Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Efektif untuk Mencegah Gagal Bayar Cicilan



CAHYOGYA.COM - Tren pembayaran saat ini semakin beragam. Tidak harus tunai, membayar dengan cara cicilan pun semakin banyak disukai. Alasannya, tentu karena sistem cicilan ini mudah dan tidak harus punya uang cash saat membeli. 

Meski demikian, metode pembayaran ini tetap harus diwaspadai. Karena, jika telat membayar atau gagal bayar cicilan bisa berdampak luar biasa. Mirisnya, akan menjadi beban pikiran. Maka dari itu, kelola keuangan dengan baik saat Anda memutuskan untuk mengambil dana cicilan.

6 Cara Cerdas Agar Bisa Terhindar dari Gagal Bayar Cicilan




Tak ada salahnya apabila Anda memiliki banyak cicilan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Namun, tetap harus diimbangi dengan pemahaman dan sikap bijak agar bisa memanfaatkan metode pembayaran tersebut dan terhindar dari gagal bayar cicilan. Agar hal tersebut tidak sampai terjadi, Anda bisa menerapkan beberapa cara di bawah ini:

1.Hindari Kebutuhan Konsumtif


Penyebab terjadi gagal bayar cicilan yang paling umum terjadi adalah banyak yang mengambil kredit untuk kebutuhan yang kurang penting atau konsumtif. Padahal akan lebih baik jika kredit tersebut digunakan untuk menunjang pekerjaan.  Misalnya untuk tambahan modal bisnis.

Mudah tergiur untuk membeli barang yang kurang penting dengan dana cicilan pada akhirnya bisa menjadi boomerang bagi Anda. Apalagi sekarang banyak iklan ajakan untuk membeli berbagai barang tanpa menggunakan uang tunai alias bisa dibayar dengan cicilan. Meskipun pada saat itu, kondisi keuangan sedang tidak baik saja.

Jika tidak ada pengelolaan finansial yang baik, akibatnya bisa terjadi gagal bayar cicilan yang justru akan menyusahkan. Solusi yang paling mudah agar tidak terjebak masalah ini adalah jangan mudah tergiur dengan kebutuhan konsumtif yang kurang penting. Anda harus lebih cerdas ketika membuat keputusan.

2.Gunakan Kredit Sesuai Kemampuan


Sebelum melakukan kredit atau mengambil cicilan, pastikan bahwa Anda telah mengetahui besar kemampuan Anda dalam membayarnya. Jangan hanya karena tergiur dengan produk kredit yang mudah dan murah, kemampuan finansial Anda abaikan. Akibatnya Anda bisa gagal bayar cicilan jika dananya tidak mencukupi.

Apabila hanya mampu mengambil satu cicilan karena anggaran keuangan yang terbatas, maka jangan mengambil risiko menambah cicilan. Walaupun saat itu bunga yang ditawarkan bisa nol persen, jika tidak ada dana cicilan lagi, maka jangan memaksakan diri. 

3.Bayar Cicilan Kredit Tepat Waktu


Terjadinya gagal bayar cicilan juga bisa terjadi karena Anda memperlambat pembayaran cicilan tersebut. Tidak sedikit orang lupa membayar cicilan karena terlalu sibuk dengan pekerjaan atau memang ada masalah yang lainnya.

Seperti contoh, dana cicilan belum ada secara penuh sesuai jumlah angsuran. Akibatnya, Anda mengendapkan uang dahulu hingga terkumpul uang sejumlah angsuran. Tentu saja pembayaran akan lewat jatuh tempo dan Anda akan terkena denda.

Solusi terbaik adalah Anda harus membayar cicilan atau kredit tepat waktu dan sisihkan uang untuk angsuran terlebih dahulu agar kewajiban membayar bisa tertunaikan. Baru kemudian Anda bisa menyusun anggaran untuk kebutuhan lainnya. 

4.Jangan Boros


Cara lain agar Anda bisa membayar cicilan tepat waktu adalah pangkas biaya yang tidak perlu dan jangan boros. Terlebih jika Anda masih memiliki kredit yang lebih besar dengan kemampuan membayar.
Dengan mengurangi biaya yang tidak perlu serta lebih hemat, banyak pos anggaran lain yang akan tetap aman dan Anda tetap bisa membayar dana cicilan tepat waktu tanpa menyebabkan kredit macet.

5.Buat Dana Darurat


Membuat dana darurat sebagai antisipasi terjadinya gagal bayar cicilan bisa jadi langkah cerdas yang dapat Anda ambil. Anda bisa melakukannya mulai dari awal membuka kredit. Caranya dengan menyisihkan sebagian gaji yang diterima untuk dana darurat kredit.

Jika telah terkumpul banyak dan kebetulan Anda memiliki problem anggaran untuk pembayaran sedang sulit, dana darurat ini bisa Anda gunakan. Nah, jika sampai masa pelunasan dana darurat ini tidak tersentuh, Anda bisa menggunakannya untuk kebutuhan lainnya. Jadi double keuntungan bukan?

6.Catat Tanggal Pembayaran Atau Jatuh Tempo


Terkadang karena terlalu sibuk dengan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari, Anda bisa terlupa untuk membayar cicilan tepat waktu.

Padahal dana cicilan telah ada dan siap untuk dibayarkan. Akibatnya Anda bisa terlambat melakukan pembayaran. Agar hal tersebut tidak sampai terjadi, langkah yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat reminder. Baik itu di kalender atau memasang alarm pada ponsel Anda.

Dengan demikian, Anda akan selalu ingat kapan harus membayar angsuran sehingga tidak terjadi keterlambatan pembayaran. Cara lainnya, Anda bisa meminta tolong customer service tempat mengambil kredit untuk selalu mengingatkan lewat telepon ketika mendekati atau pada saat jatuh tempo pembayaran.

Lakukan Pinjaman Aman dengan Bank Digital Terpercaya


Kebutuhan setiap orang pastinya berbeda-beda. Ada yang tidak mau sama sekali mengambil kredit atau pinjaman karena takut tidak bisa membayar cicilan. Ada yang pula mengambil banyak pinjaman karena terdesak dengan kebutuhan atau untuk modal usaha.

Apabila Anda termasuk yang saat ini sedang butuh pinjaman dan rekomendasi tempat yang terpercaya, maka tak ada salahnya apabila Anda mengajukan pinjaman melalui layanan digital banking dari digibank by DBS.

Layanan digital semacam ini semakin banyak peminatnya karena praktis dan cepat. Anda tetap bisa melakukan aktivitas saat proses pengajuan kredit sedang berlangsung. Tidak hanya itu, menggunakan layanan dari digibank by DBS juga memiliki banyak keunggulan, yaitu;

  • Transaksi lengkap, mudah dan terjamin aman. 
  • Tersedia produk asuransi dan ada lebih dari 150 pilihan produk investasi.
  • Ada penawaran kartu kredit dan pinjaman, tenor cicilan ringan hingga 60 bulan dengan approval 60 detik.
  • Akses dan monitor 24/7 di Aplikasi digibank by DBS.
  • Gratis iuran tahun pertama.

Untuk mendapatkan pinjaman saat ini memang semakin mudah dan praktis. Kemudahan inilah yang jadi prinsip digibank by DBS agar Anda  semakin nyaman dan aman.  Baik itu ketika bertransaksi membayar cicilan atau yang lainnya. Anda tertarik menjadi nasabah dari digibank by DBS? Mari cek informasi lebih lanjut terkait produk ini pada link berikut https://www.dbs.id/digibank/id/id/default.page



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja


Post a Comment for "6 Cara Efektif untuk Mencegah Gagal Bayar Cicilan"