Demi mempersiapkan dana pendidikan, cobalah untuk menambah nilai pemasukan Anda. Ada banyak cara yang bisa dipilih agar nilai pemasukan Anda meningkat. Misalnya dengan mencari pekerjaan sampingan di luar pekerjaan utama. Anda juga bisa menjalankan bisnis kecil-kecilan lewat media sosial untuk menambah nilai pemasukan.

Bisnis memang menjadi pilihan efektif untuk menambah pendapatan setiap bulan. Anda bisa mengalokasikan uang hasil bisnis ini sebagai dana pendidikan. Simpan dana tersebut di tabungan khusus. Sementara itu jika untuk pengeluaran sehari-hari, Anda bisa menggunakan uang gaji dari pekerjaan utama yang Anda lakoni.

Mulai Sedini Mungkin

Jangan menunda untuk mempersiapkan dana pendidikan buah hati. Anda bisa memulainya sedini mungkin. Bahkan meskipun anak masih kecil atau belum lahir. Persiapan dana pendidikan yang dilakukan sedini mungkin akan membantu memberi kemudahan bagi Anda. Dana pendidikan bisa terkumpul banyak sedikit demi sedikit sehingga tidak terasa memberatkan.

Itulah tadi 5 tips efektif yang dapat dicoba saat mempersiapkan biaya pendidikan anak. Seiring waktu yang terus bergerak maju, biaya pendidikan sepertinya justru akan semakin meningkat. Oleh karena itu penting sekali mempersiapkan sejak dini agar tidak kesulitan nantinya. Berikan yang terbaik bagi anak Anda termasuk daftarkan dia di sekolah yang berkualitas.



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja

Berlangganan via Email