Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Jenis-jenis Cyber Security dan Bahayanya



CAHYOGYA.COM - Ketika kita membuka berita atau membaca artikel di internet, seringkali kita mendengar istilah-istilah seperti cybercrime, hacking, dan data breach. Semua itu merupakan contoh dari ancaman yang dapat mengancam keamanan dunia digital. Dalam era digital seperti sekarang ini, keamanan informasi menjadi sangat penting dan perlindungan cybersecurity sangatlah diperlukan untuk menjaga keamanan data dari para peretas. Dalam artikel ini, kita akan membahas jenis-jenis cyber security yang ada dan manfaat dari Pentest atau penetration testing untuk para pemilik bisnis di era digital.

Jenis-jenis Cyber security


1.Keamanan Jaringan atau Network Security

Keamanan jaringan adalah jenis cybersecurity yang paling dasar dan penting. Ini melibatkan perlindungan terhadap semua perangkat yang terhubung ke jaringan, seperti firewall, antivirus, dan software keamanan lainnya. Keamanan jaringan adalah hal yang penting untuk dilakukan untuk menghindari serangan seperti virus, malware, phishing, atau spam.

2.Keamanan Aplikasi atau Application Security

Keamanan aplikasi adalah jenis cybersecurity yang melibatkan perlindungan terhadap aplikasi yang digunakan dalam bisnis atau organisasi. Perlindungan ini mencakup keamanan dari aplikasi desktop, aplikasi mobile, web application, dan aplikasi cloud. Serangan pada aplikasi bisa sangat merugikan bisnis atau organisasi, sehingga perlindungan harus selalu ditingkatkan.

3.Keamanan Perimeter atau Perimeter Security

Keamanan perimeter melibatkan pengaturan kontrol akses ke jaringan dan sistem dengan menempatkan firewall dan gateway di tempat strategis. Hal ini melindungi perangkat dari akses yang tidak sah dari luar jaringan, seperti serangan DDoS, dan botnet.

4.Keamanan Data atau Data Security

Keamanan data melibatkan perlindungan data dari pencurian atau penggunaan yang tidak sah. Perlindungan data juga mencakup pengelolaan data, yaitu bagaimana data diolah, disimpan, dan dihapus. Contoh dari perlindungan data adalah enkripsi, backup data, dan menghapus data.

Manfaat Pentest untuk Para Pemilik Bisnis di Era Digital


Dalam era digital seperti sekarang ini, memiliki website atau aplikasi adalah hal yang sangat penting untuk bisnis atau organisasi. Namun, dengan semakin banyaknya pengguna internet, risiko dari serangan siber semakin meningkat. Oleh karena itu, diperlukan cara untuk menguji keamanan website atau aplikasi agar tidak mudah diserang oleh para peretas.

Penetration testing, atau biasa disebut Pentest, adalah metode pengujian keamanan website atau aplikasi yang dilakukan oleh para ahli keamanan siber. Metode ini bertujuan untuk menemukan kelemahan dalam sistem dan memberikan rekomendasi untuk mengatasinya.

Pentest sangat krusial dan dibutuhkan oleh website yang memiliki sistem pembayaran. Salah satu contohnya seperti layanan pada website Arena Voucher yang melayani kebutuhan Topup Game Termurah. Pentest dibutuhkan untuk memastikan bahwa website tersebut aman untuk transaksi topup game.

Manfaat dari Pentest untuk para pemilik bisnis di era digital adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan Keamanan Sistem

Pentest membantu menemukan kelemahan pada sistem keamanan dan memberikan rekomendasi untuk mengatasinya. Hal ini dapat meningkatkan keamanan sistem agar lebih tahan terhadap serangan siber dan mengurangi risiko terjadinya data breach atau kerugian finansial akibat serangan tersebut.

  • Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Dalam bisnis, kepercayaan pelanggan adalah hal yang sangat penting. Dengan melakukan Pentest, para pemilik bisnis dapat menunjukkan kepada pelanggan bahwa mereka serius dalam menjaga keamanan data dan privasi mereka. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis tersebut.

  • Meningkatkan Kepatuhan Hukum

Dalam beberapa industri, seperti perbankan atau kesehatan, kepatuhan terhadap undang-undang dan regulasi sangat penting. Pentest dapat membantu bisnis memenuhi standar keamanan yang diatur oleh undang-undang atau regulasi yang berlaku.

  • Mengurangi Biaya

Serangan siber dapat mengakibatkan kerugian finansial yang besar bagi bisnis atau organisasi. Dengan melakukan Pentest secara berkala, para pemilik bisnis dapat mengurangi risiko terjadinya serangan dan menghemat biaya yang harus dikeluarkan untuk mengatasi kerusakan akibat serangan tersebut.

  • Meningkatkan Efisiensi Sistem

Dengan mengetahui kelemahan pada sistem keamanan, para pemilik bisnis dapat melakukan perbaikan dan meningkatkan efisiensi sistem secara keseluruhan.

Terkait Layanan Paireds


Paireds adalah perusahaan cyber security yang menyediakan layanan utama dalam bidang penetration testing atau Pentest. Dengan menggunakan teknologi terkini dan para ahli keamanan siber yang berpengalaman, Paireds membantu bisnis atau organisasi dalam meningkatkan keamanan sistem mereka.

Jika Anda adalah pemilik bisnis atau organisasi yang ingin meningkatkan keamanan sistem, jangan ragu untuk menghubungi Paireds dan menggunakan layanan mereka dalam melakukan Pentest. Dapatkan perlindungan cyber security terbaik untuk bisnis atau organisasi Anda dengan menggunakan layanan Paireds.


Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja

Post a Comment for "Mengenal Jenis-jenis Cyber Security dan Bahayanya"