Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jembatan Kuning Selopamioro Icon Baru Wisata Bantul

Indahnya Pemandangan Jembatan Kuning Selopamioro, cah yogya, 1

CAHYOGYA.COM - Keindahan alam Yogyakarta adalah salah satu alasan kenapa kota ini selalu mendapat tempat tersendiri di hati para wisatawan. Berikut ini merupakan salah satu tempat di pelosok Yogyakarta yang akan memanjakan mata anda, Ini adalah jembatan gantung unik di daerah Imogiri, Bantul, Yogyakarta.




UNIK, JEMBATAN GANTUNG SELOPAMIORO ICON  DESA WISATA SRIKEMINUT IMOGIRI BERWARNA KUNING

Jembatan Gantung Selopamioro atau biasa disebut juga Jembatan Seluk merupakan jembatan buatan militer yang berada di atas aliran sungai oya. Jembatan Gantung ini sangat bermanfaat bagi warga sehingga akses menuju desa seberang menjadi lebih mudah. Dengan panjang 70 meter dan lebar yang tidak lebih dari 2 meter, jembatan gantung ini hanya bisa dilewati oleh sepeda motor saja. Jembatan Gantung Selopamioro dapat memperlanjcar perekonomian antara Desa Selopamioro dan Desa Sriharjo.

Dibangun sejak tahun 2004, Jembatan Gantung Selopamioro memudahkan penduduk dalam hal perekonomian. Anak-anak yang berangkat ke sekolah juga tidak lagi menyeberangi Sungai Oya yang tidak bisa dilewati ketika musim hujan. Penduduk yang akan pergi ke ladang yang berada di seberang desa juga tidak lagi memutar jalan. Sehingga segala akses antar desa menjadi semakin cepat dengan adanya Jembatan Gantung Selopamioro.

Jembatan Gantung Selopamioro berada di perbukitan karts. Sehingga menyajikan pemandangan yang sangat indah dan menawan jika dilihat dari jembatan. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Jembatan Gantung ini adalah pada sore hari. Dimana ketika matahari mulai condong ke barat dan memancarkan sinar orange kekuningannya yang membuat suasana menjadi semakin damai dan indah. Kondisi alam sekitar yang masih asri juga memberikan pengalaman yang tak akan bisa anda lupakan.

Jembatang Gantung Selopamioro dicat dengan warna kuning. Warna yang mencolok ini membuat jembatan gantung lebih cantik dan tidak biasa dari jembatan pada umumnya. Karena warnanya yang indah dan berwarna inilah Jembatan Gantung Selopamioro pernah digunakan untuk foto prewedding dan salah satu operator telekomunikasi pernah melakukan iklannya di jembatan ini. Jembatan Selopamioro juga dikenal karena sering digunakan untuk syuting beberapa FTV (SCTV) dan video klip.


Lokasi Jembatan Gantung Imogiri cukup jauh dari ibukota kecamatan Imogiri dan harus melewati jalan pedesaan yang sempit. Jalan yang kami lalui ini sudah diaspal baik meskipun ukurannya tidak lebar dan hanya cukup dilewati satu kendaraan roda empat tanpa simpangan. Disarankan untuk menuju ke Jembatan Gantung Imogiri ini menggunakan kendaraan roda dua saja. Memasuki Desa Wisata Kedung Miri, kami menyusuri tepian Sungai Oyo hingga berujung pada jalan yang dibuat dari semen. Tidak berapa lama kami tiba ditepi jembatan gantung tersebut.

Jembatan Gantung Imogiri yang bercat kuning ini merupakan jembatan umum, siapa saja boleh melintas secara bergantian dan tidak dipungut biaya. Dengan lebar sekitar satu meter, jembatan ini bisa dilalui warga dengan berjalan kaki atau kendaraan roda dua secara bergantian. Keberadaan jembatan ini cukup membantu warga antara kedua desa untuk mempersingkat waktu tempuh. Misalnya jembatan tersebut tidak ada, penduduk desa yang lokasinya berseberangan harus memutar lebih jauh melewati jembatan Siluk atau menyebrang sungai.

