Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Jenis Pelatihan Kerja untuk Karyawan yang Direkomendasikan



CAHYOGYA.COM - Memiliki karyawan yang punya kemampuan bagus memang menjadi keinginan setiap perusahaan. Tidak hanya kemampuan dan wawasan saja, sikap dan kepribadian karyawan sangat mendukung kemajuan sebuah perusahaan. Tidak heran kalau perusahaan rela menggelontorkan lebih banyak uang demi merekrut karyawan yang profesional, termasuk memberikan pelatihan kerja yang bagus. Kini Anda bisa memberikan pelatihan kerja yang lebih fleksibel dengan memanfaatkan LMS ruangkerja dari ruangguru.

Jenis pelatihan softskill untuk mendukung kinerja karyawan

Selain kemampuan berbasis hardskill yang dimiliki setiap anggota divisi di perusahaan, Anda juga membutuhkan pelatihan kerja yang berbasis softskill. Kemampuan softskill bisa mendukung karyawan Anda memiliki attitude dan potensi positif di hadapan klien atau investor. Berikut jenis pelatihan softskill yang bisa Anda berikan untuk karyawan berikut :

Kemampuan komunikasi

Mengadakan pelatihan untuk memberikan informasi dan tips trik meningkatkan komunikasi bisa Anda pilih. Apalagi karyawan Anda yang berada di divisi pemasaran perlu peningkatan kemampuan komunikasi agar peningkatan penjualan bisa lebih produktif. Materi tentang kemampuan presentasi juga perlu Anda berikan agar karyawan bisa melakukan proyek dengan klien atau investor dengan kemampuan presentasi yang baik.

Kelas kreativitas

Anda juga bisa mengadakan kelas kreativitas dan pemecahan masalah yang bisa mempersiapkan kemampuan karyawan dalam mencari solusi dari permasalahan bisnis. Tidak menutup kemungkinan Anda bisa melihat karyawan yang punya sisi menonjol sehingga potensi pengembangan kreativitas tim bisa meningkat.

Kelas penjualan dan pelayanan

Anda bisa bekerja sama dengan ahli di bidang penjualan dan pelayanan yang bisa memberikan wawasan kepada para karyawan secara langsung. Kelas ini akan memberikan informasi, wawasan dan tips trik seputar peningkatan penjualan dan cara melayani konsumen lebih baik. Pelatihan kerja dari LMS ruangkerja bisa diakses karyawan Anda disela waktu istirahat kantor sehingga pelatihan tidak memerlukan biaya lebih besar.

Kecerdasan emosional

Meningkatkan softskill karyawan dengan kelas kecerdasan emosional perlu Anda berikan demi meningkatkan perkembangan perusahaan. Attitude karyawan sangat penting dalam upaya memberikan branding atau citra perusahaan lebih positif di depan klien, investor dan konsumen.

Kepemimpinan

Pelatihan kerja yang tidak kalah penting adalah kelas kepemimpinan yang berguna mencetak pemimpin yang berintegritas di perusahaan. Anda membutuhkan jajaran pimpinan atau kepala bagian yang berdedikasi tinggi, loyal dan mampu mengayomi karyawan di divisi tersebut. Adakan kelas kepemimpinan untuk manajer atau kepala bagian agar Anda bisa memberikan edukasi atau materi yang berkaitan dengan leadership ini. Kepemimpinan yang bagus akan mendorong setiap divisi dalam perusahaan Anda mampu melakukan kinerja yang lebih baik dari periode sebelumnya.

Tentu masih ada banyak pelatihan kerja yang bisa Anda berikan pada karyawan baik softskill atau hardskill. Pastikan Anda memberikan pelatihan kerja yang relevan dengan perkembangan jaman mengingat persaingan bisnis di era digital semakin ketat. Anda bisa memilih pelatihan kerja virtual yang lebih hemat biaya, alih-alih mengadakan pelatihan kerja secara konvensional. Penghematan anggaran bisa dicapai selaras dengan peningkatan kinerja karyawan, kenapa tidak?


Pilih LMS ruangkerja dari ruangguru yang menawarkan pelatihan berbasis mobile learning yang lebih efektif dan efisien. Apalagi karyawan perusahaan yang didominasi generasi millenial yang melek internet, maka Anda lebih mudah mengatur waktu fleksibel untuk karyawan belajar materi yang diberikan. Praktis dan bisa diakses kapan atau di mana saja, lho! Segera evaluasi kinerja karyawan Anda dan tingkatkan kemampuan mereka melalui pelatihan kerja yang berkualitas sekarang juga!

Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja