Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal 6 Keunggulan Sepeda Motor Listrik



CAHYOGYA.COM - Teknologi yang berkembang bukan hanya untuk barang elektronik saja, melainkan juga untuk kendaraan. Teknologi pada kendaraan pun semakin canggih. Hasilnya memuaskan para penggunanya. Bukan hanya berfungsi untuk mengantarkan penggunanya dari satu tempat ke tempat lain dalam jarak dekat maupun jauh, melainkan juga membuat penggunanya merasa dimudahkan karena tidak lagi kesal dengan harga bahan bakar tinggi, karena sebanding dengan mesin kendaraan yang canggih. Apalagi dengan kemunculan sepeda motor listrik.

Eksistensi dan Keunggulan Sepeda Motor Listrik

Salah satu jenis kendaraan yang banyak dipakai oleh orang adalah sepeda motor. Kendaraan ini memiliki dua roda dan tidak berat dalam menggunakannya. Latihannya pun tidak lama, karena prinsip penggunaannya adalah seperti penggunaan sepeda tanpa mesin atau sepeda kayuh. Selain itu, dari segi harganya, sepeda motor pun tidak semahal mobil.

Sepeda motor yang kita kenal selama ini adalah menggunakan bahan bakar bensin. Semakin banyak model sepeda motor terbaru yang keluar. Ditambah kemudahan mengendarainya, sehingga membuat pemiliknya semakin suka mengendarai sepeda motor. Jarak dekat pun naik sepeda motor. Akibatnya konsumsi bensin menjadi semakin meningkat.

Ini menjadi PR pemerintah untuk segera menanganinya, karena bensin adalah SDA yang tidak dapat dieperbaharui, sehingga penggunaannya harus dihemat. Masyarakat harus lebih bijak. Maka dari itulah kemudian harga bensin merangkak naik.

Selain itu, langkah lain yang diambil oleh pemerintah adalah dengan menciptakan sepeda motor model baru dengan tidak lagi menggunakan bahan bakar bensin, melainkan menggunakan bahan bakar tenaga listrik.

Tentang sepeda motor listrik

Sepeda motor yang berbahan bakar tenaga listrik ini diawali dengan kemunculan sepeda elektrik. Sepeda kayuh yang tidak perlu lagi di kayuh karena memiliki sumber energi listrik yang didapat dari charging. Namun jika tenaga listriknya habis, bisa di kayuh lagi. Berbeda dengan Sepeda motor yang berbahan bakar tenaga listrik yang full tenaga listrik dalam mengendarainya. Keunggulan dari Sepeda motor yang berbahan bakar tenaga listrik ini adalah:

● Lebih hemat BBM. Tidak lagi membeli bensin, melainkan bisa dengan melakukan charging pada sepeda motor.

● Bisa dipakai untuk jalan yang menanjak sampai dengan kemiringan 30°.

● Pengisian bahan bakar listrik adalah 8 jam sampai penuh. Bisa dilakukan kapan saja, tanpa menunggu tenaga listriknya habis.

● Memiliki kecepatan sampai dengan 80 km. Cukup cepat dan tidak memakan waktu yang lama di perjalanan.

● Bisa melewati medan yang berair. Namun dengan catatan dinamo motor tidak terkena air.

● Lebih praktis komponen mesinnya, karena menggunakan mesin yang tidak rumit. Bentuk mesinnya pun kecil, tidak sebesar mesin sepeda motor yang berbahan dasar bensin.

Masih banyak lagi keunggulan dari adanya sepeda motor listrik. Maka dari itulah kemudian semakin banyak perusahaan otomotif yang berlomba-lomba meluncurkan kendaraan bertenaga listrik ini.


Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja