Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Strategi Bisnis yang Berikan Keuntungan Maksimal



CAHYOGYA.COM - Pernah tidak Anda mempertanyakan apa sebenarnya strategi usaha? Bagi sebagian besar orang mungkin hal ini tidak penting, berbeda bagi pelaku bisnis strategi merupakan hal sangat krusial untuk menjamin keuntungan bisa didapatkan.

Secara umum strategi bisnis merupakan sebuah upaya pendekatan, taktik, dan rencana strategis yang dilakukan pelaku usaha untuk mendekati konsumen dan melakukan penjualan serta menjaga loyalitas pelanggan. Hal ini bertujuan untuk meraih keuntungan.

Lalu strategi bagaimana yang ampuh dilakukan pelaku usaha untuk meraih tujuan mereka? Ada banyak jenis strategi yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan ini, ada yang berproses lambat dan cepat. Selain itu, juga sangat tergantung dengan jenis bisnisnya.

Strategi Bisnis Jitu untuk Usaha

Esensi sesungguhnya dari bisnis adalah mengenai bagaimana usaha Anda bergerak dari posisi saat ini ke apa yang dituju. Tentu saja, dengan nilai dan pedoman yang Anda yakini bisa dicapai kedepannya. Setelah memahami dengan baik konsep tersebut, Anda baru bisa menggunakan strategi-strategi bisnis berikut:

Strategi Akuisisi untuk Menikung Pasar Pemula

Salah satu strategi bisnis yang umum digunakan untuk mendapatkan posisi kuat di pasar yang berkembang adalah dengan melakukan akuisisi. Biasanya dilakukan untuk memasuki sebuah pasar dan memperkuat posisi. Misalnya, sebuah usaha yang dirintis secara offline mengakuisisi usaha lain yang sudah berada pada pasar online.

Akuisisi ini bisa dilakukan dengan jenis usaha sama atau serupa, penggabungan usaha dan aset akan bermanfaat bagi kedua belah pihak. Sehingga nantinya dapat mencapai tujuan bersama. Contoh mudahnya adalah Akuisisi Instagram dengan Facebook.

Melakukan Diferensiasi Produk

Strategi usaha usaha satu ini sangat cocok dilakukan oleh UMKM untuk mendongkrak daya jual. Cara menggunakannya adalah dengan mengembangkan ide dan kreativitas dalam menciptakan sebuah produk yang berbeda dari kompetitor.

Menjadi sebuah brand/produk yang berbeda akan memberikan Anda daya jual lebih dan nilai plus di mata konsumen. Selain itu, Anda dapat menjadi penguasa pasar dan membuat lawan kesulitan menjual produk mereka.

Menggunakan strategi ini bukan berarti Anda harus mengeluarkan biaya lebih besar, Anda hanya perlu merencanakan business model dengan saksama dan menerapkan pembeda yang belum ada pada produk lain. Contoh besarnya seperti Apple yang menawarkan produk berbeda, tapi sangat sukses di pasaran.

Gunakan Google Bisnisku

Google Bisnisku banyak digunakan pelaku usaha untuk mempromosikan bisnis mereka. Dengan cara ini, konsumen akan lebih mudah mencari informasi mengenai bisnis Anda dan kelebihan dari bisnis tersebut. Selain itu, juga akan mempermudah pelaku usaha untuk melakukan promosi dan diterima konsumen.

Misalnya, seseorang tengah mencari produk rumah tangga, lalu ia mencari toko yang menjual produk rumah tangga terdekat melalui Google Map. Karena Anda sudah ada dalam Google Bisnisku, maka secara otomatis Google Map akan merekomendasikan bisnis Anda.

Manfaatkan Media Sosial

Selain menggunakan Google Bisnisku, Anda juga dapat membangun citra di masyarakat melalui dunia maya, yaitu dengan cara membuat akun media sosial. Bisa manfaatkan Facebook, Twitter, WA, Instagram, LinkedIn, juga Youtube.

Saat ini promosi melalui media sosial lebih ampuh daripada promosi offline, karena kebanyakan orang hidup di dunia maya dan berinteraksi di sana. Bangunlah citra usaha Anda dengan membuat berbagai postingan yang berhubungan dengan usaha dan pastinya bersifat positif.

Pada hakikatnya, menggunakan strategi usaha harus disesuaikan dengan jenis usaha yang dijalankan. Selain itu, harus dilakukan dengan matang sehingga bisa memberikan hasil maksimal.


Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja