Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Wedding Organizer untuk Rancangan Pernikahan Anda




CAHYOGYA.COM - Menyiapkan sendiri prosesi pernikahan bagi beberapa orang terasa berat, karena ada banyak hal yang harus Anda siapkan dan perhatikan. Untuk mengatasinya, maka menggunakan jasa wedding organizer adalah pilihan terbaik. Lalu, apa alasan pentingnya wedding organizer dalam membantu persiapkan pernikahan?

Anda akan menemukan jawaban mengenai pentingnya layanan ini hingga rekomendasi wedding organizer yang patut menjadi pertimbangan pada artikel ini!

Apa itu Wedding Organizer (WO?


Sumber: Kromo Wedding Production


Wedding Organizer adalah layanan yang disediakan oleh individu atau perusahaan yang akan membantu kliennya dalam mengelola berbagai aspek terkait sebuah acara pernikahan.

Tanggung jawab utama atau tugas wedding organizer adalah memastikan bahwa semua jadwal yang sudah ditentukan, dapat berjalan dengan lancar tanpa halangan. Tanggung jawab ini mencakup dari proses resepsi hingga pesta, dengan waktu yang telah disepakati sebelumnya.

Berbeda dengan wedding planner yang mempersiapkan semua acara mulai dari perencanaan, maka Wedding Organizer tidak ikut serta dalam merencanakannya, khususnya budget.
Namun, beberapa Wedding Organizer juga berperan atau menyediakan jasa wedding planner, sehingga otomatis ikut serta dalam hal-hal di atas.

Tugas Utama Wedding Organizer


Sumber: Kromo Wedding Production


Untuk membantu klien dapat memiliki pesta pernikahan yang didambakan, maka ada beberapa hal yang dilakukan oleh Wedding Organizer, seperti:

  • Mengadakan pertemuan dengan calon pengantin beberapa minggu sebelum acara pernikahan.
  • Berkoordinasi dengan keluarga dan panitia
  • Memberikan saran kepada calon pengantin tentang berbagai aspek penting terkait acara.
  • Merancang jadwal serta denah acara pesta pernikahan dengan rinci.
  • Membantu proses gladi resik atau latihan sebelum hari H.
  • Melakukan koordinasi vendor terkait pernikahan dengan penyedia konsumsi, musisi, fotografer, dan penyelenggara lainnya.
  • Melakukan pemeriksaan kelengkapan dan kelengkapan lokasi acara pernikahan.
  • Membantu mengendalikan permasalahan yang muncul ketika acara pernikahan sedang berlangsung.
  • Menyusun Rundown Acara agar acara meriah, menarik, dan lebih kreatif.
  • Mengawasi jalannya acara pernikahan sesuai jadwal dan rencana.
  • Membantu menjadwalkan pertemuan klien dengan vendor mengenai detail acara.
  • Melihat banyaknya tugas yang dilakukan oleh Wedding Organizer ini, Anda tentu mendapatkan bayangan bahwa ada banyak hal penting dalam pernikahan yang tidak bisa Anda kelola sendiri. Maka, mempertimbangkan jasa ini merupakan keputusan terbaik.

Keuntungan Menggunakan Wedding Organizer


Sumber: Kromo Wedding Production

Beberapa alasan atau keuntungan pakai wedding organizer yang perlu Anda ketahui antara lain:

1. Membantu Kontrol Biaya

Menggunakan jasa Wedding Organizer juga merupakan salah satu cara untuk bisa mengontrol biaya pernikahan secara tidak langsung.

Sebab, Wedding Organizer berpengalaman pada umumnya telah memiliki koneksi atau channel  beberapa vendor, seperti catering, dekorasi, percetakan, dan lainnya. Di mana koneksi-koneksi tersebut bisa Anda jadikan sebagai referensi.

Karena itu, maka potensi untuk bisa mendapatkan harga-harga lebih ramah kantong atau diskon tertentu lebih terbuka.

Pihak ini juga dapat membuatkan secara detail daftar pengeluaran agar biaya yang keluar lebih terkontrol.

2. Manajemen Waktu

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, salah satu tugas dari Wedding Organizer adalah membantu membuatkan jadwal acara dengan rinci. Di mana jika bekerja sama dengan Wedding Organizer profesional, mereka dapat membantu Anda menentukan jadwal terbaik bagi calon pengantin.

