Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Hari Yang Mengesankan di "PPSMB Palapa"

PPSMB Palapa UGM 2013

Hidup Mahasiswa Indonesia!

Selamat pagi, siang, sore, malam, di manapun kalian berada. Semoga keberkahan dan karunia-Nya selalu melingkupi kita semua. Aku mau update sesuatu nih. Sebelum ini ada tulisanku tentang PPSMB juga silakan di flashback lagi. Akhirnya saya diterima menjadi Gamada (Gadjah Mada Muda, sebutan untuk maba UGM). Nah, kali ini aku mau cerita serunya ospek. :) Kalau di UGM, namanya bukan ospek, tapi PPSMB (Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru). Kegiatannya seru seru abis! Nggak ada yang namanya senior dan junior. Nggak ada adegan bentak-bentakan. Sempet di suruh lari dengan nada marah sih. Tapi kata kak pemandu, Kalau nanti ada kakak yang teriak nyuruh cepet-cepet, jangan diambil ati ya dek. Mereka nggak ada maksud gitu, Cuma mau bikin kalian disiplin. Kan kalau jam 5 kita belum balik, mereka yang bakal kena marah. Duh, ayem deh dengernya, hehe.

Sebelum hari H PPSMB,saya main ke tempat temen di Kampung cyber kampung cyber ini sangat unik dan satu-satunya di Indonesia, Kampung Cyber Di Yogya Cuma Ada Satu Di Indonesia setelah itu kami sibuk mempersiapkan atribut Parade Nusantara, Ngecat Caping, bikin poster dan menghapal lagu Hymne Gadjah Mada. Atributnya nggak muluk-muluk Cuma name tag, sama dress code warna merah atau putih (kalau aku dapat warna putih). Semua itu juga dibuat sesuai warna kluster(aku orange), dan dibuat bareng-bareng kelompok, jadi nggak terlalu berat (kami jadi solid berkat acara ini loh. Bahkan ada yang cinlok. Hehe).

Nah, meskipun dalam satu kelompok terdiri dari macam-macam fakultas dan jurusan, kami nggak segan bercanda dan memberi semangat satu sama lain. Oh iya, PPSMB Palapa punya filosofi yang dalem banget. Palapa sendiri adalah nama sumpah dari Patih Gadjah Mada yang menyatukan nusantara. Dalam acara PPSMB universitas yang hanya 2 hari itu, ada acara Parade Nusantara. Kami berbaris di lapangan dengan membantuk formasi bendera merah putih dengan tulisan "Indonesia Raya".

Tanggal 2 september 2013, kami berkumpul di lapangan. Kami melaksanakan upacara penerimaan Mahasiswa Baru. Saat itu atribut Parade Nusantara dan jas almamater belum kami kenakan. Setelah secara simbolis mahasiswa baru dari luar negeri dipakaikan almamater oleh rektor, kami baru mengikuti. Setelah upacara, kami menuju gugus masing-masing untuk menerima materi ke-UGM-an. Dalam acara itu, aku baru tahu betapa bersejarahnya kampusku ini. Betapa pentingnya kampusku bagi rakyat Indonesia. Ya! Universitas Pancasila, Universitas Perjuangan, Univeritas Kerakyatan. Kami hidup,.menimba ilmu, dan bersosialisasi di kampus yang berdiri karena rakyat, maka kami akan kembali kepada rakyat, mengabdi pada rakyat, serta mencurahkan seluruh ilmu kami untuk membantu melepaskan belenggu kemiskinan yang menjerat rakyat. InsyaAllah, Amin. :)

Keesokan harinya 3 september 2013 siang hari kami para GAMADA (9000 mahasiswa UGM) berkumpul di sekitar jalan kaliurang untuk melakukan freez mob. Dengan baju merah dan putih. Kami juga membawa poster berisi tawaran penyelesaian berbagai masalah di negeri ini. Setelah acara itu, sekitar pukul 3 sore kami kembali ke lapangan, untuk membentuk formasi parade nusantara yang berbentuk bendera merah putih dengan tulisan "Indonesia raya". Aku masuk dalam susunan warna putih di samping tulisan "Y".





Setelah 2 hari yang sangat berarti dan akan selalu terkenang itu, kami akan melanjutkan PPSMB di fakultas masing-masing esok harinya. Oh iya, ada cerita seru dari thailand juga bro, Modisnya Seragam Siswa Perempuan SMA di Thailand (Foto) PPSMB fakultas juga nggak kalah seru! Aku akan cerita lagi tentang serunya PPSMB fakultas, dan klaster setelah tulisan ini, hehe. :)


Pancasila jiwa kami, bakti untuk negeri. UGM bersatu, bangkitlah nusantaraku!

Hidup Mahasiswa Indonesia!

Update News By : @N_besar

Post a Comment for "2 Hari Yang Mengesankan di "PPSMB Palapa""