Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dibalik Jalanan Jogja Yang Semakin Macet

 
Dibalik Jalanan Jogja Yang Semakin Macet

CAHYOGYA.COM - Kemacetan ternyata bukan hanya menjadi masalah di Jakarta saja, Yogyakarta yang berjarak ratusan kilometer dari Ibu Kota kini harus mulai merasakan sesaknya kemacetan di beberapa ruas jalan akibat dari penggunaan kendaraan pribadi yang tidak terkontrol.



Kenapa Jogja Bisa Semacet Ini?




Mungkin baru beberapa waktu terakhir suasana Jogja terasa sangat padat. Pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia yang tahun 2013 lalu mencapai angka 5% (sumber http://www.bps.go.id/brs_file/pdb_05feb14.pdf )sepertinya memberikan banyak keleluasaan bagi warga menengah untuk bisa menabung dan menggunakannya untuk sekedar liburan ke luar kota atau mengambil cicilan motor / mobil baru. Nah, salah satu destinasi liburan favorit di pulau Jawa yakni Yogyakarta, kota yang bisa dibilang sangat ramah dengan wisatawan, Karena selain objek wisata yang cukup lengkap (mulai dari wisata alam, budaya, pantai, sejarah, fashion dan kuliner) Jogja juga ramah bagi mereka yang berangkat dengan kantong terbatas namun ingin menikmati berbagai sajian di kota Jogja ini.

Setiap tahun banyak wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri berwisata ke Yogyakarta. Dan akibatnya, jalan yang tidak pernah bertambah panjang maupun lebar tidak dapat menampung padatnya arus lalu lintas kendaraan. Dan macetlah Yogyakarta, Seperti sekarang ini yang kerap terjadi di akhir pekan dan masa liburan.


Cerita dibalik kemacetan kota Jogja

Dan dibalik kemacetan tersebut, malam itu saya melihat, seorang kernet bus pariwisata dari luar kota turun di salah satu perempatan di Jogja, berlari-lari menuju pos polisi yang berada tidak jauh di sisi jalan. Saya penasaran apa yang dilakukannya, pada waktu itu saya berada di lampu merah seberang pos polisi dan dapat melihat kejadian itu dengan jelas.

Saya bertanya-tanya apa yang dilakukan kernet bus tersebut, sambil berlari-lari, meninggalkan sesuatu di pos polisi. Kemudian berlari-lari menuju bus lagi. Sebelum akhirnya bus tersebut menuju pusat kota Yogyakarta. Apakah itu ada kaitannya dengan kemacetan jalanan di Jogja?

Hmm, tidak ada yang tahu, itu hanya sekilas penglihatan saya dari tepi jalan saja, yang mengira dan menebak apa gerangan yang dilakukan kernet itu. Sudah menjadi tugas pemerintah daerah untuk menangani kemacetan dan ketertiban lalu lintas. Karena di Jogja tidak ada si Komo lewat, karena si Komo lewat Jakarta. Kenapa bisa semacet ini sekarang?

Semoga, dikemudian hari Jogja menjadi tempat yang ramah akan kendaraan tak bermesin, seperti jaman dahulu dan tidak macet karena kemajuan alat transportasi semoga...

Baca Juga:
Kisah Sleman Fans Suporter Fenomenal Dari Jogja


Update News By : Andy2dsd

Incoming search terms:

  • kemacetan di Jogja
  • Jogja mulai macet di akhir pekan dan liburan