Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah yang Terjadi Saat Laptop Anda di Shutdown



CAHYOGYA.COM - Sebagai pengguna produk-produk teknologi yang semakin pintar sangat penting untuk mengetahui bagaimana dasar-dasar sebuah teknologi bekerja, hal ini diperlukan agar kita dapat memanfaatkan teknologi secara benar dan maksimal.


Apa yang Terjadi Saat Laptop Anda di Shutdown


Apa yang Terjadi Saat Laptop Anda di Shutdown


Pergeseran penggunaan komputer menuju pada laptop dan PC sudah bertemu dengan batas eranya. Bagaimana tidak, laptop menawarkan berbagai keuntungan yang tidak bisa diberikan oleh PC seperti kemudahan bergerak (mobile), lebih ringkas dan lebih hemat daya. Apalagi saat ini harga laptop terbaru semakin turun dan menyamai harga PC dengan spesifikasi yang sama, sehingga Laptop pun banyak dipakai oleh kalangan pelajar.

Tahukah anda? Saat selesai menggunakan laptop dan akan mematikannya, anda bisa melakukannya dengan menekan tombol power atau menggunakan tombol windows shutdown. Setelah itu muncul icon loading yang agak kurang jelas fungsinya. Sebenarnya apa sih yang terjadi pada saat proses shutdown terjadi? Simak ulasan berikut ini.

Di saat awal proses shutdown, sistem operasi pada laptop akan memeriksa apakah ada software yang masih berjalan dan belum dimatikan dengan benar. Hal ini perlu dilakukan agar tidak ada error yang muncul akibat adanya file yang masih diakses dan ditilik masih aktif oleh sistem operasi karena file yang masih aktif tidak akan bisa diakses sebelum file tersebut dinyatakan free dari aplikasi lain.

Jika ditemukan masih ada program yang berjalan, sistem operasi akan memicu penutupan aplikasi tersebut sambil menghentikan background services sistem operasi. Setelah semua aplikasi dinyatakan close, dan background services sudah dimatikan semua, maka sistem operasi mulai membersihan cache file yang ada di hardisk.

Ini penting untuk dilakukan karena cache yang menumpuk berpotensi memperlambat loading laptop. Karena itu jika ada setting fast shutdown adat fast loading sebaiknya jangan di enable karena berpotensi menyisakan cache file di hardisk dan memperlambat loading.

Selama proses itu sistem selalu akan menulis log file jika terjadi ketidak sesuaian proses. Log file ini nantinya bisa kita gunakan untuk menelusuri root cause jika ada masalah yang muncul pada laptop kita.

Saat mematikan background process, sistem operasi juga mematikan user system yang didahului dengan melogout semua user yang sedang online dengan laptop. Jadi saat anda menghidupkan laptop, anda harus kembali login meskipun laptop baru dimatikan beberapa detik yang lalu.

Terakhir jika ada update windows dan file update sudah siap maka sistem operasi akan memulai proses instalasi update. Ini bisa menunda proses shutdown laptop anda, namun jangan pernah mematikan laptop saat proses update sedang berjalan karena bisa memicu kerusakan software secara fatal dan windows malfunction.

Setelah semuanya selesai, sistem operasi baru mematikan laptop secara elektronik.
Sebenarnya anda bisa mematikan laptop secara cepat dengan menekan tombol power dan menahannya selama beberapa detik. Sistem board AT akan mematikan semua sistem secara elektronik.

Tapi, sangat disarankan untuk tidak melakukannya karena windows tidak sempat mematikan sistem operasi sesuai langkah-langkah aman. Bahkan saat anda reboot, sistem operasi akan menandai beberapa error yang harus anda perbaiki sebelum windows kembali normal.

Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja