Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pramuka Sebagai Salah Satu Metode Pemupuk Nasionalisme

Dewan Ambalan SMA Negeri 3 Bantul 2012


CAHYOGYA.COM - Selamat datang di cahyogyacom Media berita, Aneka tips dan pengetahuan baru terlengkap. Jika kita berbicara masalah nasionalisme sekarang ini, banyak kita temui bentuk-bentuk nasionalisme dari kalangan pelajar. Nasionalisme sangat dibutuhkan pada jiwa-jiwa muda yang nantinya akan melanjutkan cita-cita bangsa. Bagaimana mempertahankan kebudayaan dan jati diri bangsa jika rasa nasionalisme saja tidak punya?


Sebelum kita membahas lebih jauh, apasih sebenarnya makna nasionalisme itu?. baca juga SMA 3 Bantul Isi Liburan Dengan Jelajah Alam Dalam wikipedia nasionalisme adalah suatu gerakan kebangsaan yang timbul pada Bangsa Indonesia untuk menjadi sebuah bangsa yang merdeka dan berdaulat. Sudah dijelaskan bahwa nasionalisme memang penting di tumbuhkan pada anak bangsa.

Kita banyak menemui wujud kecil dari nasionalisme pada anak-anak siswa SD maupun SMP, salah satu penerapan nasionalisme adalah pada pendidikan karakter, contoh penumbuhan pendidikan karakter yaitu pada kegiatan kepramukaan yang sedang gencar diterapkan.

Sekilas kita melihat pramuka adalah sosok yang tegas, disiplin dan tanggung jawab yang besar. pramuka bukan hanya mempelajari tentang tali-temali dan pertendaan, namun banyak hal penting yang didapat dalam pramuka. pramuka memang tempat yang tepat untuk balajar menumbuhkan rasa nasionalisme. Pramuka akan mengajari bagaimana memecahkan berbagai macam masalah. Jadi, kesimpulannya “nasionalisme=pramuka” dan “pramuka=nasionalisme”.


Cara Update status Twitter Via SMAN 3 Bantul



Update News By : @N_besar

Incoming search terms:

  • Pramuka
  • cara menumbuhkan rasa nasionalisme
  • Kegiatan pramuka SMA Negeri 3 Bantul
  • Metode Pemupuk Nasionalisme Anak Bangsa

1 comment for "Pramuka Sebagai Salah Satu Metode Pemupuk Nasionalisme"