Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Polis Asuransi? Bagaimana Cara Memilih Polis yang Tepat?


CAHYOGYA.COM - Sejak puluhan tahun silam bisnis asuransi memang sudah dikenal masyarakat modern sebagai salah satu upaya perlindungan harta benda dari kehilangan, kerusakan, atau potensi kerugian yang dapat menurunkan nilai jual. Sama seperti halnya bisnis lain yang melibatkan neraca keuangan sebagai arus utama, Asuransi termasuk salah satu sistem yang sangat kompleks sehingga membutuhkan pemahaman sekaligus pendalaman ekstra sebelum akhirnya memutuskan untuk menggunakannya.


Ironisnya dewasa ini hanya sedikit pengguna asuransi yang benar-benar paham akan aturan yang berlaku didalamnya. Sebaliknya banyak sekali peserta yang kurang memahami seluk beluk dan berbagai hal mengenai asuransi karena hanya tergoda oleh janji manis sales atau penawaran rekan kerja. Nah, untuk semakin menambah wawasan Anda pada kesempatan kali ini cahyogya.com akan berbagi sedikit pengetahuan seputar Asuransi, dimulai dari topik bahasan terkait Polis Asuransi sebagai salah satu komponen pengetahuan paling mendasar.

Seperti kita ketahui, Dunia asuransi memiliki banyak istilah-istilah asing yang sangat jarang kita dengar. Berbagai istilah tersebut bisa jadi bakal membingungkan Anda, tapi di sisi lain juga bisa semakin memperjelas pemahaman yang selama ini belum bisa dicerna dengan baik. Salah satu istilah yang paling sering kita dengar di dalam penawaran program asuransi adalah polis. Ada banyak orang yang berpendapat jika polis asuransi merupakan sejumlah uang yang harus dibayarkan ke perusahaan layanan asuransi setiap bulannya (premi), hal ini tentu saja sangat tidak tepat karena ada perbedaan arti yang sangat jauh antara premi asuransi dan polis asuransi.

Secara umum, polis asuransi adalah sebuah bukti perjanjian tertulis yang dilakukan oleh pihak perusahaan layanan asuransi seperti Prudential, Allianz, Sinarmas, AXA Mandiri, atau Cigna dengan nasabah pengguna layanan asuransi. Isi polis asuransi sendiri menjelaskan seputar hak dan kewajiban yang telah disepakati oleh kedua belah pihak di atas. Sehingga nantinya polis asuransi bisa menjadi bukti tertulis yang sah dan konkret jika terjadi kesalah pahaman di kemudian hari. Alhasil, peran polis asuransi sendiri sangat penting dan wajib diketahui bagi setiap pemegang program Asuransi karena tanpanya tidak ada aturan yang menjamin antara kedua belah pihak terkait.

Cara Memilih Polis Asuransi yang Tepat

Setelah sedikit paham tentang polis asuransi maka langkah selanjutnya adalah mempelajari isi polis dan menentukan syarat mana saja yang bisa kita terima atau kita tolak. Perlu diketahui, perusahaan layanan asuransi di Indonesia pada umumnya menerapkan aturan masing-masing di dalam produk asuransinya. Maka dari itu, kita hur cermat dalam memilih layanan asuransi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai kita justru baru mempermasalahkan hak dan kewajiban belakangan setelah deal dan menjalin kesepakatan.

Berikut merupakan tips cara memilih polis yang tepat:

1. Pilih yang Sesuai Kebutuhan Agar Tidak Duble Claim

Double claim umumnya terjadi ketika seseorang sudah memiliki asuransi kesehatan murni namun tertarik dengan produk asuransi unit link yang memberikan investasi.

2. Pilih Layanan Satu Polis untuk Satu Keluarga

Dibandingkan membayar polis perorang, biasanya kebijakan satu polis untuk satu keluarga ini jauh lebih haemat tanpa mengurangi fasilitas yang ditawarkan.

3. Baca dan Pelajari Syarat dan Ketentuan Polis Terlebih Dahulu

Syarat dan ketentuan yang ada di dalam polis merupakan dokumen legal yang berbadan hukum. Jadi alangkah baiknya Anda mempelajari telebih dahulu dengan seksama agar tidak ada salah pengertian di masa depan.



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja