Inilah 4 Penyebab Gigi Ngilu yang Sering Terjadi



CAHYOGYA.COM - Momen lebaran telah tiba, biasanya ada banyak sekali hidangan yang tersedia untuk dinikmati bersama kerabat dan keluarga. Mulai dari hidangan yang sifatnya manis, asin, hingga makanan dingin seperti es buah dan es krim. 

Terlepas dari beragam jenis makanan yang disajikan ketika lebaran, sayangnya ada beberapa orang yang sering mengeluh tidak bisa menikmati aneka hidangan tersebut. Pasalnya, ada beberapa jenis makanan yang bisa menjadi penyebab gigi ngilu.

Gangguan kesehatan seperti gigi ngilu sendiri selain menimbulkan rasa tidak nyaman ketika makan, juga terkadang bisa membuat susah tidur dan menjalankan aktivitas bekerja selama seharian. Nah, kira-kira apa saja sih penyebab gigi ngilu yang sering terjadi? Apakah kondisi tersebut masih bisa diobati atau sekadar di antisipasi agar tidak sering terjadi? 

Berikut ini sudah kami rangkum beberapa penyebab gigi ngilu yang bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi. Yuk langsung saja kita simak bersama-sama pembahasannya.

Penyebab Gigi Ngilu yang Sering Terjadi


1.Mengkonsumsi Makanan Tertentu

Tidak bisa dipungkiri lagi, jenis makanan tertentu merupakan penyebab masalah gigi ngilu yang sering terjadi. Mungkin Anda kurang menyadari hal ini, jadi selama ini tidak terlalu memilih makanan yang akan dikonsumsi.

Agar gigi ngilu tidak kambuh lagi, sebaiknya mulai dari sekarang Anda mulai memfilter jenis makanan yang ingin disantap. Adapun beberapa makanan yang berpotensi menjadi penyebab gigi ngilu di antaranya seperti es batu, buah-buahan yang rasanya asam, permen yang sangat manis dan lengket, makanan atau minuman yang masih panas, serta minuman yang mengandung bahan baku soda.

2.Adanya Penumpukan Plak

Penumpukan plak yang berlebihan pada gigi juga menjadi salah satu penyebab gigi ngilu. Pasalnya, hal ini membuat lapisan enamel gigi menjadi semakin tipis atau bahkan menghilang. Sebagai solusi untuk menghindari kondisi tersebut, Anda bisa melakukan perawatan gigi harian dengan mengunjungi dokter gigi minimal selama enam bulan.



3.Sering Kumur-kumur dengan Obat

Tahukah Anda? Beberapa produk obat kumur menggunakan bahan baku alkohol serta zat kimia lain yang mampu membuat gigi menjadi lebih sensitif terhadap rangsangan. Maka dari itu, jika Anda memiliki kebiasaan ini, sebaiknya mulai mengurangi intensitas tersebut dan jangan dilakukan setiap hari. 

Sebagai gantinya, Anda bisa membersihkan gigi dengan benang selain menyikat gigi setiap hari. Jika masih agak susah mengganti kebiasaan tersebut, mengganti obat kumur dengan jenis yang memiliki kandungan alkohol lebih rendah bisa juga digunakan sebagai salah satu solusi.

4.Ada gigi yang Patah

Rasa sakit yang ditimbulkan baik pada gigi maupun organ tubuh lain biasanya disebabkan karena adanya masalah, baik itu cidera atau gejala lainnya. Adanya gigi patah merupakan salah satu penyebab gigi ngilu yang sering dirasakan oleh mayoritas orang. Hal ini bisa terjadi secara tiba-tiba ketika sedang makan daging ketika santap lebaran, atau tidak sengaja menggigit makanan keras ketika makan karena sedang asik berbincang dengan kerabat ketika halal bihalal.

Nah, kira-kira itulah berbagai penyebab gigi ngilu yang sering terjadi. Jika saat ini Anda mengalami hal tersebut sebaiknya segera memeriksakan kesehatan mulut dan gigi ke dokter spesialis gigi agar segera mendapat penanganan khusus. 




Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja

Iklan atas artikel


iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah artikel