Inilah Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Demam



CAHYOGYA.COM - Menjaga asupan nutrisi kedalam tubuh merupakan salah satu upaya agar kesehatan tetap terjaga. Namun, bagaimana jika kondisi tubuh sedang sakit? Ketika sedang demam misalnya, apa saja makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk menjaga asupan gizi?

Demam merupakan salah satu kondisi gangguan kesehatan yang kerap kali dialami ketika tubuh sedang melawan infeksi. Ketika sedang menderita sakit demam, umumnya nafsu makan seseorang akan menurun secara drastis. Jadi, harus selektif dalam memilih jenis makanan yang dikonsumsi agar lebih enak dicerna serta tidak memperburuk kondisi.

Nah, di antara berbagai jenis makanan yang ada, berikut ini merupakan beberapa contoh makanan yang tidak boleh dikonsumsi ketika sedang menderita demam. Pasalnya, kandungan nutrisinya dinilai bisa memperburuk keadaan.

Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Demam

1.Gorengan

Gorengan atau jenis makanan yang mengandung banyak minyak merupakan salah satu pantangan yang harus dihindari ketika Anda menderita sakit demam. Bahkan, jika gorengan yang dimakan menggunakan bahan baku dari sayuran sekalipun.

Perlu diketahui, makanan yang mengandung minyak relatif sulit untuk dicerna oleh perut sehingga nutrisinya sulit terserap. Selain itu, jenis makanan ini juga bisa menjadi penyebab iritasi tenggorokan.

2.Minuman Berkarbonasi

Jenis makanan yang tidak boleh dimakan saat demam berikutnya adalah minuman bersoda. Selain karena kandungan kimianya yang tidak baik untuk tubuh, minuman berenergi juga kaya akan gula yang justru bisa memperburuk kondisi tubuh. 

3.Cokelat

Siapa sih yang tidak suka cokelat? Semua orang pasti suka coklat karena rasanya yang manis dan bisa meningkatkan mood. Kendati demikian, jangan sekali-kali Anda mengkonsumsi cokelat saat sedang sakit demam, karena kadar gula yang tinggi bisa meningkatkan produksi ragi yang memicu tumbuh kembangnya bakteri.

4.Daging

Daging memang mampu menjadi asupan protein tinggi, namun daging relatif sulit dicerna oleh perut sehingga suplai energi ke dalam tubuh menjadi terhambat.

5.Kopi dan Teh

Teh dan kopi terkenal memiliki kandungan kafein tinggi, dimana salah satu efeknya yakni mampu membuat tubuh tetap terjaga sepanjang malam. Hal ini tentu kurang bagus karena saat sedang sakit demam tubuh butuh istirahat untuk memulihkan tenaga.


Itulah beberapa contoh makanan yang tidak boleh di makan saat sedang sakit demam. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda.

Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja


Iklan atas artikel


iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah artikel