Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Masak Ayam Goreng Enak ala Restoran



CAHYOGYA.COM - Ayam goreng adalah menu makanan yang sulit untuk ditolak. Sebagian besar orang di Indonesia pasti sudah akrab dengan menu makanan satu ini. Sajian ayam goreng juga biasanya jadi andalan bagi ibu-ibu rumah tangga karena mudah dibuat dan bahannya mudah didapat. Resep masakan ayam ala restoran juga sangat mudah ditemukan sehingga hasil masakan ayam bisa jadi lebih enak.

Masak Ayam Goreng

Meskipun terlihat mudah untuk diolah, namun sebenarnya ayam goreng butuh teknik pengolahan yang tepat. Agar bisa menghasilkan menu ayam goreng enak dan empuk, maka ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Berikut adalah beberapa tips masak ayam goreng agar rasanya enak seperti di restoran:

Gunakan Ayam Segar yang Masih Muda

Enak atau tidaknya menu ayam goreng Anda akan sangat dipengaruhi oleh jenis daging ayam yang digunakan. Pilihlah daging ayam yang masih segar dan kalau bisa ayam yang masih muda. Jika memang harus menyimpan ayam di dalam freezer terlebih dahulu, maka masak ayam tersebut secepatnya. Jangan menyimpan daging ayam terlalu lama di pendingin karena bisa mengubah teksturnya.

Lakukan Marinasi

Kunci penting dalam mengolah ayam goreng adalah proses marinasinya harus tepat. Demi mendapatkan rasa ayam goreng yang enak maka bumbu harus benar-benar meresap sempurna ke dalam daging. Anda bisa menggunakan metode ungkep yaitu perebusan daging ayam dengan bumbu atau memakai teknik marinasi. Marinasi adalah perendaman daging ayam menggunakan campuran bumbu yang tepat.

Potong Daging Mengikuti Alur Serat

Dalam berbagai resep masakan ayam ala restoran, biasanya Anda akan disarankan untuk memotong daging mengikuti alur serat daging. Cara ini akan membantu daging bisa menjadi lebih empuk dan bumbu bisa masuk secara sempurna. Anda juga bisa memukul-mukul daging secara perlahan untuk membantu menyempurnakan proses memasak daging ayam agar lebih empuk.

Gunakan Api Besar

Pakailah api yang besar untuk menggoreng ayam. Api besar akan membantu daging ayam bisa matang secara sempurna dan menyeluruh. Anda bisa mengecilkan api setelah ayam masuk ke minyak selama beberapa menit. Api kecil ini bisa digunakan untuk memastikan bahwa bagian dalam daging ayam juga matang secara sempurna.

Jangan Goreng Terlalu Lama

Pastikan untuk tidak menggoreng ayam terlalu lama. Proses menggoreng yang terlalu lama bisa menyebabkan tekstur daging jadi alot atau keras. Lebih baik segera angkat ayam jika warnanya sudah keemasan. Apalagi untuk jenis ayam yang sudah melalui proses ungkep terlebih dahulu.

Terapkan tips-tips ini untuk menghasilkan menu masakan ayam goreng yang super lezat seperti di meritage restaurant. Gunakan panduan dari resep masakan ayam ala restoran untuk mendapatkan petunjuk akurat pengolahan menu ini. Pastikan Anda memilih bahan berkualitas agar rasa makanan yang dihasilkan juga lebih nikmat.



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja