Mengenal Apa Itu BscScan Lengkap dengan Fungsinya



CAHYOGYA.COM - Di era serba digital seperti sekarang ini banyak teknologi baru yang hadir di tengah kehidupan sehari-hari. Bahkan, beberapa ada yang benar-benar baru atau tidak pernah terpikirkan untuk digunakan oleh orang awam. 

Nah, salah satu contoh teknologi baru yang sangat menarik dan masih belum banyak dikembangkan adalah Blockchain dan cryptocurrency. Kedua teknologi yang saling berkaitan antara satu dengan lainnya tersebut memang terkesan sangat rumit dan membingungkan bagi sebagian besar orang. 

Wajar memang, karena beberapa dekade sebelumnya transaksi cashless via e-wallet, serta pengadaan smart contract aset digital tidak pernah terbayangkan. Jika kamu tertarik, bisa daftar di Pintu untuk mulai transaksi dengan cryptocurrency.

Di tengah euforia pengembangan cryptocurrency dan blockchain, kini ada satu lagi infrastruktur baru yang wajib dipelajari oleh para pegiat crypto. Teknologi tersebut tidak lain adalah BscScan. Lantas, apa itu BscScan? 

Mengenal Apa Itu BCS (Binance Smart Chain)


Bsc merupakan singkatan dari Binance Smart Chain, sebuah teknologi jaringan blockchain yang dibangun secara terstruktur oleh Binance guna menjalankan berbagai aplikasi di atas fitur smart contract. 

Secara umum, kelahiran Binance Smart Chain menjadi pondasi yang bisa mendukung agar para developer nantinya bisa membangun decentralized application atau sebuah aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk mengelola aset digital seperti NFT dan crypto, dengan kapasitas besar serta latensi yang relatif rendah.

Pengertian Binance Smart Chain Scan (BscScan)


Nah, setelah kamu mengenal dan mempelajari terkait apa itu BCS (Binance Smart Chain), kini saatnya untuk mengenal apa itu BscScan, yang notabene merupakan teknologi turunan dari Binance Smart Chain itu sendiri.

BscScan adalah sebuah teknologi blockchain explorer serta platform analisis yang bisa kamu gunakan untuk membaca data di Binance Smart Chain. Jika kamu merupakan pegiat cryptocurrency dan mengikuti perkembangannya, maka tentu kamu pernah mendengar terkait Etherscan, bukan?

Nah, BscScan ini sejatinya masih satu dapur dengan Etherscan karena team yang mengembangkannya masih sama dengan pihak pengembang Etherscan, sebuah blockchain explorer yang bisa kamu gunakan untuk melakukan analisa data yang terjadi di jaringan Ethereum.

Berikut ini merupakan beberapa fungsi BscScan yang perlu kamu ketahui, terutama jika di masa depan kamu tertarik untuk terjun dan menggeluti dunia cryptocurrency.

1.BscScan bisa membantu kamu dalam memeriksa perkembangan serta mencari transaksi tertentu yang sedang berlangsung.

2.Jika kamu ingin mengawasi proyek DeFi yang di kembangkan pada jaringan BCS, kamu bisa mengatasinya secara langsung via BscScan.

3.Kamu bisa melihat blok terbaru yang berhasil ditambahkan ke blockchain

4.Memeriksa saldo di wallet serta melihat setiap transaksi yang telah dilakukan oleh pengguna tertentu.

5.Membaca, mencari, serta bisa berinteraksi dengan smart contract di blockchain

6.Melakukan pemeriksaan jumlah persediaan cryptocurrency serta token lainnya

BscScan adalah salah satu blockchain explorer yang punya reputasi bagus. Terlebih ketika menilik dari team pengembang yang ada di dalamnya. 

Kiranya itulah beberapa poin terkait apa itu BscScan yang perlu kamu ketahui. Sebagai catatan, jika kamu ingin mengenal lebih lanjut tentang teknologi ini, sebaiknya kamu langsung praktek dengan mendaftar ke akun Binance agar bisa merasakan pengalaman langsung. 

Adapun jika kamu merasa informasi yang didapatkan masih kurang, di luar sana ada banyak referensi lain yang membahas soal BscScan dan fungsi-fungsinya. Jadi, kamu tidak perlu khawatir bakal ketinggalan informasi terkait teknologi yang satu ini.

Semoga bermanfaat.


Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja

Iklan atas artikel