5 Kiat Sukses Bisnis Fashion di Era Digital



CAHYOGYA.COM - Bisnis di bidang fashion adalah jenis bisnis yang bisa digeluti oleh siapa saja baik itu mahasiswa, ibu rumah tangga ataupun pekerja kantoran yang ingin mendapatkan tambahan penghasilan karena jangkauan pasarnya sangat luas mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua. Namun yang perlu kamu ketahui adalah bisnis ini menuntut para pelakunya untuk bisa mengikuti perkembangan zaman, inovatif dan kreatif. 

Bisnis fashion sangat berkaitan erat dengan mode, kualitas, harga, trend serta gaya hidup seseorang sehingga siapapun yang ingin terjun ke bisnis fashion harus memiliki integritas. Berikut ini adalah kiat sukses bisnis fashion untuk kamu yang ingin memulai usaha di bidang pakaian. 

7 Kiat Sukses Bisnis Fashion


1.Melakukan Riset Pasar

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk terjun ke bisnis fashion adalah melakukan riset produk dan target pasar. Cara melakukannya bisa melalui survei ataupun pengamatan terhadap produk apa saja yang laku keras di pasaran. Hal tersebut bisa kamu dapatkan dari Google Trends, media sosial ataupun melakukan survei online di media sosial. 

2.Mengenali Target Pasar

Jangan lupa juga kenali target pasar atau siapa saja yang akan menjadi market bisnis kamu apakah pakaian yang akan kamu jual diperuntukkan bagi anak-anak, remaja remaja atau dewasa. Dengan memiliki target pasar kamu bisa dengan mudah menyusun strategi pemasaran produk yang tepat. Biasanya target pasar adalah orang dengan kesamaan atau karakteristik tertentu bisa dari segi demografi, kebiasaan ataupun lainnya. 

Untuk memulainya kamu bisa melihat kompetitor lalu analisis seperti apa kira-kira target pembelinya. Selanjutnya kamu bisa mencari celah dari produk tersebut dan menciptakan produk dengan nilai lebih unggul dibanding kompetitor. 

3.Konsep Desain yang Menarik

Jika kamu ingin memulai bisnis pakaian dengan brand sendiri maka harus menyusun konsep desain yang menarik agar memiliki ciri khas dan menjadi pembeda dengan brand kompetitor. Tentu ada banyak sekali brand pakaian di luaran dan kamu harus bisa memikirkan apa yang bisa menjadi daya tarik dari produk fashion yang kamu jual. 

Dalam hal ini kamu harus memiliki kreativitas yang tinggi agar tercipta produk fashion baru yang unik dan menarik. Jika kamu berhasil menciptakan produk fashion yang sesuai keinginan target pasar maka tidak menutup kemungkinan kamu akan mendapat konsumen yang loyal dan fanatik. 

4.Mencari Pemasok yang Bisa Diandalkan

Tidak cukup hanya desain yang menarik saja tapi kamu juga harus mencari pemasok yang bisa diandalkan. Bangun kerjasama dengan pemasok yang mampu menjaga kualitas hasil produksi dan bisa memenuhi target waktu yang diberikan. 

Jika perlu buat perjanjian di awal agar pemasok bisa menjamin bahwa produk fashion yang diproduksi bisa selesai dalam jangka waktu yang telah ditetapkan. 
Jika produk fashion yang ingin kamu jual merupakan barang jadi maka pilih supplier yang bisa menyesuaikan anggaran dengan budget yang kamu miliki. Jangan lupa juga jalin kerjasama dengan supplier yang bisa konsisten menjaga kualitas produk. 

5.Strategi Marketing

Strategi marketing tidak kalah penting dengan kualitas produk fashion yang akan dipasarkan. Kamu harus memiliki strategi jangka pendek maupun strategi jangka panjang untuk membidik calon konsumen. 
Sebenarnya hal ini tidak terlalu sulit untuk zaman yang serba digital seperti saat ini karena kamu bisa menyusun strategi marketing di platform media sosial dan memanfaatkan influencer. Memasarkan bisnis fashion secara online merupakan cara terbaik agar bisnis fashion yang kamu geluti memiliki banyak pelanggan. 


Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja

Iklan atas artikel


iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah artikel