Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Transaksi Non-Tunai Makin Digemari? Ini Alasannya



CAHYOGYA.COM - Di era digital ini, transaksi dengan metode pembayaran elektronik atau non tunai sudah lazim digunakan sebagian masyarakat Indonesia. Salah satunya yang populer dan diminati saat ini adalah cara pembayaran QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). 

Layanan pembayaran non tunai dengan menggunakan kode QR ini juga didukung oleh salah satu e-wallet terbesar dan terpercaya, GoPay Indonesia. Kamu bisa melakukan pembayaran di merchant-merchant favoritmu dengan menggunakan QRIS

5 Keuntungan Transaksi Non Tunai


Kehadiran QRIS sebagai pendatang baru menambah maraknya transaksi cashless dengan metode pembayaran digital yang sebelumnya sudah ada. Seperti penggunaan kartu kredit, kartu debit, dompet digital dan mobile banking. 

Bukan tanpa alasan jika sekarang pembayaran nontunai begitu populer dan banyak diminati oleh masyarakat. Berikut ini sejumlah faktor yang menyebabkan mengapa masyarakat mulai beralih cara melakukan pembayaran non tunai : 

1.Lebih Mudah, Cepat dan Praktis

Alasan pertama mengapa digital payment lebih disukai adalah kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan. Kamu tidak perlu membawa uang tunai kemana-mana dan mengantre lama untuk membayar apapun. Cukup gesek kartu debit atau kredit, transaksi jual-beli dapat diselesaikan dengan cepat. Selain itu, kamu juga bisa melakukan transaksi melalui aplikasi pembayaran yang banyak tersedia di smartphone. Bahkan kamu bisa membayar hanya dengan memindai barcode jika menggunakan cara pembayaran QRIS yang praktis. 

2.Meminimalisir Risiko Kehilangan 

Bayangkan, saat berlibur kamu membawa uang tunai dalam jumlah besar dan tiba-tiba uang tersebut hilang karena kelalaian. Liburan bisa jadi berantakan. Pikiran dan tenagamu bakal terkuras untuk mencari uang yang raib. Terlebih, jika lokasi ATM sulit dijangkau.

Beda ceritanya, jika kamu membawa alat pembayaran non tunai. Kamu bakal lebih tenang dan bebas dari rasa was-was. 

3.Menghindari Tindak Kejahatan

Membawa banyak uang tunai di tempat ramai sangat berpotensi mengundang tindak kriminal seperti pencopetan dan pencurian. Oleh karena itu menggunakan transaksi non tunai jauh lebih aman. Seandainya terjadi kehilangan kartu ATM atau kredit, kamu bisa langsung melakukan pemblokiran melalui aplikasi mobile banking atau menelpon customer care bank untuk mengamankan kartu. Dengan begitu, dana yang ada di rekeningmu tetap aman.  

4.Pengeluaran Lebih Terkontrol

Pembayaran digital akan memudahkanmu mengelola finansial. Kamu bisa melacak semua pengeluaranmu melalui riwayat transaksi. Lewat cara ini, kamu jadi bisa mengontrol dan membatasi pengeluaran sehingga tidak membengkak karena belanja barang-barang sebenarnya tidak penting.

5.Promo dari Berbagai Merchant

Keuntungan lainnya menggunakan transaksi digital payment adalah adalah kesempatan mendapatkan penawaran menarik dari merchant-merchant tertentu. Kamu bisa memanfaatkan aneka diskon, promo dalam bentuk poin, cashback, atau penawaran belanja menarik lainnya. Semakin sering kamu melakukan transaksi cashless di merchant, maka kesempatanmu menghemat lebih besar karena banyaknya diskon yang kamu dapatkan. 

Tips Aman Bertransaksi Cashless


Keuntungan-keuntungan yang dipaparkan di atas menjadi jawaban mengapa pembayaran non tunai lebih diminati pada saat ini.  Namun, kamu tetap harus bijak dan hati-hati menggunakan alat pembayaran non tunai dan aplikasi digital payment agar tidak membahayakan kondisi keuanganmu. Berikut ini tips bertransaksi non tunai secara aman:

1.Jaga Kerahasiaan Data Pribadi 

Jangan pernah bagikan data rahasiamu, seperti nomor kartu debit/ kredit, masa berlaku kartu, PIN (Personal Identification Number), password, user ID, OTP (One Time Password) dan tanggal lahir. Data-data tersebut adalah pintu masuk ke dalam informasi pribadi yang kamu miliki yang bahaya jika disalahgunakan. 

2.Perbarui PIN & Password Secara Berkala

Ubah PIN dan sandi secara berkala untuk melindungi akun pembayaran digital dari risiko kejahatan siber. Cara ini juga berguna untuk mencegah hacker meretas dan menyalahgunakan akunmu. Pastikan juga PIN atau Password yang kamu buat menggunakan kombinasi yang susah ditebak. 

3.Periksa Ulang QR Code & Bukti Pembayaran Transaksi 

Saat melakukan pembayaran dengan QRIS pastikan kode QR yang kamu pindai benar. Kode yang salah berisiko diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Pastikan juga untuk mengecek bukti pembayaran non tunai yang dilakukan. Tujuannya untuk menghindari nominal pembayaran atau pembelian yang tidak sesuai. Kamu bisa langsung mengkonfirmasi di tempat transaksi jika terjadi kesalahan.

4.Aktifkan Two Factor Authentication

Two factor authentication penting untuk memberikan pengamanan ganda ketika melakukan transaksi elektronik. Mengaktifkan fitur ini di ponselmu dapat melindungi akun pembayaran digitalmu dari kemungkinan diretas.  

5.Hindari penggunaan WiFi Publik

Saat melakukan transaksi digital sebaiknya menggunakan jaringan internet pribadi dan hindari menggunakan WiFi (Wireless Fidelity) publik. Alasannya, jaringan WiFi publik bisa diakses semua orang sehingga rawan terjadi pencurian dan kebocoran data pribadi. Selain itu, pastikan kamu untuk selalu log-out setelah menyelesaikan transaksi non tunai. 

Transaksi Non Tunai Aman Menggunakan digibank QRIS Terpercaya


sumber gambar: https://images.pexels.com/photos/230544/pexels-photo-230544.jpeg?auto=compress&cs=tinysrgb&w=1260&h=750&dpr=1

Untuk urusan transaksi non-tunai, kamu bisa mengandalkan digibank QRIS. Pasalnya, digibank QRIS ini juga bekerjasama dengan beberapa e-wallet, salah satunya adalah QRIS.  Jadi, jika saldo Gopay nanti menipis, kamu dapat melakukan top up melalui digibank QRIS dari digibank by DBS yang sudah terpercaya. Kamu juga bebas membeli apapun di merchant favoritmu yang pembayarannya bisa sat-set dengan digibank QRIS.

Bukan cuma itu, banyak keunggulan lain yang bisa kamu peroleh ketika bertransaksi dengan menggunakan digibank QRIS, antara lain :

  • Bisa membayar apapun lebih cepat, praktis dan sat set dengan digibank QRIS.
  • Limitnya besar, mencapai Rp10 juta per transaksi setiap hari.
  • Kamu bisa dapat promo menarik di berbagai merchant favorit

Jadi gunakan terus QRIS untuk segala kebutuhan transaksimu. Jangan sampai ketinggalan promo-promonya ya! Ingin tahu lebih banyak produk dan layanan menarik dari digibank by DBS? Temukan informasi lengkapnya di sini!



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja



Post a Comment for "Kenapa Transaksi Non-Tunai Makin Digemari? Ini Alasannya"