Yuk Kenali Berbagai Penyebab Mulut Terasa Pahit Berikut Ini



CAHYOGYA.COM - Sebagian besar orang pasti pernah mengalami gejala gangguan kesehatan ringan, contohnya seperti mulut terasa pahit. Kondisi seperti ini memang tidak begitu berbahaya bagi kesehatan tubuh, namun disisi lain justru memiliki pengaruh besar dalam hal penurunan nafsu makan.

Lantas, kira-kira apa saja sih faktor yang menjadi penyebab mulut terasa pahit? Jika hal ini terjadi, bagaimana tips untuk mengatasinya?

Nah, berikut ini merupakan beberapa faktor khusus yang sengaja sudah kami rangkum dari berbagai sumber jurnal kesehatan terkait penyebab mulut terasa pahit. Simak pembahasannya sampai selesai ya!

Berbagai Penyebab Mulut Terasa Pahit 

Penyebab mulut terasa pahit ternyata tidak hanya karena efek dari tubuh yang sedang sakit. Ada beberapa hal yang bisa menjadi pemicunya seperti berikut ini.

1.Gara-gara Hormon yang Tidak Seimbang

Hormon merupakan salah satu komponen tubuh yang sangat sensitif, alhasil jika hormon mengalami gangguan tertentu maka tubuh akan langsung merespon dengan menunjukkan berbagai tanda-tanda ketidaknormalan.

Kondisi hormon tidak seimbang sendiri relatif lebih sering dialami oleh kaum perempuan. Terutama bagi mereka yang sudah dewasa dan mengalami siklus menstruasi bulanan. Salah satu hormon yang cepat sekali berubah adalah estrogen, dimana untuk wanita yang sedang hamil biasanya mengalami mulut pahit atau tidak enak karena kondisi tersebut.

2.Kekurangan Zinc dan Vitamin B-12

Kondisi kekurangan Zinc dan Vitamin B-12 mungkin jarang disadari oleh sebagian besar orang. Padahal, salah satu tanda-tandanya bisa dirasakan ketika mulut kita tiba-tiba terasa pahit. Hal ini memang tidak selalu bisa menjadi patokan, karena masih ada faktor penyebab mulut terasa pahit lainnya yang patut untuk dicermati.

Terlepas dari itu, cara memenuhi asupan Zinc dan Vitamin B-12 sendiri cukup gampang. Pasalnya, Anda hanya perlu memperbanyak konsumsi buah dan sayuran segar serta menambahkan menu susu murni sebagai asupan sehari-hari. Sementara jika tidak ingin repot memasak dan menyiapkan bahan-bahan tersebut, Anda cukup membeli vitamin atau suplemen yang banyak tersedia di apotik atau toko kesehatan.

3.Akibat Gigi yang Kurang Bersih

Penyebab mulut terasa pahit berikutnya adalah kondisi kesehatan dan kebersihan gigi yang tidak terjaga dengan baik. Sudah bukan rahasia lagi jika kebersihan mulut menjadi salah satu aspek penting yang harus dicermati, pasalnya jika gigi tidak rutin dibersihkan maka akan tumbuh kuman dan bakteri jahat yang bisa mengganggu stabilitas rongga mulut.

Kondisi mulut yang tidak nyaman juga bisa dipicu karena terdapat gigi berlubang, infeksi, hingga masalah gigi lain yang biasa terjadi. Nah, sebelum hal ini Anda alami, maka sebaiknya mulai dari sekarang jangan malas lagi untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi. 

Cara membersihkan gigi dan mulut sendiri cukup mudah, yakni dengan rajin menyikat gigi setiap hari, mengurangi konsumsi permen, gula, atau makanan manis, serta meminimalisir jenis makanan yang masih panas atau terlalu dingin.

Kira-kira itulah tberbagai hal yang bisa menjadi penyebab mulut terasa pahit. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan agar dikemudian hari hal ini tidak terjadi kepada Anda. Semoga bermanfaat ya.


Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja


Iklan atas artikel


iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah artikel