Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mengelola Sampah Rumah Tangga



CAHYOGYA.COM - Tahukah Anda? Sampah rumah tangga menjadi permasalahan umum yang banyak terjadi di kota-kota besar saat ini. Ada banyak potensi kerusakan alam dan lingkungan yang disebabkan dari sampah rumah tangga yang tidak bisa dikelola dengan benar. Sehingga perlu dilakukan sosialisasi ataupun edukasi agar masyarakat tidak membuat sampah rumah tangga secara sembarangan.

Lantas, bagaimana sih sebaiknya cara yang baik dan benar dalam menangani sampah rumah tangga? Nah, pada kesempatan kali ini cahyogya.com akan berbagi sedikit informasi terkait tips cara mengolah sampah rumah tangga agar tidak merusak lingkungan.

Tips Mengelola Sampah Rumah Tangga

Selain untuk melestarikan lingkungan, tujuan utama ketika kita ingin mengolah sampah biasanya adalah untuk mendapatkan keuntungan dari segi ekonomi. Jangan salah, peluang ini bisa diambil bagi komunitas maupun personal sebagai salah satu jalan menambah penghasilan di tengah kondisi yang serba tidak menentu seperti sekarang.

1.Pisahkan Sampah Organik dan Anorganik

Tips pertama dalam mengolah sampah rumah tangga yakni dengan cara memisahkan sampah organik dan anorganik. Meskipun terdengar hal yang sangat mudah dilakukan, tetapi kondisi di lapangan masih sangat sulit untuk diterapkan.

Memisahkan antara sampah organik dan sampah anorganik sendiri merupakan salah satu cara mempertahankan sampah agar punya nilai di masing-masing kategori. Misalnya, sampah organik bisa dijadikan sebagai pupuk, sementara sampah plastik dan yang tidak bisa terurai alami bisa menjadi bahan kerajinan.

2.Terapkan prinsip 3R

Menerapkan prinsip 3R merupakan salah satu cara sederhana mengurangi sampah plastik. Apa itu 3R? 3R adalah singkatan dari Reuse (penggunaan kembali), Reduce (mengurangi), dan Recycle (mendaur ulang). Prinsip ini cocok diterapkan di lingkungan domestik rumah tangga karena lebih mudah diatur dan diawasi pelaksanaannya.

3.Coba Ide Bank Sampah

Ide bank sampah sebenarnya sudah sangat umum disosialisasikan di kota-kota besar. Terutama di kawasan yang memiliki penduduk padat seperti perumahan atau perkampungan.

Mengelola bank sampah sendiri perlu tenaga ekstra untuk memproses sampah agar bisa digunakan kembali.

4.Buat Ecobrick

Tips ini mungkin tidak bisa diterapkan oleh semua orang, pasalnya tidak banyak masyarakat kita yang telaten dan mau belajar membuat ecobrick dari sampah. Kendati demikian, hal ini bisa dicoba untuk pengolahan sampah rumah tangga secara kolektif atau dalam satu komunitas.

Ada banyak sekali contoh nyata yang bisa dijadikan contoh project ecobrick ini dan hasilnya lumayan memuaskan dari segi fungsi, estetikas, serta kebermanfaatan.

5.Memanfaatkan Sampah Sebagai Pupuk

Jaman dahulu sampah rumah tangga masih didominasi oleh sampah organik sehingga sangat mudah terurai secara alami. Namun, saat ini kondisi yang terjadi berkebalikan dengan jaman dulu, dimana sampah plastik lebih mendominasi limbah rumah tangga.

Agar lebih bermanfaat, Anda bisa mulai membuat sendiri pupuk dari sampah organik untuk kebutuhan tanaman hias atau kebutuhan lain.

Demikianlah tips cara mengatasi sampah plastik yang paling mudah, yakni dengan mengontrol secara domestik dari rumah tangga. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda.



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja