Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Modal Terbatas tapi Ingin Bangun Rumah? Gunakan 5 Tips Ini!



CAHYOGYA.COM - Kebutuhan akan tempat tinggal di Indonesia kian meningkat dan harga properti yang makin tinggi, membuat banyak orang kesulitan memiliki rumah. Banyak juga yang sudah punya tanah justru tidak bisa membangun rumah karena biaya yang mahal. Jika Anda termasuk yang memiliki masalah ini, ada solusi hemat bangun rumah dengan menggunakan genteng metal dan rangka dari baja ringan.

Dengan menggunakan rangka baja ringan ini biaya dapat ditekan dan proses pembangunan juga akan semakin cepat. Apalagi jika Anda punya dana terbatas, harus memanfaatkannya dengan baik. Mau tahu beberapa triknya simak penjelasan berikut ini. Atap Rumah Modern BlueScope Zacs®, Genteng Metal

Atap Rumah Modern BlueScope Zacs®, Genteng Metal

Tips Bangun Rumah Minimalis

Membangun rumah dengan gaya modern menggunakan rangka atap minimalis dari baja ringan sudah banyak dijadikan pilihan masyarakat Indonesia. Sebab prosesnya juga sangat mudah dan cepat, selain bisa menghemat biaya. Bahkan dengan modal 20 juta Anda sudah bisa membangun hunian untuk keluarga kecil. Berikut 5 tips yang dapat dilakukan:

1.Sediakan Tanah dengan Luas Ideal

Membangun rumah modern tidak perlu tanah yang luas, bahkan dengan tanah seluas 6x10 meter saja sudah bisa membangun rumah minimalis. Sebab semakin luas rumah akan makin banyak material diperlukan. Sedangkan di sini budget terbatas sehingga harus membangun seminimal mungkin. Tanah yang dibeli untuk hunian harus memiliki akses jalan dan jika memungkinkan berada di pemukiman warga atau jaraknya tidak jauh dari pemukiman sehingga memudahkan akomodasi Anda, terutama untuk beraktivitas sehari-hari.

2.Bangun Rumah yang Minimalis

Atap Rumah Modern BlueScope Zacs®, Genteng Metal


Membangun rumah minimalis artinya tidak banyak menggunakan material, artinya dalam rumah tidak banyak sekat yang digunakan. Jika banyak sekat artinya banyak tembok pembatas dibangun dan membutuhkan banyak material.

Gunakan sekat hanya untuk ruangan pribadi seperti kamar tidur dan kamar mandi. Untuk ruangan lainnya bisa mengganti sekat permanen menggunakan sekat portable saja. Selain lebih murah dan bisa dipindahkan juga bagus sebagai penambah aksen dalam rumah.

3.Buat Desain Terlebih Dahulu

Untuk membangun rumah dengan biaya terbatas dan minimalis, Anda harus membuat desain terlebih dahulu. Buatlah desain yang detail mengenai ruangan-ruangan di dalam rumah nantinya, berikut rincian material dan volume yang dibutuhkan.

Setiap bangunan rumah, mulai dari pondasi, lantai, dinding hingga atap harus dibangun sesuai desain sehingga bisa meminimalkan dana yang dibutuhkan. Selain itu, buatlah detail perhitungan yang tepat dengan mengecek harga material terlebih dahulu. Siapkan juga anggaran cadangan agar dapat menghadapi situasi tak terelakkan.

4.Pilih Bahan Material dengan Tepat

Membuat rumah modern dengan konsep minimalis membutuhkan perhatian khusus terutama dalam pemilihan materialnya. Pastikan bahan-bahan yang dipilih sesuai peruntukannya dan tahan lama. Jangan asal murah saja, tapi pastikan kualitas terlebih dahulu, sebab rumah tersebut tidak hanya untuk ditinggali satu atau dua hari saja. Bisa konsultasikan dengan tukang untuk mendapatkan opini terbaik.

5.Pilih Tukang dengan Kinerja yang Bagus dan Profesional

Pemilihan tukang juga menjadi hal penting, karena akan berpengaruh pada hasil. Carilah tukang yang hasil kerjanya bagus dan dapat diajak bekerja sama. Cari Tukang berpengalaman dengan mudah di Cari Tukang Baja Ringan BlueScope Zacs®. Sebaiknya, tawarkan pekerjaan dalam sistem borongan, karena biasanya tukang akan bekerja lebih cepat dan efisien menggunakan cara ini.

Anda juga perlu turun ke lapangan untuk melihat langsung bagaimana hasil kerja tukang. Apabila ada bagian yang kurang bagus bisa dikonsultasikan lagi untuk dibuat perubahan sehingga hasilnya dapat sesuai dengan keinginan Anda.

Ingin mendapatkan rumah minimalis dengan biaya terbatas sangat mungkin dilakukan. Namun, harus ingat untuk menggunakan produk berkualitas terbaik seperti produk BlueScope Zacs®. Tersedia berbagai produk baja ringan mulai dari rangka baja ringan, genteng metal atau atap baja ringan, interior baja ringan, hingga kanopi baja ringan. Kualitas produk BlueScope Zacs® dapat dibuktikan dengan adanya project  yang telah berhasil diselesaikan oleh tim BlueScope Zacs®. Selain itu BlueScope Zacs® juga memberikan garansi resmi untuk perlindungan karat selama 10 tahun dan perlindungan warna selama 5 tahun.



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja