Beberapa Penyebab Hidung Mampet Ketika Tidak Pilek



CAHYOGYA.COM - Pernahkah Anda mengalami hidung tersumbat tetapi tidak pilek? Ini jelas merupakan situasi yang membuat Anda bertanya-tanya apa yang terjadi di tubuh Anda. Apakah itu alergi yang berulang atau adakah kondisi lain yang tidak Anda ketahui? 

Jangan khawatir artikel ini akan mencoba mencari tahu penyebab kondisi dimana hidung terasa mampet padahal kondisi sedang tidak pilek. Baca lebih lanjut di bawah ini ya!

Penyebab Hidung Mampet


Ada beragam kondisi yang bisa menyebabkan hidung mampet atau tersumbat sebelah. Mulai dari adanya gangguan infeksi, terjadinya masalah pada struktur hidung, rhintis, dan beberapa penyakit lainnya.

1. Ada Masalah pada struktur hidung
Jika Anda tidak sedang mengalami flu atau pilek, tapi hidung terasa tersumbat sebelah atau keduanya. Maka ada kemungkinan Anda mengalami gangguan pada struktur hidung. 

Permasalahan ini lumrah terjadi, terutama pada orang-orang dengan profesi tertentu yang bisa menyebabkan terjadinya gangguan pada anatomi hidung. 

Selain karena cedera, gangguan struktur hidung biasanya juga terjadi karena memang sudah ada sejak dari lahir. Adanya struktur tulang yang tidak biasa tersebut dalam satu kondisi bisa semakin membesar akibat terjadi peradangan.

Jika sudah demikian, salah satu efek samping yang akan Anda alami adalah susah bernafas melalui hidung secara normal atau gampangnya terasa mampet.

Untuk mengatasi hal ini, Anda tentunya harus melakukan konsultasi ke dokter terkait guna mendapatkan informasi pasti terkait tindakan maupun pencegahan agar kondisi seperti ini tidak terjadi di kemudian hari.

2.Adanya Infeksi
Sebagai anggota tubuh yang punya peran vital, hidung setiap hari menghirup berbagai macam zat, virus, maupun bakteri yang kemudian disaring agar tidak membahayakan tubuh. Dampaknya, bagian hidung tentu saja menjadi lokasi pertama jika Anda terpapar sebuah virus atau bakteri tertentu yang berbahaya.

Salah satu pertanda jika bagian hidung maupun tenggorokan terkena virus dan bakteri berbahaya adalah terjadinya infeksi. Ketika terjadi infeksi, secara otomatis organ di bagian hidung dan tenggorokan akan mengaktifkan hormon yang memicu produksi lendir atau ingus secara berlebihan.

Jika hal ini terjadi, maka tidak menutup kemungkinan Anda akan merasa sulit bernafas secara normal karena ada sumbatan lendir di dalam hidung untuk memerangi infeksi yang terjadi.

3.Rinitis 
Apa itu rinitis? Secara umum, rinitis merupakan sebuah kondisi ketika lapisan lendir di dalam organ hidung mulai membengkak atau iritasi. Kondisi ini bisa dipicu oleh dua faktor, yakni alergi dan non-alergi.

Rinitis alergi bisa disebabkan ketika Anda mencium serbuk sari bunga, debu, atau hewan peliharaan yang berbulu. 

Sementara rinitis non-alergi bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari perubahan suhu yang terlalu drastis, bau yang menyengat, konsumsi obat atau makanan tertentu, hingga perubahan kadar hormon di dalam tubuh yang terjadi secara signifikan.

4.Mengalami Sinusitis
Penyakit gangguan pada sinus atau biasa juga disebut sebagai sinusitis adalah kondisi yang relatif sering terjadi. Sebagai informasi, kondisi gangguan kesehatan ini bisa terjadi akibat organ sinus yang ada di dalam rongga hidung mengalami infeksi dan mendorong hormon untuk memproduksi ingus secara berlebihan.

Sayangnya lendir di dalam kantong sinus tidak bisa keluar dan justru menutup saluran pernapasan. Alhasil, Anda akan mengalami gangguan pernapasan seperti efek hidung mampet.

Itulah beberapa penyebab hidung mampet yang perlu Anda perhatikan. Semoga artikel di atas bisa membantu Anda ya! Sampai jumpa di lain kesempatan!


Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja


Iklan atas artikel