Cara Membasmi Rayap Secara Alami



CAHYOGYA.COM - Rayap adalah hewan pengganggu yang sangat merugikan karena bisa membuat perabotan yang terbuat dari bahan kayu menjadi keropos dan rusak. Selain perabot berbahan kayu, rayap juga sering merusak buku, kabel listrik dan barang yang berada di ruangan lembab. 

Untuk membasmi rayap, kamu bisa menggunakan bahan kimia ataupun menggunakan bahan-bahan alami. Mengatasi rayap dengan bahan alami bisa dilakukan jika serangan rayap belum terlalu luas dan jumlahnya tidak terlalu banyak. Namun jika sudah parah kamu bisa menggunakan jasa pembasmi rayap. 

Cara Membasmi Rayap Secara Alami


1.Tembakau

Jika biasanya kamu mengenal tembakau untuk bahan pembuatan rokok kali ini kamu juga bisa memanfaatkan tembakau untuk bahan alami membunuh rayap. Caranya adalah dengan mencampur tembakau dengan air lalu didiamkan selama semalaman. Keesokan harinya rendaman tersebut bisa digunakan untuk menyemprot perabot atau bagian kayu yang diserang oleh rayap. 

2.Minyak Tanah

Minyak tanah bisa dijadikan obat untuk mengatasi rayap. Caranya pun sangatlah mudah, kamu tinggal memasukkan minyak tanah ke dalam wadah lalu menyemprotkan minyak tanah tersebut ke sarang rayap. Untuk hasil yang lebih maksimal kamu bisa mencampurkan minyak tanah dengan minyak serai. 

3.Garam Dapur

Garam dapur adalah bumbu yang pasti ada di setiap dapur rumah. Selain bisa membuat masakan menjadi lebih lezat, garam juga bisa kamu manfaatkan untuk mengusir rayap yaitu dengan menaburkannya ke atas sarang. 

Memang garam dapur kurang efektif untuk membasmi rayap namun kamu bisa mencampurkan garam dengan tembakau dan air lalu mendiamkannya semalaman. Baru setelah itu bisa digunakan untuk menyemprot tempat yang terkena rayap. 

4.Air Cucian Beras

Saat kamu hendak memasak nasi jangan buang air cucian beras karena bisa dimanfaatkan untuk membasmi rayap. Caranya adalah menampung air cucian beras setiap kali hendak memasak nasi lalu setelah terkumpul air tersebut bisa digunakan untuk menyiram dan menyemprot bagian rumah yang terkena serangan rayap. 

5.Daun Salam dan Kemangi

Daun salam dan kemangi adalah bumbu dapur yang memiliki aroma khas. Hal ini sangat menguntungkan untuk kamu yang ingin membasmi rayap secara alami karena dengan meletakkan daun salam atau kemangi ke area yang diserang rayap maka secara perlahan rayap-rayap tersebut akan pergi. Mengusir rayap menggunakan kedua bahan alami Ini bisa juga digunakan untuk lemari pakaian karena daun salam dan daun kemangi tidak akan membuat pakaian menjadi bau. 

6.Menurunkan Suhu Ruangan

Rayap memang terkenal sebagai hama yang menyukai tempat lembab akan tetapi kondisi suhu yang terlalu ekstrim secara perlahan bisa membunuh dan mengusir rayap. Caranya adalah kamu bisa menyalakan AC ke suhu yang paling rendah agar ruangan menjadi sangat dingin karena kondisi ini sangat tidak disukai rayap. 

7.Air Sabun

Hama rayap sangat sensitif pada sabun sehingga kamu bisa memanfaatkan cairan sabun untuk membasmi rayap. Hal ini disebabkan karena ketika air sabun mengenai tubuh rayap maka rayap tidak bisa mendapat pasokan oksigen. Kamu bisa mencampurkan sabun dengan air lalu menggunakan cairan tersebut untuk menyemprot tempat-tempat yang dihinggapi rayap. 

8.Minyak Jeruk

Menurut sebuah penelitian, minyak jeruk mengandung bahan d-limonene yang bersifat racun pada serangga sehingga bisa digunakan untuk membasmi rayap. Cara membasmi rayap dengan minyak jeruk adalah mencari sarang rayap lalu setelah sarangnya ditemukan cari bagian lubang yang menjadi tempat keluar masuk rayap. Suntikan minyak jeruk ke dalam lubang tersebut. Secara perlahan terhadap rayap akan mati. 

Itulah cara membasmi rayap secara alami yang perlu diketahui. Jika masih kesulitan, kamu bisa menggunakan Jasa Anti Rayap yang saat ini sudah bisa didapatkan di sekitar lingkungan tempat tinggal.


Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja

Iklan atas artikel


iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah artikel