Tutorial Cara Membuat Website dari Awal untuk Pemula




CAHYOGYA.COM - Di era digital seperti sekarang, hampir semua bisnis membutuhkan website sebagai media promosi, branding, hingga kebutuhan transaksi. Kehadiran website menjadi sangat penting karena selain bisa menunjang berbagai aktivitas seperti di atas, website juga bisa membantu menarik calon pelanggan agar lebih yakin terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Nah, jika Anda merupakan seorang pebisnis konvensional yang berencana untuk membuat website sebagai aset digital, pada artikel kali ini sudah kami rangkum beberapa tips sebelum membuat website. Selain itu, di bagian akhir, kami juga akan memberikan tutorial cara membuat website dari awal yang bisa dilakukan oleh pemula sekalipun.

Penasaran seperti apa pembahasannya? Yuk langsung saja simak di bawah ini.

Tips Sebelum Membuat Website Bisnis


Apa saja sih hal-hal yang perlu disiapkan sebelum membuat website? Inilah penjelasannya.

1.Siapkan Nama Domain dan Hosting 
Sebuah website memerlukan nama domain dan paket web hosting agar bisa diakses secara online via internet. Maka dari itu, sangat penting untuk menentukan nama domain dan memilih provider web hosting yang ingin Anda gunakan.

Nama domain sendiri bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, misalnya jika bisnis Anda menargetkan calon pelanggan dari Indonesia, pilihan nama domain yang cocok bisa menggunakan TLD .id dan .com, atau jika ingin tampak lebih resmi bisa memilih domain co.id.

Adapun untuk spesifikasi paket hosting, hal ini sebaiknya diperkirakan berdasarkan kebutuhan file serta traffic yang nantinya akan didapatkan. Namun, untuk tahap awal, layanan hosting murah dengan fitur shared hosting masih relatif memadai karena website belum banyak dikenal orang.

2.Pilih Template yang Responsif dan Kekinian
Tampilan menjadi aspek berikutnya yang perlu disiapkan sebelum membuat website. Terutama untuk website bisnis yang sebagian konsumennya merupakan generasi milenial dan generasi Z yang sangat memperdulikan penampilan.

Pastikan juga bahwa website Anda memiliki fitur responsif ketika diakses dari berbagai device. Selain akan meningkatkan pengalaman pengguna atau user experience, hal ini juga bisa membantu meningkatkan ranking website di search engine, loh! Sangat menarik, bukan?

3.Optimalkan Pengaturan SEO Onpage Website
Beberapa pemilik website mungkin masih jarang yang menerapkan strategi ini, pasalnya SEO merupakan metode yang butuh waktu serta ketekunan agar bisa berjalan secara optimal. Maka dari itu, tidak heran jika saat ini banyak orang yang butuh Pakar SEO untuk membantu mengoptimalkan website bisnis secara keseluruhan. 

Terlepas dari itu, jika Anda tertarik untuk menjalankan strategi SEO sendiri, tahap awalnya bisa dimulai dari mendaftarkan blog ke Google Search Console, melakukan audit website dengan PageSpeed Insight, serta membuat konten berkualitas.

Cara Membuat Website dari Nol Tanpa Coding


Berkat perkembangan teknologi, untuk membuat website modern dan profesional saat ini bisa dilakukan tanpa perlu kemampuan coding. Ya, Anda bisa membuat website dengan mudah menggunakan CMS atau Content Management System seperti WordPress. Berikut tahapannya.

1.Siapkan Hosting dan Nama Domain yang Sudah Dibeli
2.Instal WordPress melalui control panel hosting
3.Lakukan pengaturan template yang sudah disiapkan.
4.Instal plugin sesuai kebutuhan
5.Daftarkan website dan sitemap ke Google Search Console
6.Pasang kode Google Analytics
7.Isi konten website Anda dengan produk / jasa yang ingin dipasarkan
8.Selesai.

Itulah beberapa tahapan yang bisa Anda jadikan sebagai gambaran jika ingin membuat website dari nol. Bagaimana, sangat mudah bukan? Selamat mencoba!

Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja

Iklan atas artikel