Anda bisa melakukan cek lokasi, memasan undangan, food tasting, membuat baju, dan sebagainya dengan lebih mudah. Jika mengatur jadwal sendiri, hal ini mungkin akan terasa berat, khususnya bagi calon pengantin yang juga sibuk dengan aktivitas kerjanya.

3. Memperhatikan Hal Detail

Detail-detail kecil yang Anda lewatkan bersama pasangan saat persiapan bisa ternotis oleh wedding organizer. Karena sudah ternotis, maka Wedding Organizer dapat membantu memberikan penjelasan serta memastikan agar detail tersebut diperhatikan dan tak terlewatkan.

4. Mengurangi Stres

Apabila semua persiapan pernikahan hanya Anda dan pasangan yang mengaturnya, sudah pasti akan menguras fisik dan mental. Pada akhirnya stres dan berbagai gangguan kesehatan mengikuti.

Nah, dengan bantuan Wedding Organizer, semua potensi stres bisa terhindar karena semuanya sudah tertata dengan jelas.

Pertimbangan dalam Memilih Wedding Organizer


Sumber: Kromo Wedding Production

Seperti sempat disinggung sebelumnya, sangat banyak calon pengantin yang ingin hari pernikahan bisa berlangsung lancar tanpa ada masalah berarti. Di mana untuk mewujudkannya, mereka lebih memilih memakai jasa wedding organizer.

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Populix tahun 2023 lalu, diketahui bahwa tren memilih Wedding Organizer cukup tinggi. Di mana beberapa hal yang menjadi pertimbangan bagi calon pengantin adalah 


  • Harga yang ditawarkan oleh Wedding Organizer : 80%
  • Pengalaman vendor: 69%
  • Paket yang tersedia: 66%
  • Komunikasi dengan vendor: 58%
  • Rekomendasi dari teman atau keluarga: 49%
  • Rekomendasi dari influencer: 15%

Berdasarkan data yang diambil dari 1.087 responden seluruh Indonesia di atas terlihat jelas bahwa awareness mengenai jasa ini sudah cukup tinggi. Lalu, saat memilih jasa pun, seseorang sudah menggunakan berbagai pertimbangan agar bisa mendapatkan Wedding Organizer terbaik.
Mengingat tren pernikahan menggunakan Wedding Organizer pun semakin tinggi, maka tidak mengherankan jika jasa ini pun semakin menjamur.

Nah, dari sekian banyaknya jasa wedding organizer, pastikanlah Anda memilih jasa yang mampu memenuhi berbagai aspek tugas dan keuntungan yang sebelumnya dijelaskan.

Namun, Anda tidak perlu pusing karena Kromo Wedding Production mampu memenuhi berbagai kebutuhan untuk kelancaran hari pernikahan tersebut. Kami sudah berpengalaman menangani berbagai klien dengan banyak tema pernikahan.

Anda pun bisa menyesuaikan kebutuhan personil untuk membantu momen sakral ini dengan budget serta tamu undangan.

Terdapat tiga paket yang bisa Anda pilih, yaitu:

Acarani yang di khususkan untuk acara tunangan, 3 personil/150 tamu undangan

  • Abirama: 5 personil/ 350 undangan
  • Abimanyu: 7 personil/500 undangan

Semua tim yang bekerja sama dengan Anda merupakan para profesional dengan pengalaman menangani banyak acara pernikahan. Jadi, tidak perlu khawatir mengenai kualitas dan skill-nya.

Setelah tahu mengenai pentingnya wedding organizer melalui pemaparan di atas, maka segeralah hubungi tim Kromo Wedding Production yang dapat membantu menyiapkan dan merancang pernikahan Anda! Kami memiliki beragam Paket Pernikahan yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan budget dan kebutuhan.


KROMO WEDDING PRODUCTION

Alamat         : Jalan Kaliurang KM 6.3 Gg. Ungaran B.04, Depok, Sleman
Instagram : @kromo.weddingproduction
Website         : www.agendanikah.com / www.kromowedding.site



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja



Post a Comment for "Pentingnya Wedding Organizer untuk Rancangan Pernikahan Anda"