Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 3 Manfaat Mengkonsumsi Oatmeal Untuk Diet



CAHYOGYA.COM - Salah satu manfaat dari mengkonsumsi oatmeal adalah mampu mengurangi kadar kolesterol jahat sekaligus bisa meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh. Kandungan serat larut yang rendah lemak pada oatmeal juga sangat efektif dalam membantu proses penurunan berat badan, karena serat larut ini terbukti bisa menjaga kita agar merasa kenyang lebih lama.

Inilah 3 Manfaat Mengkonsumsi Oatmeal Untuk Diet


Selain untuk membantu menurunkan berat badan, Oatmeal juga baik dikonsumsi untuk memelihara kesehatan jantung, karena oatmel juga mengandung fitonutrien. Maka tidak mengherankan jika di beberapa negara oatmel menjadi salah satu sereal yang banyak diminati, tidak hanya oleh kalangan usia produktif tetapi juga para lansia.

Mengkonsumsi oatmeal untuk diet bisa dibilang merupakan salah satu keputusan yang tepat, kandungan serat, vitamin, mineral, antioksidan, protein, zat besi dan karbohidrat kompleks yang ada dalam oatmeal akan menjaga asupan nutrisi di dalam tubuh tetap terjaga. Selain itu masalah kekurangan serat pada sistem pencernaan yang sering terjadi saat diet tidak akan terjadi jika kita mengkonsumsi oatmeal yang kaya serat namun tetap rendah lemak.

Selain mampu membantu menurunkan berat badan serta menjaga kesehatan jantung. berbagai khasiat dan manfaat lain yang didapatkan ketika anda mengkonsumsi oatmeal secara rutin yaitu:

1. Membantu Menjaga Bentuk Tubuh

Mengkonsumsi oatmeal untuk diet juga bisa membantu menjaga bentuk tubuh, karena kebutuhan serat dan nutrisi bisa terpenuhi dengan baik sehingga sistem metabolisme dan pencernaan di dalam tubuh menjadi lebih optimal.

2. Membantu Menstabilkan Kandungan Gula Darah

Kandungan karbohidrat rendah lemak dan kolesterol baik yang didapatkan saat mengkonsumsi oatmel membantu menstabilakan gula daran dan mengurangi resiko diabetes.

3.  Menurunkan kadar kolesterol Jahat

Seperti yang sudah disebutkan pada awal artikel, Oatmeal memiliki peran ganda yakni mengurangi kadar kolesterol jahat didalam tubuh sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh.

Tips Cara Memasak Oatmeal

Selain dikonsumsi biasa seperti sereal, ada beberapa tips cara mengkonsumsi oatmeal agar terasa lebih nikmat namun tetap menjaga manfaat dan nutrisi pada oatmeal. Diantaranya yaitu, mengganti air dengan susu cair yang rendah lemak, serta menambahkan sedikit salted butter ke dalam seduhan oatmeal ketika sudah siap untuk dikonsumsi.

Contoh Olahan Oatmeal

Di Indonesia yang sudah terbiasa mengkonsumsi nasi, olahan oatmeal memang kurang populer, padahal nutris dan manfaat dari oatmeal sangat bagus untuk tubuh, berikut ini merupakan salah satu contoh cara mengolah oatmeal menjadi menu sarapan pagi yang nikmat dan kaya nutrisi.

Pertama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan, untuk hidangan overnight oatmeal ini kita membutuhkan 5 sendok makan oatmeal, 1 gelas susu cair atau yoghurt, kacang-kacangan dan buah-buahan sesuai selera. Selain itu siapkan juga wadah bisa berupa mangkok atau toples kecil.

Kedua, cuci dan potong buah-buahan terlebih dahulu, kemudian campurkan 5 sendok makan oatmeal dengan 1 gelas susu cair atau yoghurt dan aduk hingga merata.

Ketiga, masukkan adonan oatmeal dan buah kedalam toples kecil atau mangkok.

Terakhir masukkan toples atau mangkok yang sudah diisi dengan campuran oatmel, susu/yoghurt dan buah kedalam lemari pendingin selama satu malam, dan dijadikan untuk sarapan keesokan harinya.

Selain dengan cara mengkonsumsi oatmeal, salah satu cara yang cukup efektif dan populer untuk menurunkan berat badan adalah dengan cara melakukan Diet Mayo, artikel seputar cara menjalankan diet mayo bisa dibaca melalui artikel tips berikut ini: 4 Tips Menjalankan Diet Mayo.



Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja