Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gara-gara Sticker Ini Pengendara Motor Jogja Saling Sapa

Gara-gara Sticker Ini Pengendara Motor Jogja Saling Sapa

CAHYOGYA.COM - Komunitas Info Cegatan Jogja atau biasa disingkat ICJ adalah komunitas pengendara sepeda motor dari Yogyakarta dan sekitarnya yang awalnya terbentuk dari sebuah grub social media, Kemudian berkembang menjadi komunitas saling tukar informasi adanya operasi / cegatan / razia lalu lintas di sekitar Jogja.



Komunitas ICJ : Info Cegatan Jogja





Awalnya saya merasa sedikit heran dengan aktivitas beberapa pengendara sepeda motor di jalanan sekitar jogja. Mereka terlihat beberapa kali saling sapa antara sesama pengguna jalan. Ah, saya pikir karena mereka  itu teman, tetangga atau saudara sendiri pikir saya waktu itu. Namun, setelah beberapa kali mengalami kejadian serupa akhirnya saya tahu mereka adalah komunitas Info Cegatan Jogja atau biasa disingkat ICJ yang dipersatukan oleh sebuah stiker kecil berwarna dasar hitam dengan corak putih.

ICJ sendiri merupakan sebuah komunitas pengendara sepeda motor dari Yogyakarta dan sekitarnya yang awalnya terbentuk dari sebuah grup jejaring social facebook, Kemudian berkembang menjadi komunitas saling tukar informasi adanya operasi / cegatan / razia lalu lintas maupun kecelakaan di sekitar Jogja. Tidak hanya saling bertukar informasi belakangan mereka juga rajin melakukan aksi sosial dengan melakukan kegiatan kerja bakti renovasi rumah kepada warga tidak mampu bersama komunitas di Jogja lainnya.

Ya,.. hanya dengan Stiker berukuran 5 cm persegi yang biasa ditempel di belakang body sepeda motor mereka sebagai tanda pengenal, mampu menyatukan rasa persaudaraan antar anggota bahkan menggali rasa empati mereka terhadap warga kurang mampu dengan ikut melakukan aksi sosial. Sesuatu yang luar biasa sekali menurut saya karena saya yakin walaupun belum tentu kenal satu sama lain tetapi saat berpapasan di jalan sebisa mungkin mereka akan berusaha untuk saling menyapa dan mengakrabkan diri layaknya persaudaraan yang sudah mereka bangun di jejaring social.


Seperti yang diungkapkan salah satu pendirinya,  ICJ bukanlah tempat bagi para pelanggar aturan lalu-lintas, Melainkan suatu wadah untuk saling berbagi dan mengingatkan satu sama lain untuk tetap waspada dan selalu taat aturan lalu-lintas ketika berkendara di jalan. Belum lama ini ICJ merayakan hari jadi mereka yang pertama, perayaan yang cukup meriah untuk sebuah komunitas yang lahir dari dunia maya.



PERAYAAN HUT KE 1 GRUP FACEBOOK INFO CEGATAN JOGJA BERTEMPAT DI BALAI DESA SENDANGSARI PAJANGAN


Perayaah HUT grup FB ICJ diikuti oleh ± 600 orang anggota grup baik dari DIY maupun dari Magelang dan daerah sekitar Yogyakarta lainnya. Dalam acara tersebut kegiatan diisi dengan pemotongan tumpeng dan doa, pembagian hadiah/doorprise dan orgen tunggal dari kalangan members grup sendiri.

Menurut Bpk. Anto pemrakarsa berdirinya grup FB ICJ, acara ini diselenggarakan untuk merayakan HUT ICJ ke 1 yang jatuh pada tanggal 13 September 2014 dan mempererat tali silaturohmi sesama members. Jumlah members grup (Facebook) saat ini 60.936 orang yang terdiri dari berbagai kalangan. Grup ini hanya sebagai wadah untuk saling berbagi informasi seputar berlalulintas, bukan mengajarkan tidak patuh dan ta'at pada tata tertib berlalulintas, jelasnya.

Sebaliknya, grupnya ini memberikan himbauan agar members/anggota grup yang belum melengkapi surat-surat berkendara untuk segera melengkapinya, mentaati peraturan berlalulintas, berbagi info kecelakaan lalulintas, kemacetan, safety riding, saling tolong menolong sesama members yang lagi kesusahan dijalan dan membantu pembinaan kamtibcarlantas (Keamanan ketertiban dan kelancaran dalam berlalulintas) serta membantu kegiatan bhakti sosial.

Info Cegatan Jogja hanya sebagai wadah untuk saling berbagi seputar info berlalulintas bukan mengajarkan tidak patuh dan ta'at pada tata tertib berlalulintas...apalagi untuk memberi kesempatan pada tindak kriminal... ingat ICJ bukan ormas, partai, apalagi gang motor... kami cinta damai, (walau terkadang damai itu 50rb)

#Salam aspal nggronjal



Gara-gara Sticker Ini Pengendara Motor Jogja Saling Sapa

Gara-gara Sticker Ini Pengendara Motor Jogja Saling Sapa

Gara-gara Sticker Ini Pengendara Motor Jogja Saling Sapa

Gara-gara Sticker Ini Pengendara Motor Jogja Saling Sapa

Gara-gara Sticker Ini Pengendara Motor Jogja Saling Sapa


foto diambil dari grup ICJ

Update News By : Andy2dsd



Incoming search terms:

  • Info Cegaran/razia kendaraan bermotor jogja
  • jadwal razia kendaraan bermotor jogja