Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Candi Ijo, Candi Peninggalan Mataram Kuno


Candi Ijo, Candi Peninggalan Mataram Kuno

CAHYOGYA.COM - Candi Ijo, salah satu situs candi yang berada di desa Sambirejo, Prambanan, Sleman ini merupakan salah satu candi dari berbagai macam komplek candi yang berada 4 kilometer dari candi ratu boko. Kira kira candi ini terletak 18 km dari kota Jogjakarta. Candi ini merupakan salah satu candi yang banyak sekali memberikan berbagai pengalaman yang sangat unik.



Nuansa Keindahan Candi Ijo Yang Menawan




Pernahkah anda mendengar dan melihat Candi ijo? Ya candi ini merupakan salah satu warisan budaya hindu yang sampai sekarang masih berdiri kokoh. Candi yang terletak di desa Sambirejo, Prambanan, Sleman ini merupakan salah satu candi dari berbagai macam komplek candi yang berada 4 kilometer dari candi ratu boko. Kira kira candi ini terletak 18km dari kota Jogjakarta. Candi ini merupakan salah satu candi yang banyak sekali memberikan berbagai pengalaman yang sangat unik. Apa saja keunikan dari candi ini dan mengapa masyarakat menganggap salah satu candi dari kompleks candi ini begitu istimewa? Yuk simak dulu ulasannya berikut ini.

Candi yang diperkirakan telah dibangun pada masa kerajaan medang, atau antara abad 10 sampai 11 masehi ini merupakan salah satu candi yang sangat menarik. Posisinya berada di 375 meter diatas permukaan laut. Candi ini di sebut dengan Candi ijo karena berada di lereng perbukitan yang biasa disebut dengan gumuk ijo. Anda akan melihat pemandangan yang sungguh elok dari atas bukit ini. pemandangan yang memberikan angin segar bagi anda yang sedang stress menghadapi hiruk pikuk kota yang makin ramai dengan kesibukan yang tak berujung. Candi ini merupakan salah satu situs yang wajib dikunjungi dan dilestarikan keberadaanya. Candi ini memang sangat menarik karena dibangun pada punggung bukit sehingga sangat menarik untuk dijadikan tempat hunting foto.


Candi Ijo, Candi Yang Letaknya Tertinggi di Jogja



Bagi anda yang suka traveling atau mencari spot spot unik untuk berfoto, Candi ijo adalah salah satu tempat yang paling pas untuk hobi anda yang satu ini. bentuknya yang seperti teras teras berundak sangat cantik karena memang dikelilingi oleh candi candi baik candi induk taupun candi kecil yang meskipun telah banyak yang runtuh akibat gempa, namun kini telah banyak mengalami renovasi sehingga tampak lebih bagus. Candi yang terdiri atara 17 struktur bangunan ini dibagi menjadi 11 undakan. Pada setiap undakannya terdapat patung patung atau relief yang mempunyai arti dan sejarah tersendiri. Patung yang berada di dalam candi memang menggambarkan kehidupan masyarakat terdahulu.

Bagi anda yang sedang berkunjung ke Jogja, sempatkanlah mampir ke kompleks Candi ijo karena untuk masuk ke sinipun anda tak akan dikenai biaya apapun dan hanya diwajibkan untuk mengisi buku tamu. Jika pada beberapa waktu yang akan datang candi ini mengalami kemajuan yang pesat, pemerintah provinsi akan menarik retribusi bagi wisatawan yang datang untuk digunakan sebagai keperluan candi. Jangan ragu lagi untuk datang dan menikmati berbagai macam pemandangan yang hanya akan anda dapat disini. Kapan lagi melihat bukit dengan hamparan candi candi cantik sebagai hiasannya bukan?

Nah untuk anda yang datang pada kesempatan liburan, tidak hanya keindahan saja yang bisa anda nikmati disana, namun juga banyak pengetahuan karena jika pada saat anda berada di komplek candi, anda bisa menanyakan sejarah ataupun segala sesuatu tentang candi ijo di pos penjaga yang akan dijelaskan oleh penjaganya. Anda yang ingin menginap atau mencari tempat makan juga bisa kembali ke kompleks candi Prambanan yang tidak jauh dari Candi ijo ini. dalam waktu dekat, pemerintah akan mengadakan pemugaran dan perbaikan beberapa candi yang runtuh sehingga menjadi bagus seperti sediakala. Pengalaman yang sangat menarik bukan? Kapan lagi bisa menikmati hamparan bukit dengan hiasan candi candi cantik diatasnya.


Follow Twitter @CAHYOGYACOM