Kelebihan dan Kekurangan Pembayaran Secara Online



CAHYOGYA.COM - Pembayaran online biasa terjadi dalam aktivitas jual beli online. Pembayaran online ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Seperti yang kita ketahui segala sesuatu memiliki dua sisi yang berbeda. Ada sisi baik dan sisi buruk.

Anda semua pasti tahu apa itu belanja online dan bagaimana cara bertransaksi secara online. Pasalnya, kegiatan ini sudah populer di Indonesia.

Seperti halnya sistem pembayaran online, Anda harus selalu mengontrol cara Anda membayar online. Ini untuk menghindari pengeluaran terlalu banyak uang untuk transaksi belanja online. Jangan sampai kita terlalu sibuk berbelanja online dan tidak mengontrol pengeluaran.

Keuntungan pembayaran online 

Sistem transaksi online memiliki banyak kelebihan salah satunya adalah Anda tidak perlu khawatir untuk pergi ke ATM guna mentransfer uang. Plus Anda hanya perlu mendaftarkan kartu kredit Anda sekali di situs belanja yang sering Anda kunjungi. Penjual juga dapat menagih bank penerbit kartu Anda setiap kali Anda melakukan pembelian untuk memfasilitasi transaksi.

Selain itu nominal penyelesaian transaksi online bisa dibilang lebih fleksibel dibandingkan menggunakan virtual account atau uang elektronik. Satu-satunya batasan untuk pembelian barang adalah batas kartu kredit. Selain itu kartu kredit yang diterbitkan oleh bank-bank Indonesia kini diterima di merchant manapun di seluruh dunia.

Bertransaksi menggunakan sistem transaksi online tentunya lebih efisien dari segi kenyamanan dan waktu. Sistem ini jelas efektif jika dibandingkan dengan pembayaran manual atau tatap muka antara penjual dan pembeli. Saat ini juga telah tersedia alat pembayaran online seperti Payment Link yang disediakan oleh perusahaan payment aggregator sebagai salah satu cara untuk membantu Indonesia bertransaksi secara online.

Dengan alat pembayaran online Anda dapat dengan mudah membayar tagihan listrik, air, atau lainnya tanpa perlu repot ke konter. Apalagi pembayaran bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Ketika Anda berbelanja online Anda harus melakukan banyak hal seperti transfer bank. Namun dengan pesatnya perkembangan teknologi modern sekarang ada alat pembayaran online yang lebih nyaman. Layanan ini merupakan salah satu transaksi online berbasis email yang memudahkan Anda dalam melakukan transaksi online.

Kekurangan Pembayaran Online 

Setelah kita mengetahui kelebihan pembayaran online kita juga harus mengetahui apa saja kerugian dari pembayaran online. Sebenarnya tidak banyak karena salah satu kelemahan yang perlu diperhatikan adalah rentannya penipuan dalam transaksi online.

Dengan transaksi online otomatis penjual dan pembeli tidak bertatap muka dan jual beli dapat dilakukan secara online. Di sinilah penipuan bisa terjadi. Oleh karena itu Anda perlu membangun kepercayaan antara pembeli dan penjual agar transaksi online berjalan lancar.

Selain itu Anda hanya perlu memilih instrumen kredit untuk transaksi pembayaran online. Oleh karena itu kemungkinan penipuan lebih kecil. Setelah Anda mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari perdagangan online. Anda dapat memilih untuk menggunakan pembayaran online atau manual.

Namun jika kita melihat keuntungan dari pembayaran online, hal ini sebenarnya lebih besar daripada kerugiannya. Yang penting kita harus berhati-hati dan saling percaya untuk meminimalkan potensi risiko yang tidak perlu.



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja

Iklan atas artikel