Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Faktor Penyebab Hidung Mampet serta Solusi Mengatasinya



CAHYOGYA.COM - Kenyamanan bernapas sangat dibutuhkan agar kita bisa menjalani aktivitas dengan lancar. Namun seringkali terjadi kondisi dimana hidung tidak bisa memfasilitasi kita untuk bernapas dengan lancar. Kondisi ini biasa disebut hidung mampet atau tersumbat. Ada beragam penyebab yang bisa memicu kondisi ini dan cara mengatasinya juga harus disesuaikan.

Pemicu Hidung Tersumbat

Saat mengalami hidung tersumbat, biasanya Anda akan merasa sangat risih. Anda tidak bernapas dengan baik dan tidak bisa fokus menjalani aktivitas. Kondisi ini terjadi saat jaringan yang ada di dalam rongga hidung mengalami gangguan. Berikut adalah 4 faktor penyebab hidung tersumbat yang sebaiknya Anda ketahui:

1. Flu

Kondisi flu sangat mudah menyerang tubuh apalagi saat imunitas sedang lemah. Flu disebabkan oleh adanya serangan virus di sistem pernapasan. Flu akan dengan mudah menyebabkan hidung Anda jadi tersumbat. Lebih beratnya lagi, hidung tersumbat akibat flu ini bisa disertai gejala lainnya. Mulai dari nyeri kepala, bersin- bersin, hingga demam.

Hidung tersumbat yang disebabkan flu pada umumnya akan hilang dengan sendirinya. Akan tetapi, untuk membantu meredakan rasa tidak nyaman akibat kondisi ini bisa dicoba beberapa cara. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi paracetamol terutama jika disertai gejala demam.

2. Batuk Pilek

Salah satu kondisi yang bisa menyebabkan hidung tersumbat adalah batuk pilek. Biasanya hal ini disebabkan oleh adanya kotoran maupun infeksi yang menyerang saluran napas bagian atas mulai dari hidung dan tenggorokan. Saat pilek, sudah bisa dipastikan bahwa saluran hidung akan tersumbat dan menyebabkan Anda sulit untuk bernapas.

Pemakaian dekongestan bisa membantu meringankan hidung tersumbat akibat batuk pilek. Nasal spray juga dapat dijadikan sebagai pilihan. Pemakaiannya disemprotkan ke hidung dan akan membantu bagian hidung menjadi lembap sehingga lendir jadi lebih encer.

3. Sinusitis Akut

Hidung mampet juga bisa disebabkan oleh kondisi sinusitis akut. Biasanya akan sembuh sendiri dalam kurun waktu 10 hari. Kondisi ini pada umumnya merupakan perkembangan dari batuk pilek yang menyerang tubuh seseorang.

Sinusitis menyebabkan adanya inflamasi jaringan di rongga hidung. Akibatnya terjadi pembengkakan yang membuat ukuran rongga hidung menjadi lebih sempit. Ditambah produksi lendir yang meningkat, maka terjadilah kondisi hidung tersumbat. Pemakaian dekongestan bisa dijadikan solusi dan jika berkembang semakin parah mintalah pertolongan dokter.

4. Alergi

Orang yang menderita alergi juga akan mudah mengalami hidung tersumbat saat berkontak dengan alergen. Kondisi ini tentu saja berbeda-beda untuk masing-masing orang. Jika hidung tersumbat dipicu oleh alergi, maka Anda bisa mengatasinya dengan pengobatan antihistamin. Obat ini akan membantu meredakan sekaligus mengurangi hidung tersumbat akibat alergi.

Itulah 4 penyebab hidung mampet yang sering dijumpai. Kondisi ini sebenarnya sudah sangat umum terjadi dan penanganannya juga tergolong mudah. Namun jika kondisi ini berkembang semakin parah, segera konsultasikan ke dokter.



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja

Berlangganan via Email