Betadine Obat Kumur Untuk Mengatasi Permasalahan Rongga Mulut



CAHYOGYA.COM -  
Tahukah kamu sekarang Betadine tidak hanya obat merah saja lho. Namun, Betadine juga mengeluarkan produk barunya yaitu Betadine obat kumur.

Obat kumur ini bisa digunakan untuk mengatasi permasalah pada mulut. Nah, Betadine mengklaim bahwa obat kumurnya dapat digunakan sebagai pencegahan infeksi pada gigi, untuk perawatan, serta kontrol.
Kemasan dari Betadine obat kumur ini ternyata cukup besar dan berwarna biru. Selain itu, cairan dari obat kumur ini berwarna oranye dan baunya benar-benar menyengat sekali. Untuk rasanya sendiri benar-benar seperti bau dari ruang dokter gigi.

Nah, sebelumnya saya telah memakai obat kumur ini dan ternyata sangat fungsional. Obat ini bisa dipakai untuk menyembuhkan luka pada gusi dan juga sariawan. 

Saat itu gusi belakang saya terasa sakit akibat gigi bungsu yang lagi tumbuh. Lalu, akhirnya saya mencoba Betadine obat kumur ini dan hasilnya langsung mendingan. Semanjur itu ternyata!

Bagaimana Bisa Semanjur Itu?

Nah, ternyata Betadine obat kumur ini memiliki kandungan povidone-iodine 1% yang sangat berguna untuk mengatasi permasalahan pada bagian rongga mulut. Seperti halnya dapat digunakan untuk meredakan gejala sakit tenggorokan, bau mulut, dan gusi bengkak.

Kandungan povidone-iodine merupakan bentuk kompleks dari iodine sendiri. Kandungan ini sering kali digunakan untuk menghilangkan bakteri dan kuman penyakit. Selain itu, zat ini juga digunakan sebagai obat luka untuk tubuh.

Lantas, Bagaimana Aturan Pakai Betadine Obat Kumur Ini?

Untuk aturan pakainya sendiri cukup mudah dilakukan kok. Nah, berikut adalah tata cara penggunaannya, yaitu:

  • Pertama, tuangkan sebanyak 10 ml Betadine obat kumur ke tutup botolnya.
  • Selanjutnya masukkan ke dalam mulut, lalu mendongaklah ke atas dan tahan di tenggorokan kamu.
  • Kemudian, keluarkanlah udara melalui mulut dan tahan selama 30 detik saja.
  • Jika sudah, buanglah cairan antiseptik ini dan jangan sampai ada yang tertelan ya.
Kamu bisa gunakan obat kumur ini ketika timbul gejala sariawan, gusi bengkak, sakit gigi, serta sakit tenggorokan. Nah, yang terpenting gunakan obat kumur ini sesuai dengan aturan pakai yang tercantum pada kemasannya. Atau, kamu juga bisa meminta resep dari dokter.

Perlu diketahui, jangan kamu gunakan Betadine obat kumur ini lebih dari 14 hari berturut-turut. Jika obat kumur ini diresepkan untuk mengatasi kondisi tertentu dan gejala tak kunjung hilang, maka hentikan penggunaannya. Selanjutnya, segeralah periksakan diri kamu ke dokter.

Bagaimana Penyimpan dari Obat Kumur Ini?

Betadine obat kumur ini paling baik disimpan di dalam ruangan yang jauh dari sinar matahari langsung. Selain itu, simpan ditempat yang lembab dan bersuhu ruang dibawah 25 derajat Celcius. Jangan pula untuk dibekukan. 

Jauhkan obat kumur ini dari jangkauan anak-anak. Letakkan di tempat yang tinggi agar tak mudah dijangkau anak. Bila telah melewati masa kedaluwarsa atau sudah tidak diperlukan lagi, segera buang obat ini. 

Berapa Dosis Betadine Obat Kumur Ini?


Untuk penggunaan orang dewasa, gunakan sebanyak 10 ml untuk satu kali berkumur. Kamu bisa gunakan untuk berkumur sebanyak 3-5 kali dalam satu hari.

Sedangkan untuk anak yang telah berusia di atas 6 tahun, obat ini dapat digunakan sebanyak 10 ml selama 30 detik. Obat juga dapat digunakan sebanyak 3-5 kali dalam sehari.

Reaksi Alergi

Meskipun kasusnya sangat jarang terjadi, ada kemungkinan dapat terjadi reaksi alergi akibat penggunaan Betadine obat kumur ini. Nah, berikut adalah gejala-gejala dari reaksi alergi yang dapat timbul akibat kandungan iodium dalam Betadine obat kumur:

  • Mual dan muntah
  • Sakit perut
  • Diare
  • Kesadaran turun
  • Pusing atau Sakit kepala
  • Timbul ruam
  • Sulit bernapas
  • Tekanan darah rendah
  • Palpitasi Jantung

Tentunya, tidak semua orang akan mengalami efek samping setelah menggunakan Betadine obat kumur. Selain itu, mungkin masih ada juga beberapa efek samping yang belum disebutkan seperti diatas.
Nah, apabila kamu memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu dari pemakaian obat kumur ini, konsultasikanlah pada dokter. Atau, kamu bisa konsultasikan ke apoteker saat kamu membelinya.

Amankah Betadine Obat Kumur untuk Ibu Hamil dan Menyusui?

Adanya kandungan povidone iodine yang terdapat di dalam obat kumur ini dapat dengan mudah masuk ke dalam plasenta dan ASI. Sehingga, bayi juga dapat terpapar obat kumur ini.

Walaupun belum ada bukti ilmiah yang menyatakan dampak negatifnya. Namun, obat ini tetap tidak dianjurkan untuk dipakai rutin pada ibu hamil maupun menyusui. 

Jangan lupa untuk selalu konsultasi terlebih dahulu pada dokter ataupun bidan sebelum menggunakan obat apapun. Terlebih jika sedang dalam kondisi hamil, menyusui, ataupun tengah merencanakan kehamilan dalam waktu dekat.

Nah, Betadine obat kumur ini tersedia dalam ukuran 100 ml, 150 ml, serta 250 ml per botolnya. Povidone-iodine yang terkandung di dalamnya adalah sebanyak 10 mg per mililiter. Untuk harganya mulai dari Rp28.000 rupiah. Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa mengunjungi website https://betadine.co.id/ 


Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja

Iklan atas artikel


iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah artikel