Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cara Memilih Microphone yang Bagus



CAHYOGYA.COM - Di era digital seperti sekarang kualitas audio menjadi salah satu komponen penting untuk menunjang produksi konten. Maka dari itu, tidak heran jika banyak blogger maupun vlogger yang mencari microphone terbaik untuk menunjang perlengkapan membuat konten.

Bagi para content creator, kualitas audio maupun video tentu menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Jika bicara soal video, maka kualitas lensa dan kamera yang perlu diperhatikan, sementara untuk menunjang kualitas audio bagian paling penting yang perlu diperhatikan adalah microphone.

Ada banyak jenis microphone yang bisa didapatkan di Indonesia. Adapun salah satu varian terbaik yang banyak digunakan untuk kebutuhan produksi profesional adalah Rode Rycote. Tipe microphone yang dibanderol seharga Rp2 - 5 jutaan tersebut mampu memenuhi kebutuhan para konten kreator untuk membuat podcast atau video di YouTube menjadi lebih profesional.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang bingung mencari microphone idaman untuk menunjang kebutuhan produksi konten, berikut sudah kami siapkan tips cara memilih microphone yang baik dan benar. Baca artikel ini sampai bagian akhir ya!

Tips Cara Memilih Microphone yang Bagus


Untuk mendapatkan produk microphone yang sesuai keinginan dan kebutuhan, Anda bisa mempertimbangkan berdasarkan budget yang tersedia, tipe microphone, karakteristik pemakaian hingga jumlah yang dibutuhkan.

1.Pertimbangkan Budget

Seperti halnya proses pemenuhan perlengkapan produksi lainnya, hal pertama yang perlu dipertimbangan sebelum membeli microphone adalah budget yang tersedia. Anda bisa saja membutuhkan microphone profesional yang memiliki sensitivitas tinggi, namun apakah budget Anda mencukupi?

Maka dari itu, coba hitung dana yang tersedia terlebih dahulu, kemudian tentukan range harga agar lebih mudah dalam memilih varian produk microphone yang ada di pasaran. Jika Anda tidak melakukan hal ini maka nantinya Anda hanya akan pusing sendiri karena ada banyak sekali varian produk yang bisa didapatkan.

Saran dari kami, belilah microphone yang sesuai kebutuhan dan budget Anda, misalnya saat ini baru punya dana Rp 4 jutaan, maka gunakan dana tersebut untuk mencari microphone yang setara dengan nilai di atas.

2.Pilih Tipe Digital atau Analog

Tipis berikutnya adalah menentukan apakan jenis microphone yang ingin digunakan adalah tipe digital atau analog. Jika dilihat dari segi fungsi, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi perlu pertimbangan ekstra agar microphone yang Anda beli bisa sesuai selera.

Sebagai informasi, untuk kebutuhan digital, saat ini beberapa content creator menggunakan microphone tipe digital karena lebih fleksibel ketika dipadukan dengan software pengolah audio produksi. Namun, hal ini tidak terlalu banyak berpengaruh karena microphone tipe analog saat ini juga masih bisa bekerja dengan cukup baik untuk kebutuhan produksi.

3.Karakteristik Pemakaian

Seperti halnya memilih pakaian, memilih microphone sebaiknya juga perlu pertimbangan dari segi karakteristik dan penggunaan. Anda harus tahu peruntukan microphone tersebut apakah akan digunakan untuk rekaman, live show, atau untuk kebutuhan lain.

Masing-masing kebutuhan di atas tentunya memiliki spesifikasi yang berbeda antara satu sama lain sehingga perlu pengetahuan yang lebih mendalam agar tidak salah pilih. Jangan sampai Anda mendapatkan hasil kurang optimal hanya karena salah memilih microphone.

4.Tentukan Jumlah yang Ingin Dibeli

Nah, jumlah microphone juga bisa jadi pertimbangan sebelum melakukan pembelian. Beberapa musisi biasanya membeli microphone lebih dari 1 unit untuk kebutuhan berbeda-beda, hal ini tentu akan sangat berpengaruh ketika negosiasi harga dengan penjual.

Itulah tips cara memilih microphone dari kami, semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda.

Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja