Keunggulan Domba Texel yang Perlu Kamu Ketahui



CAHYOGYA.COM - Domba adalah jenis mamalia yang termasuk dalam ordo Artiodactyla. Domba wol tebal dapat digunakan sebagai ternak. Domba yang didomestikasi biasanya dipelihara untuk diambil kulit, daging, dan wolnya.

Saat ini pemeliharaan kambing dan domba bukanlah hal baru bagi masyarakat khususnya di kalangan peternak. Banyak petani memelihara kambing dan domba sebagai usaha sampingan.

Selain itu, peternakan juga dapat difungsikan sebagai tabungan bagi para petani di pedesaan jika ada kebutuhan yang mendesak. Sehingga bisnis peternakan ini mudah dikelola namun memiliki prospek yang bagus kedepannya.

Peternakan kambing dan domba ternyata memainkan peran yang sangat penting dalam menggerakkan perekonomian Indonesia dan dikatakan bahwa nilai peternakan kambing dan domba setinggi produk hewani lainnya.

Selain sebagai penghasil daging kambing dan domba juga dapat menghasilkan susu dalam jumlah besar yang bernilai ekonomis tinggi.

Jika Anda ingin memulai bisnis peternakan kambing atau domba di Indonesia ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis kambing dan domba yang ada di Indonesia. Salah satunya yakni Domba Texel yang banyak dikembangkan di daerah Dieng, Wonosobo, dan sekitarnya.

Informasi ini sangat penting karena jumlah kambing dan domba di Indonesia semakin bertambah dan spesiesnya semakin beragam: ada yang berasal dari luar negeri dan ada pula yang melakukan percobaan kawin silang dengan spesies asli yang berasal dari Indonesia.

Namun, pada artikel kali ini kita hanya akan membahas soal Domba Texel, mulai dari asal usul serta keunggulannya.

Kelebihan Domba Texel yang Perlu Anda Ketahui


Dari nama Texel kita tahu bahwa nama yang diberikan sesuai dengan daerah asalnya yaitu pulau Texel di Belanda yang terletak di provinsi Noord-Holland. Nama lain untuk Domba Texel termasuk Texeler, Texels, dan Verbatart.

Domba Texel punya fokus utama pada produksi daging rendah lemak dengan fokus sekunder pada produksi kain wol berkualitas. Inilah beberapa kelebihannya

1.Pertumbuhan domba yang cepat 

Tingkat pertumbuhan domba Texel bervariasi menurut umur jenis kelamin dan kondisi. Rata-rata domba Dombos atau Texel bisa mendapatkan 250 hingga 540 gram per hari. Jangan lupa, selalu pastikan kebutuhan nutrisi domba terpenuhi sepenuhnya sehingga mereka dapat tumbuh dengan baik.

2.Daya tahan yang kuat 

Domba jenis Texel telah beradaptasi dengan baik dengan iklim Indonesia sejak tahun 1950-an. Alhasil domba jenis ini menjadi lebih tahan penyakit dan mudah dirawat. Sangat ideal untuk mereka yang ingin memelihara domba dan membutuhkan indukan domba berkualitas tinggi untuk dijual ulang.

3.Produksi daging tanpa lemak 

Kambing ini terkenal dengan dagingnya. Texel menghasilkan daging tanpa lemak atau rendah lemak. Lehernya sudah penuh otot dan tebal. Ini juga akan mengentalkan daging di bagian perut dada dan bagian belakang kaki (paha).

4.Punya Karakter Tubuh yang Kekar

Tubuh Texel yang kekar dan kekar tak menghalanginya untuk bergerak. Texels yang sehat biasanya dipelihara aktif di kandang peternakan atau dilepaskan ke alam liar. 

Secara umum domba pedaging harus bertubuh tinggi dan memiliki postur tubuh yang lebar. Texel memiliki postur tubuh yang baik tanpa memandang jenis kelamin. Domba Texel adalah domba nasional Belanda yang sudah populer di seluruh dunia.

Itulah beberapa kelebihan domba texel yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan ketika memilih jenis domba lokal untuk peternakan skala kecil maupun besar. Semoga ulasan singkat di atas bermanfaat untuk Anda. Salam peternak Indonesia!


Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja

Iklan atas artikel