Mengenal Perbedaan Android TV dan Smart TV



CAHYOGYA.COM - Pernahkan kamu bertanya-tanya terkait perbedaan android TV dan smart TV? Seiring dengan perkembangan teknologi, perbedaan antara Android TV dan Smart TV semakin terasa dari segi fitur dan fungsi. Padahal, sekitar 10-15 tahun lalu kebanyakan orang masih menggunakan TV tabung yang ukurannya sangat besar untuk menikmati tayangan televisi.

Nah, untuk lebih mengenal perbedaan antara kedua jenis televisi tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan sama-sama membahas dari segi bentuk, fitur atau fungsi, hingga harga yang ditawarkan. Penasaran seperti apa pembahasannya? Langsung saja, mari kita simak bersama-sama.

Perbedaan Android TV dan Smart TV

Masyarakat awam yang belum paham seputar teknologi mungkin masih beranggapan bahwa Android TV dan Smart TV keduanya sama. Namun, jika menilik dari fungsi dan fiturnya, keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok.

Android TV

Android TV merupakan teknologi atau perangkat yang lahir sebagai generasi penerus dari Smart TV. Sejak pertama kali diperkenalkan oleh Google, Android TV hadir dengan membawa fitur layaknya sebuah smartphone yang memiliki sistem operasi didalamnya.

Perangkat ini pertama kali diperkenalkan Google pada tahun 2014 lalu dengan membawa dukungan fitur seperti Google Play Store, YouTube, hingga beragam aplikasi layanan streaming video on demand yang ada di pasaran.

Berkat adanya sejumlah fitur dan dukungan di atas, maka tidak heran jika saat ini Android TV semakin banyak diminati. Pasalnya, peran televisi sekarang sudah tidak seperti dulu lagi, dimana hanya sebagai perangkat untuk menonton tayangan dari broadcaster. Saat ini perangkat seperti Android TV sudah bisa terhubung dengan Google Assistant untuk membantu memudahkan pengguna mengatur sajian konten sesuai yang mereka inginkan.

Smart TV

Sesuai penamaannya, Smart TV merupakan sebuah perangkat televisi yang tidak hanya bisa digunakan untuk menonton tayangan dari stasiun TV, tetapi ada beragam fungsi lain yang membuat Smart TV berbeda dari Televisi konvensional pada umumnya.

Salah satu fasilitas yang membedakan antara Smart TV dan Televisi konvensional adalah ketersediaan aksesnya. Smart TV umumnya harus didukung dengan jaringan internet untuk bisa beroperasi dengan maksimal, sementara televisi konvensional tidak harus tersambung dengan internet.

Selain itu, melalui Smart TV kamu juga bisa menonton film melalui layanan video streaming on demand seperti netflix, disney plus, dan lain sebagainya. Adapun jika sedang sibuk dan tidak sempat menonton acara yang sedang ditayangkan, kamu juga bisa mengatur agar acara tersebut direkam untuk bisa ditonton ulang di waktu luang.

Itulah beda Android TV dan Smart TV yang perlu kamu ketahui. Secara umum, kita bisa membedakan antara Android TV dan Smart TV dari tiga faktor. Pertama yakni dari segi fisik, dimana Smart TV biasanya hadir dengan bentuk menawan, smenetara Android TV lebih mengutamakan sistem. Kemudian, dari segi sistem operasi dimana Smart TV biasanya memakai sistem berbasis Tizen, sementara Android TV menggunakan OS Android, dan yang terakhir adalah dari segi fitur diamana Android TV tentu jauh lebih unggul dari Smart TV.

Semoga bermanfaat.



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja


Iklan atas artikel


iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah artikel