Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Taman Tebing Breksi Gunung Purba Candi Ijo Yogyakarta




CAHYOGYA.COM - Objek wisata taman tebing breksi beberapa waktu lalu baru saja diresmikan dengan pagelaran event lintas komunitas yang ada di Yogyakarta. Dengan adanya taman wisata tebing breksi ini semakin menambah keragaman objek wisata di Yogyakarta kedepannya.



Wisata Taman Tebing Breksi



Jogjakarta sebagai pusat budaya di Indonesia memang memiliki banyak keistimewaan, baik dari segi lokasi geografisnya maupun masyarakatnya. Julukan provinsi “Daerah Istimewa Yogyakarta” memang sangat pantas dimiliki oleh kota yang berada di pesisir pantai selatan pulau jawa ini. Kini, ada sebuah objek wisata baru di daerah Prambanan yang sedang menarik perhatian banyak orang. Objek wisata yang dimaksud adalah Wisata Taman Tebing Breksi yang terletak di Kecamatan Prambanan, Sleman Yogyakarta.

Seperti apa wujud destinasi wisata terbaru ini? Pada beberapa waktu lalu saat diadakannya launcing objek wisata ini dengan kegiatan lintas komunitas, cahyogya.com sempat menerima undangan untuk mengikuti kegiatan bersama dengan komunitas blogger jogja, simak saja beberapa ulasannya berikut ini.

Tempat wisata baru ini terbentuk bukan dengan unsur kesengajaan, bekas area tambang batu breksi ini nyatanya sangat menarik jika dijadikan sebagai objek wisata. Area pertambangan batu breksi yang terletak di Desa Groyo-kan, Sambirejo ini menyisakan bekas tambang berupa tebing yang ternyata mampu menyajikan panorama atau pemandangan yang sangat indah. Inilah daya tarik tersendiri dari Wisata Taman Tebing Breksi yang baru-baru ini telah diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono ke X.

Moment bersejarah ini bertepatan dengan pelaksanaan kemah Jambore Pramuka yang diadakan se-DIY yang melibatkan setidaknya 400 penggalang. Pada hari itu juga suasana Tlatar Seneng memang tampak sangat meriah. Pasalnya, pada hari itu menjadi saat yang paling penting karena Sultan HB ke X didampingi dengan Bupati Sleman Sri Purnomo meresmikan objek wisata yang terletak di bagian paling timur di Sleman.

Artikel lain: Candi Ijo, Candi Peninggalan Mataram Kuno

Lokasi wisata Taman Tebing Breksi ini tepatnya terletak sekitar satu kilometer dari Candi Ijo Kehadiran Tebing Breksi ini tentunya menambah daya tarik dari objek wisata Candi Ijo. Candi Ijo,  sendiri merupakan salah satu cagar budaya tetapi belum terlalu dikenal oleh masyarakat luas. Pengembangan kawasan wisata ini tidak terlepas dari peran serta masyarakat setempat. Masyarakat sekitar tebing breksi ini berhasil memanfaatkan Tebing Breksi yang rusak akibat tambang menjadi sebuah lokasi wisata yang ber-image indah dan eksotis. Warga setempat yang termasuk dalam kelompok sadar wisata (Darwis) Tlatar Seneng menggabungkan dua objek wisata tersebut dengan sebutan Taman Tebing Breksi Gunung Purba Candi Ijo.




Warga setempat awalnya hanya tahu tebing mengandung bahan material breksi yang dapat dijadikan salah satu bahan untuk bangunan. Kemudian melihat kondisi alamnya, peneliti mencoba untuk menggali bebatuan untuk diuji di lab. Dan hasilnya memang cukup menghebohkan. Ternyata Wisata Taman Tebing Breksi tersebut, terbentuk melalui proses endapan abu vulkanik dari Gunung Api Purba Nglanggeran Gunung-kidul. Melihat potensi yang luar biasa tersebut, warga kemudian terus bebenah dan mempercantik Taman Wisata Tebing Breksi.

Di bagian depan tebing bekas ditambang, dijadikanlah sebuah panggung pentas permanen dengan konsep tempat duduk yang melingkar. Tak hanya cukup di situ saja, pemandangan juga semakin elok saat petang tiba, yaitu sorot lampu yang terdapat di sekitar panggung berpadu dengan belakang tebing. Panorama ini kemudian menjadikan panggung yang berada di alam tersebut terasa sangat megah.

Kawasan di sekeliling lokasi panggung yang mempunyai lahan seluas empat hektare yang memiliki medan naik-turun kemudian dimanfaatkan oleh komunitas motor trail sebagai lokasi trail yang menarik. Setiap hari, selalu ada komunitas motor trail yang mempertontonkan aksi menarik mereka.

Nah, demikian adalah sedikit informasi mengenai Wisata Taman Tebing Breksi, untuk berita selengkapnya bookmark website CAH YOGYA dengan alamat : www.cahyogya.com untuk mengetahui penawaran serta info-info terbaru seputar anak muda Yogyakarta. Silahkan anda mengunjungi objek wisata baru tersebut. Dijamin objek wisata ini tidak kalah eksotis jika dibandingkan dengan objek wisata lain di kota Jogja.

 (pict by: @mikaguritnoofficial dan @kukuhaldy)

Follow Twitter @CAHYOGYACOM