Indahnya Pemandangan Jembatan Kuning Selopamioro, cah yogya


Indahnya Pemandangan Jembatan Kuning Selopamioro, cah yogya, 1

Indahnya Pemandangan Jembatan Kuning Selopamioro, cah yogya,

Indahnya Pemandangan Jembatan Kuning Selopamioro, cah yogya, 1


Lalu lintas penggunaan jembatan kuning selopamioro Imogiri paling ramai adalah di kala pagi hari warga memulai aktivitasnya antara lain para petani berangkat ke ladang, anak-anak berangkat ke sekolah, serta para pegawai yang berangkat ke tempat kerjanya dan ketika sore hari mereka pulang menuju ke rumah masing-masing. Siang hari aktivitas jembatan gantung ini cukup sepi, hanya terlihat satu atau dua orang warga yang melintasi jembatan.

Saat ini, Jembatan Gantung Imogiri atau Selopamioro ini ini sudah banyak diketahui oleh warga Bantul. Beberapa orang yang berkunjung ke jembatan gantung ini sekedar untuk menikmati sore di bawah jembatan ketika sungai Oyo sedang surut maupun duduk-duduk di tepi jembatan. Selain itu menjadi tempat foto yang menarik untuk sekedar bernarsis ria ataupun melakukan foto untuk pre wedding.

Keunikan yang lain adalah, kita bisa mengetahui dan melihat puncak Bukit Mangunan (Kebun Buah Mangunan) dari jembatan ini begitu juga sebaliknya. Sebelum ke tempat ini siapkan teropong untuk membuktikannya. Dari teropong terlihat jelas pagar-pagar di tebing puncak Bukit Mangunan yang merupakan gardu pandang ke pegunungan seribu dan Selopamioro yang dilalui sungai Oyo.



Desa wisata bernama Srikeminut terbentuk pada tahun 2004, merupakan gabungan dari tiga dusun yaitu Sriharjo, Kedungmiri dan Wunut. Dengan menonjolkan Jembatan Gantung Selopamioro sebagai icon desa wisata Srikeminut. Selain jembatan, Desa Wisata Srikemut juga bekerjasama dengan pengelola wisata air. Sehingga dibuatlah tubbing ban atau rafting dengan ban sejauh 2 hingga 3 km menyusuri aliran Sungai Oya dengan jarak tempuh sekitar 3 jam.

Terdapat wisata budaya yang dikembangkan di Desa Wisata Srikeminut yaitu klotekan, ketoprak, karawitan, gejek lesung, campursari dan jatilan. Semua wisata budaya tersebut merupakan seni tradisional yang dilestarikan oleh warga dan untuk menarik minat para pengunjung untuk berwisata. Selain seni tradisional, Desa Wisata Srikemut juga mengenalkan Air Terjun Sangupitu dan Terasiring Sangupati. Terasiring Sangupati ini merupakan bidang miring yang bertingkat-tingkat seperti tangga. Karena keunikannya itu, terasering ini menjadi objek foto yang menarik untuk diabadikan wisatawan. Selain air terjun dan terasiring, terdapat batu ajaib dan batu siluman yang dapat anda temukan di Desa Wisata Srikemut.





Hallo, cah yogya! Mari bergabung dengan kami di www.cahyogya.com. Kami mengajak anda untuk berpartisipasi dan berperan aktif dalam penyebaran informasi di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Anda bisa mengirimkan artikel tentang potensi wisata atau informasi terkait dengan desa anda atau tempat yang menurut anda menarik. Artikel bisa dikirim via Email ke andy2dsd@gmail.com atau bisa menghubungi saya via menu contact. Trimakasih..


Update News By : Andy2dsd

Incoming search terms:

  • Jembatan Gantung Selopamioro
  • jembatan kuning imogiri jogja
  • wisata unik jogjakarta
  • objek wisata jembatan gantung imogiri

1 comment for "Jembatan Kuning Selopamioro Icon Baru Wisata Bantul"