Tips Memelihara Anjing Ras di Lingkungan Perumahan



CAHYOGYA.COM - Anjing adalah hewan peliharaan yang sangat populer karena memiliki sifat yang penurut, setia dan cerdas. Bahkan beberapa ras anjing tertentu bisa dijadikan hewan penjaga dari tindak kejahatan. Anjing ras memiliki memori yang baik dalam mengenali wajah manusia sehingga ia bisa sangat setia terhadap manusia yang sudah merawatnya. 

Supaya anjing merasa nyaman, sehat dan terhindar dari penyakit kamu harus merawatnya dengan baik. Hal ini disebabkan karena anjing yang kurang terawat tidak menutup kemungkinan bisa menularkan penyakit pada manusia di sekitarnya. Untuk pemula yang ingin memelihara anjing, berikut ini adalah cara merawatnya. 

Tips Memelihara Anjing Ras


1.Memberi Kandang yang Nyaman dan Bersih
Hal pertama yang harus kamu lakukan saat akan memelihara anjing adalah menyediakan kandang yang nyaman dan bersih. Kandang bisa dibuat dari kotak yang diberi alas berbahan lembut supaya anjing tidak kedinginan. Jangan lupa juga bersihkan kandang secara rutin agar anjing bisa beristirahat dengan nyaman.

2.Memberi Makanan Bergizi
Supaya anjing bisa tumbuh dengan baik dan terjaga kesehatannya kamu harus memberi makanan yang bergizi. Agar tidak mengganggu sistem pencernaan, makanan anjing sebaiknya memiliki tekstur yang lunak karena mudah dicerna. 

Hindari memberi makan yang terlalu banyak mengandung zat kimia seperti bahan pengawet ataupun zat yang memiliki sifat racun terhadap pencernaan anjing seperti anggur, coklat, bagian tengah apel dan bawang. 

Untuk intensitas pemberian makan bisa disesuaikan dengan usianya yaitu anjing usia 8 sampai 12 minggu bisa diberi makan sebanyak 4 kali sehari dan anjing berusia 3 sampai 6 bulan bisa diberi makan 3 kali sehari. Sedangkan anjing yang berusia 6 sampai 12 bulan bisa diberi makan sebanyak 2 kali dalam sehari. 

3.Mengajak Anjing Berolahraga
Melakukan aktivitas fisik bisa membuat anjing lebih sehat karena hal tersebut bisa membantu tubuh anjing membakar kalori, menghindari rasa bosan dan menstimulasi otaknya. 

Kamu bisa mengajak anjing berolahraga dengan cara jalan-jalan atau bermain lempar tangkap agar kemampuan berlarinya bisa terasah. Tentu saja kebutuhan latihan fisik sangat bervariasi tergantung dari usia, ras dan juga jenis kelamin anjing itu sendiri. 

4.Memandikan Minimal 2 Kali Sebulan
Agar anjing tidak terkena penyakit kulit dan tetap terjaga kebersihannya kamu harus memandikan anjing minimal dua kali dalam sebulan atau saat dirasa anjing tampak kotor dan berbau tidak sedap kamu bisa langsung memandikannya. Sebaiknya mandikan anjing menggunakan air hangat dan sampo khusus yang tersedia di pet shop maupun supermarket. Saat memandikan anjing jangan lewatkan untuk membersihkan bagian mulut anjing karena hewan yang satu ini rawan sekali terhadap penyakit gusi.

5.Menyikat Bulu
Selain memandikan anjing secara rutin, kamu juga harus rutin menyikat bulu-bulunya agar tidak ada kutu yang bersarang dan untuk menghindari kerontokan bulu. Jika kamu menemukan ada kutu sebaiknya segera diatasi menggunakan pembasmi khusus kutu anjing ataupun dibawa ke dokter hewan agar mendapatkan perawatan yang tepat. 

Pemeriksaan Rutin ke Dokter Hewan

Agar kesehatan Anjing Ras selalu terjaga, kamu harus melakukan pemeriksaan rutin ke dokter hewan. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi sedini mungkin masalah kesehatan yang mungkin dialami oleh anjing peliharaan. 

Biasanya pemeriksaan rutin bisa dilakukan setiap 6 bulan maupun setahun sekali. Di samping melakukan pemeriksaan rutin jangan lupa juga untuk memberikan vaksin tertentu untuk melindungi mereka dari penyakit seperti vaksin distemper, leptospirosis, rabies maupun lyme agar anjing tetap sehat dan terawat. 

Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja

Iklan atas artikel


iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah artikel