Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mencoba Kecepatan Jaringan 4G LTE Smartfren di Jogja Selatan


CAHYOGYA.COM - Smartfren merupakan salah satu operator selular di Indonesia yang menurut saya sangat fokus ke masalah perkembangan data & internet. Terbukti dengan diluncurkannya jaringan 4G LTE yang menawarkan kecepatan akses internet dengan coverage area terluas di Indonesia, menjadikan operator seluler ini primadona di berbagai kota.



Seberapa Cepat Jaringan 4G LTE Smartfren di Jogja Selatan?



Musibah memang selalu datang secara tiba-tiba dan tidak terduga, begitu juga dengan apa yang saya alami di awal tahun 2016 lalu. Tiba-tiba saja modem kesayangan yang selama kurang lebih satu setengah tahun menjadi partner setia tiba-tiba ngadat. Entah apa yang terjadi sebelumnya sehingga membuat modem seri phs300 keluaran prolink tersebut bisa error.

Terpaksa, akhirnya selama beberapa hari mau tidak mau harus menggunakan jurus lama yang masih cukup ampuh, tethering!!

Sebagai seorang blogger koneksi internet yang prima merupakan sebuah kebutuhan dasar, yang wajib dipenuhi untuk menunjang produktifitas. Baik itu melakukan editing artikel, upload foto, balas komentar atau hanya sekedar browsing saja.

Untuk masalah koneksi ini biasanya saya paling sering mengandalkan koneksi murah tapi nggak murahan, tri aon (sebelum harganya naik) dipadukan dengan modem kesayangan sebelum akhirnya tewas, tri di tempat saya sinyalnya memang cukup bagus dan jarang error sehingga bisa diandalkan.

Selain itu, adalagi jaringan lain yang cukup mumpuni dan sangat pas di kantong. Wifi gratis 24 jam yang dipancarkan dari kantor balai desa dan beberapa sekolah yang ada di dekat rumah :). Namun sayang, yang gratis memang selalu tidak bisa diandalkan!.

Mencoba Kecepatan Jaringan 4G LTE Smartfren di Bantul Selatan

Pada kesempatan kali ini saya akan mengajak kalian merasakan koneksi 4G LTE milik Smartfren, Sebuah operator seluler yang (pernah) terkenal dengan internet murah dan kecepatan diatas rata-rata. Pasti sudah tidak asing lagi kan?

Karena baru pertama kali menggunakan operator ini, awalnya sempat tidak yakin bakal dapat sinyal 4G selama pemakaian di rumah. Yah, maklum lah, basecamp berada jauh dari tower BTS dan hingar-bingar perkotaan. Sempat baca beberapa review di internet konon kecepatan 4G LTE Smartfren ini di kota Yogyakarta bisa tembus sampai dengan 35 Mbps, dan kecepatan rata-rata mencapai 16-25 Mbps.

Wah, saya pikir itu merupakan salah satu angin segar bagi dunia per-internetan di Jogja, hehehe. Setelah itu saya putuskan untuk membeli modem wifi atau mifi andromax M2S yang khusus digunakan untuk menangkap sinyal 4G LTE, di gerai smartfren ambarukmo plaza Jogja.

Harga mifi andromax m2s ini lumayan mahal juga Rp 499rb untuk harga normal, dan Rp 299rb untuk harga promo. Bagi anda pengguna setia smartfren tentunya sudah tau kan, kalau ada promo yang lebih menarik, yakni hanya dengan membeli pulsa Rp 100rb di gerai smartfren terdekat akan mendapatkan mifi andromax ini secara gratis.

Unboxing Mifi Andromax M2S
- coming soon


Penampakan Koneksi 4G LTE Smartfren di Jogja Selatan 




Mencoba Kecepatan Jaringan 4G LTE Smartfren di Jogja Selatan


Keterangan lokasi:
  • - Lokasi tes jaringan 4G LTE Smartfren tepatnya dilakukan di Jalan Parangtritis KM 16, Bantul, Yogyakarta. 
  • - Cuaca : Gerimis
  • - Waktu : Jam 21:59 WIB
  • - Device : Laptop Acer, Mifi Andromax M2S
  • - Paket : Evo
  • - via: speedtest(dot)net

Kesimpulan yang bisa saya ambil adalah, dari hasil testing koneksi 4G LTE Smartfren diatas masih lebih baik jika dibandingkan dengan beberapa operator GSM yang sebelumnya pernah saya pakai di lokasi yang sama. Selain hal tersebut jaringan smartfren juga terbilang cukup bagus, menurut peta coverage area di website resminya sinyal 4G LTE bisa ditangkap bahkan hingga 85% wilayah Yogyakarta, untuk paling selatan sudah mencakup area Pantai Parangtritis dan kawasan wisata sekitarnya. Namun mengingat jaringan yang ditawarkan smartfren adalah 4G LTE, kecepatan diatas masih belum apa-apa dan masih jauh dibawah kecepatan yang saya harapkan, apalagi lokasi berada di Yogyakarta yang disebut-sebut oleh pihak smartfren sebagai salah satu kota yang paling siap dengan jaringan 4G Smartfren.

Update: Perbandingan Kecepatan 4G Smartfren dengan Mifi Andromax M2S di Perpustakaan Pusat UGM, Sleman Yogyakarta

Perbandingan Kecepatan 4G Smartfren dengan Mifi Andromax M2S di Perpustakaan Pusat UGM, Sleman Yogyakarta


Menjawab pertanyaan untuk jaringan di kawasan Jogja utara, kami melakukan test ulang dengan device, paket, dan speedtest yang sama kecepatan jaringan 4G LTE Smartfren di Perpustakaan Pusat Universitas Gadjah Mada Yogyakarta hasilnya meskipun lebih baik (lebih cepat) namun tidak terlalu berbeda secara signifikan.

Follow Twitter @CAHYOGYACOM